Review Wardah Lightening Liquid Foundation (04 Natural), Bagaimana Performanya Untuk Kulit Berminyak?

Review Wardah Lightening Liquid Foundation
Review Wardah Lightening Liquid Foundation

Sebenarnya ketinggalan banget ya, saya baru review Wardah Lightening Liquid Foundation karena memang bukan lagi produk baru. Hebohnya sudah agak lama dan sudah banyak teman beauty blogger yang menulis review-nya, tapi saya baru sempat tulis sekarang. Tolong maklumi Dek Mon yang sibukh ini ya, sobat menthel. Btw, sempat dapat curhat dari salah satu teman beauty blogger, katanya tidak kuat kalau harus mengikuti trend dunia beauty yang memang berkembang sangat-sangat pesat. Belum sempat review produk A, eh minggu depannya sudah keluar lagi produk A.2.

Buat teman-teman beauty blogger yang baru mulai menulis, saran saya jika mampu mengikuti trend, that's good! Kalau tidak mampu, ya sudah tidak masalah. Bagi saya, yang utama tetap lah kualitas tulisan. Yang bikin pembaca balik lagi ke blog kita ya karena tulisan kita. Saya sering banget tulis review produk yang hebohnya kapan, saya tulis review-nya kapan. Karena saya juga nggak mampu mengikuti perkembangan trend dunia beauty yang sudah seperti kecepatan cahaya. Toh tulisan saya tetap banyak yang masuk page one Google walaupun saya tulis review produk-produk yang tergolong produk lama. Intinya apa? Tidak ada. Mo shombonk doang.

Kemasan Wardah Lightening Liquid Foundation


Review Wardah Lightening Liquid Foundation
Kemasan Wardah Lightening Liquid Foundation

Kemasannya berbentuk tube, terbuat dari plastik yang cukup lentur, jadi sangat mudah untuk dipencet-pencet. Yang saya suka adalah warna tube-nya disesuaikan dengan warna shade dari foundation-nya. Jadi kita bisa langsung tahu mana shade yang lebih gelap mana yang lebih terang tanpa harus melihat keterangan shade pada tube-nya. Selain nama brand dan nama produk, pada tube terdapat juga informasi nama shade, detail produk, dan tanggal expired.

Review Wardah Lightening Liquid Foundation
Informasi detail produk Wardah

Ujung tube berbentuk runcing, bagian lubang untuk mengeluarkan produk cukup kecil sehingga produk yang dikeluarkan dapat lebih terkontrol. Tutupnya berbentuk ulir, jadi kalau dibawa-bawa di dalam makeup pouch, nggak akan tanpa sengaja tutupnya lepas.
 
Review Wardah Lightening Liquid Foundation
Ujung tube Wardah Lightening Liquid Foundation

Shade dan Tekstur Wardah Lightening Liquid Foundation


Kalau nggak salah, Wardah Lightening Liquid Foundation ini tersedia dalam 4 pilihan shade. Saya pilih shade 04 Natural, warna paling gelap dari 4 shade yang ada. Warnanya cokelat medium dengan sedikit undertone kuning, cocok dengan kulit saya yang medium meskipun undertone-nya masih kurang kuning sedikiiiittt lagi. Shade 04 Natural ini ketika diaplikasikan, awalnya terlihat ada sedikit abu-abu di pencahayaan tertentu, tapi lama-kelamaan akan terlihat lebih membaur dengan kulit. Teksturnya sangat cair, cukup ringan, dan mudah untuk dibaurkan.

Review Wardah Lightening Liquid Foundation
Tekstur Wardah Lightening Liquid Foundation

Coverage dan Finish Wardah Lightening Liquid Foundation

Produk ini memiliki coverage yang light to medium. Karena teksturnya cair, jadi misal coverage-nya dirasa masih kurang, bisa banget kalau mau mengaplikasikannya beberapa layer. Saya biasanya mengaplikasikan sebanyak 2-3 layer dan masih terasa ringan di kulit. Sesuai dengan klaimnya, yaitu terasa ringan natural dan nyaman digunakan sehari-hari.

Review Wardah Lightening Liquid Foundation
Sebelum mengaplikasikan Wardah

Pada foto di bawah ini, saya mengaplikasikan sebanyak 2 layer. Dapat dilihat kalau bekas-bekas jerawat di pipi saya nggak tertutup sempurna, hanya tersamarkan. Dapat dilihat juga jika warnanya terlihat sedikit keabu-abuan. Sebenarnya ini entah memang keabu-abuan atau karena ada efek lightening-nya ya. Tapi saya melihatnya sih jadi sedikit abu-abu, yang kadang terlihat kadang tidak terlihat, awokwok. Sungguh review yang membingungkan.

Review Wardah Lightening Liquid Foundation
Sesudah mengaplikasikan Wardah

Ini saya nggak pakai foundation di bagian leher, tapi nggak terlihat perbedaan yang signifikan antara warna muka dengan leher. Bisa disimpulkan bahwa shade yang 04 Natural ini sesuai dengan warna kulit saya, terutama warna kulit leher. Saya memang kalau cari foundation yang warnanya sama dengan leher, biar pakai foundation-nya cukup di muka saja. Malas kalau sampai leher tu.

Review Wardah Lightening Liquid Foundation
Wardah Lightening Liquid Foundation seluruh wajah

Wardah Lightening Liquid Foundation memberikan hasil akhir yang skin-like dan nggak membuat pori-pori terlihat semakin besar, tapi juga nggak menyamarkan pori-pori. Kalau kulit kalian kering, kayaknya bakal suka kalau foundation ini nggak di-set pakai powder. Tapi karena kulit saya ini (( nglengo )), jadi saya WAJIB set pakai powder.

Btw, prroduk ini sudah SPF 30 PA+++, tapi tetap harus pakai sunscreen ya kalau siang. Sunscreen yang pualing saya suka sekarang adalah SNP Air-Cool Sun Gel SPF50+ PA++++. Sunscreen ternyaman di kulit saya yang berminyak ini.

Oil Control Wardah Lightening Liquid Foundation


Review Wardah Lightening Liquid Foundation
Wardah Lightening Liquid Foundation

Produk ini memiliki klaim "tahan lama hingga 12 jam" dan "oil absorber". Sayangnya saya nggak merasakan dua hal tersebut. Foundation ini nggak terlalu tahan lama, selain itu juga bukan tipe foundation yang transfer-proof. Jadi begitu kulit saya berminyak dan saya coba tap-tap pakai tissue, bakal banyak foundation yang transfer ke tissue.

Foto di bawah ini adalah setelah 2 jam pemakaian. Bisa dilihat jika foundation terlihat lebih menyatu dengan kulit saya. Pada bagian dahi, pipi, dan hidung mulai berminyak. Kalau memang mau pakai foundation ini, memang agak tricky sih. Harus pakai loose powder yang oil control-nya muanteb dan bisa "ngunci" foundation seperti BLP Face Powder. Kesimpulannya, klaim "tahan lama hingga 12 jam" dan "oil absorber" tidak terbukti di kulit saya.

Review Wardah Lightening Liquid Foundation
Setelah 2 jam pemakaian

Kesimpulan


Kalian mungkin akan suka dengan Wardah Lightening Liquid Foundation, jika:
- Kulit kalian normal to dry.
- Kalian suka dengan foundation yang memberikan hasil akhir yang skin-like.
- Budget kalian terbatas untuk membeli foundation dan malas cari-cari foundation, jadi ya udah Wardah aja.
- Kalian sudah punya loose-powder andalan yang punya oil-cotrol yang bagus.

Kalian mungkin nggak akan suka dengan Wardah Lightening Liquid Foundation, jika:
- Kulit kalian berminyak dan kalian malas pakai loose-powder (What the....).
- Kalian yang nggak suka foundation yang nemplek di mana-mana walaupun sudah di-set menggunakan powder.

Produk ini bisa dibeli di mana?
Di toko yang ada Wardah-nya atau Tokopedia Official Store

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

What's your opinion?

  1. Iya, Mbak Mon. Ini sempat hype beberapa waktu lalu. Tapi sama, aku juga belum sempat cobain. Padahal serius, kepo banget sebenarnya. Tapi karena ini pandemi dan aku gak kemana-mana, yowis aku rela berhemat duit buat make up apalagi foundation. Toh, aku jadi jarang banget dandan sekarang 🙈. Ntar aja lah kalau Corona buyar, baru aku beli. Walaupun saat itu produk ini syudah tidak hype lagi.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membeli produk memang karena: penasaran, pengen aja, sama konsumtif. Hype atau nggak, urusan belakangan, hahaha..

      Hapus
  2. finishnya cakep kak mon! cuma sayang ya abis 2 jam keliatan oily. tapi bener kata kak mon, pemilik dry skin mungkin suka sama produk ini. aku kemarin sempat mau beli ini kak mon, cuma ragu, aku pikir ada harga ada barang gitu heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betullll.. memang ada harga ada barang sih untuk makeup tuuu..

      Hapus