Review: Votre Peau Retinol Serum Concentrate

by - Juni 16, 2020

Review Votre Peau Retinol Serum
Review Votre Peau Retinol Serum

Halo, sobat menthel!
Bagaimana kesan kalian menjalani "new normal"? Sebenarnya, Yogyakarta belum resmi menjalani "new normal", tapi kok rasanya jalanan sudah mulai kembali ramai. Sudah pada menjalankan "new normal"-nya sendiri-sendiri, awokwokwok. Kalau saya sih jujur jadi ngeri-ngeri sedep karena takut jumlah kasus baru pasien positif COVID19 di Yogyakarta kembali melonjak. Tapi ya mau bagaimana lagi, roda perekonomian juga tetap harus berputar. Yang penting tetap jaga kesehatan ya, sobat!

Tahu kan kalau selama #DiRumahAja, saya jadi makin semangat nyobain beberapa produk skincare yang belum pernah saya coba sebelumnya. Salah satunya adalah Votre Peau Retinol Serum. Walaupun judulnya "retinol", sebenarnya kandungan utama dari produk ini adalah Retinyl Palmitate. Saya nggak ngerti juga kenapa Votre Peau melabelinya dengan "Retinol".

Loh apa bedanya Retinol dengan Retinyl Palmitate?

Saya jelaskan dulu tentang Retinoid ya. Retinoid adalah derivat dari Vitamin A yang memiliki banyak manfaat. Manfaat utamanya adalah sebagai anti-aging, selain itu juga dapat menghaluskan tekstur kulit, menghidrasi, dan memudarkan hiperpigmentasi. Nah, Retinoid ini ada banyak jenisnya. Setidaknya ada 5 jenis Retinoid yang biasanya digunakan untuk treatment anti-aging. Kalau diurutkan dari yang paling mild: Retinyl Palmitate, Retinaldehyde, Retinol, Tretinoin, Tazarotene.

Penggunaan Tretinoin dan Tazarotene harus disertai dengan resep dokter karena merupakan jenis Retinoid yang paling potent dan paling kuat, jadi kemungkinan untuk timbulnya efek samping juga akan semakin besar. Efek samping biasanya berupa kulit yang menjadi merah-merah, kering, dan iritasi. Dulu saya gublug banget, main pakai Tretinoin setiap malam tanpa tahu konsekuensinya. Kulit saya sampai ngelupas-ngelupas nggak jelas dan perih euy.

Retinyl Palmitate, Retinaldehyde, dan Retinol merupakan jenis OTC (On The Store) Retinoid. Dengan kata lain dapat digunakan tanpa perlu resep dokter. Retinol merupakan OTC Retinoid yang paling potent, tapi juga memiliki efek samping yang lebih tinggi dibandingkan dengan OTC Retinoid lainnya. Karena saya merasa masih newbie, jadi saya mencoba produk yang memiliki kandungan Retinoid yang paling mild, yaitu Retinyl Palmitate.

Review Votre Peau Retinol Serum
Kemasan Votre Peau Retinol Serum

Votre Peau Retinol Serum ini ukurannya kecil banget yaitu 10ml. Ada versi besarnya yaitu 30ml, tapi karena saya mau coba dulu jadi saya pilih yang kecil. Kemasannya terbuat dari kaca gelap dan memiliki kualitas pipet yang bagus, mampu mengambil isi produk dengan baik.

Klaim:

Retinol 1% membantu regenerasi kulit, mengurangi kerutan, menghaluskan, dan mengurangi sumbatan komedo. Baik untuk digunakan sebagai perawatan anti-penuaan, hiperpigmentasi, dan kulit berjerawat. Diperkaya dengan seramid, formula ini menghaluskan kulit, mengurangi kekeringan kulit, dan menghasilkan kulit yang lembut dan lembap.

Ingridients:

aqua, propylene gylcol, hydroxyethylcellulose, retinyl palmitate, ceramide, dimethicone crosspolymer, sodium benzoate, tetrasodium edta, phenoxyethanol, sodium metabisulfite, lavabdula angustifolia.

Selain mengandung Retinyl Palmitate, produk ini juga mengandung Ceramide yang dapat melembabkan, menghidrasi, mengencangkan, serta membuat kulit menjadi lebih kenyal. Sebenarnya kulit kita dapat memproduksi Ceramide sendiri. Tapi seiring bertambahnya usia #uhuk dan juga pengaruh dari gaya hidup, kuantitas dan kualitas Ceramide dalam kulit juga akan berkurang.

Review Votre Peau Retinol Serum
Pipet dari Votre Peau Retinol Serum

Teksturnya gel dan cukup cair, pakai sedikit saja bisa diratakan ke seluruh wajah. Penggunaannya biasa langsung saya teteskan ke dahi dan pipi kiri-kanan, baru kemudian saya ratakan. Walaupun judulnya "concentrate", menurut saya tekstur dari produk ini ena banget sih, terasa ringan dan mudah meresap. Kirain bakal agak pekat gitu. Teksturnya yang ringan ini juga membuat produk ini terasa sangat nyaman untuk di-layer dengan serum lainnya (jika memang ingin).

Review Votre Peau Retinol Serum
Tesktur Votre Peau Retinol Serum

Saran penggunaan:

1. Walaupun kandungannya adalah Retinyl Palmitate yang mild, jika memang merasa masih pemula, lebih baik produk dikenalkan ke kulit secara bertahap. Jika masih ragu bisa lakukan patch test. Apa itu patch test? Googling sendiri saja ya, sobat.

Di awal penggunaan, saya menggunakan produk ini seminggu 2 kali selama 2 minggu. Dan selama 2 minggu pertama ini, saya nggak mencoba skincare baru lainnya. Lalu karena merasa kulit saya memberikan respon yang baik (tidak merasa kulit menjadi kering, kemerahan, maupun iritasi), saya tingkatkan lagi intensitasnya menjadi 2 hari sekali selama 3 minggu. Lagi-lagi kulit saya memberikan respon yang baik, akhirnya saya memutuskan untuk memakai produk ini setiap hari hingga sekarang.

2. Pakai Votre Peau Retinol Serum di malam hari dan di pagi/siang hari WAJIB pakai sunscreen dengan cara yang benar (sebanyak 2 jari dan jangan lupa reapply). Kalau memang masih malas-malasan pakai sunscreen lebih baik nggak usah pakai produk ini dulu karena akan (( muspro )).


Review Votre Peau Retinol Serum
Kondisi kulit saat ini

Sekarang saya lagi suka pakai Votre Peau Retinol Serum ini dengan urutan sebagai berikut:

Hydrating toner > Votre Peau Retinol Serum > serum Vitamin C > night cream/sleeping mask

Tolong dicatat kalau urutan ini bisa berubah sesuai dengan kebutuhan kulit saya. Untuk saat ini, saya lagi (( program )) mencerahkan wajah jadi saya layer produk ini dengan serum Vitamin C yang kandungannya Sodium Ascorbyle Phospate. Serum Vitamin C-nya juga sudah pernah saya review. Kulit badan saya itu gampang banget cerah, kelamaan di rumah teros bikin kulit badan saya cerah bangetttt. Efeknya adalah warna kulit badan dengan kulit wajah jadi terlihat sangat kontras. Jadi sudah saatnya bagi saya untuk mencerahkan kulit wajah.

Kenapa pakai serum Vitamin C setelah pakai Votre Peau Retinol Serum? Ya karena saya merasa lebih nyaman begitu. Tapi apa tidak bikin iritasi? Saya sih merasa kulit saya nggak mengalami iritasi ya. Tingkat sensitifitas kulit orang berbeda-beda (siapa tahu ada yang belum tahu). Disesuaikan saja dengan kondisi kulit masing-masing ya, sobat.

Review Votre Peau Retinol Serum
Kondisi kulit saat ini

Setelah penggunaan selama 1,5 bulan, efek yang paling terasa di kulit saya adalah tekstur kulit saya menjadi lebih halus, lebih lembab, dan terasa kenyal. Saya juga merasa kalau lagi ada jerawat, produk ini bikin jerawat saya jadi lebih cepat kalem seperti kepribadian saya. Tapi saya nggak merasakan efek produk ini terhadap hiperpigmentasi ataupun bekas jerawat. Kalaupun memudar, saya rasa itu karena serum vitamin C yang saya pakai (saya juga bakalan review serum ini, soon!).

Kesimpulan

So far, saya puas dengan performa dari Votre Peau Retinol Serum Concentrate ini. Saya setuju jika Retinyl Palmitate merupakan kandungan yang mild karena saya nggak merasa kulit saya menjadi lebih sensitif, kering, maupun kemerahan. Justru kulit saya terasa lebih lembab dan kenyal setelah penggunaan 1,5 bulan. Tapi ada beberapa catatan dalam penggunaan produk ini. Produk ini tidak boleh digunakan oleh:

1. Ibu hamil dan menyusui.
2. Kalian yang masih malas menggunakan dan reapply sunscreen atau menggunakan sunscreen tapi pelit (kurang dari 2 jari).
3. Kalian yang berumur di bawah 20 tahun karena masih belum perlu.

Walau dianggap paling mild, bukan berarti nggak efektif ya. Hanya saja memerlukan jangka waktu yang lebih lama untuk dapat merasakan manfaatnya. Pada dasarnya semua skincare kalau digunakan secara rutin dan konsisten tetap akan membuahkan hasil kok.

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

You May Also Like

0 komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...