Review: Wardah Mineral+ Clarifying Clay Mask

by - Mei 29, 2020


wardah mineral clarifying clay mask
Wardah Mineral+ Clarifying Clay Mask

Walaupun saya nggak terlalu cocok dengan produk-produk makeup dari Wardah, tapi saya lumayan cocot loh dengan produk-produk skincare-nya. Sejauh ini ada 2 produk skincare Wardah yang saya suka banget, bahkan sampai repurchase berkali-kali: Wardah Primary Skin Hydrating Booster dan Wardah Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel. Salah satu produk Wardah yang sudah lama pengen saya coba adalah Wardah Clarifying Clay Mask.

Berhubung kulit saya ini berminyak, saya selalu tertarik dengan clay mask. Dulu saya seneng banget sama Innisfree Jeju Volcanic Pore Clay Mask soalnya ngerasa kalau muka jadi bersih banget dan enteng. Muka terasa enteng tu gimana coba? Wkwkwk. Begitu tahu kalau Wardah punya clay mask, saya langsung pengen cobain!

Kemasan Wardah Mineral+ Clarifying Clay Mask


Produk ini dikemas dalam kemasan tube ukuran 60ml. Saya memang lebih suka clay mask yang dikemas dalam tube dibandingkan yang dikemas dalam jar karena lebih higienis. Terus kalau mau dipakai pun isinya tinggal (( dipecothotke )) ke kuas masker lalu (( dioser-oserin )) ke muka. Saya mengaplikasikan produk ini menggunakan kuas foundation yang pipih (seperti yang ada di foto utama), jadi bukan kuas yang khusus masker. Pakai kuas apa, terserah kalian saja lah. Yang penting nyaman.

wardah mineral clarifying clay mask
Kemasan Wardah Mineral+ Clarifying Clay Mask

Kandungan Wardah Mineral+ Clarifying Clay Mask


Tiga kandungan teratas dari produk ini adalah Aqua, Kaolin, dan Bentoit. Kaolin merupakan jenis clay yang mengandung banyak mineral seperti Zinc, Magnesium, Calcium, dan Silika. Kaolin di-klaim sebagai jenis clay yang paling lembut di antara jenis clay lainnya yang biasa digunakan sebagai bahan pembuat masker. Kaolin dipercaya dapat mengontrol minyak berlebih, membersihkan pori-pori, dan mengangkat sel kulit mati tanpa menyebabkan iritasi sehingga aman untuk kulit yang sensitif. Sedangkan Bentoit dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat sehingga produk ini juga bisa digunakan untuk kulit yang berjerawat tanpa menyebabkan iritasi.

Komposisi:
Aqua, Kaolin, Bentonite, PVP, Glycerin, Titanium Dioxide, Cellulose Gum, Mineral Oil (paraffinum liquidum) , Poysorbate 60, DMDM Hydatoin, Sodium Lauryl Sulfate, Fragrance, Charcoal Powder, Butylene Glycol, Hamamelis Virginiana (witch hazel) Leaf Extract, Caprae Lac Extract, Maltodextrin, Propylene Glycol, Aloe barbadensis (aloe vera) Leaf Extract, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Ulfa Lactuca Extract, Tocopheryl acetate, Cl 77499.

wardah mineral clarifying clay mask
Klaim dan kandungan clay mask

Tekstur Wardah Mineral+ Clarifying Clay Mask


Produk ini berbentuk pasta dan berwarna abu-abu khas clay mask dengan tekstur yang pekat dan agak lengket namun tetap terasa ringan di wajah, nggak terasa "engep". Tadinya saya pikir karena teksturnya pekat dan agak lengket bakalan bikin masker ini agak seret ketika dioleskan, tapi ternyata nggak loh! Justru pakai sedikit saja sudah bisa untuk seluruh muka dan nggak terlihat bolong-bolong di area yang pori-porinya besar.

Untuk menghapus masker ini, saya biasa memakai handuk atau washlap yang dibasahi dengan air. Walaupun teksturnya pekat dan saya aplikasikan agak tebal, masker ini tergolong mudah untuk dibilas. Bisa langsung lumer begitu terkena air. Jadi nggak perlu menggosok-gosok kulit secara berlebihan.

wardah mineral clarifying clay mask
Tekstur Wardah Mineral+ Clarifying Clay Mask

Performa Wardah Mineral+ Clarifying Clay Mask

Saya maskeran pakai si Wardah ini 1 minggu sekali atau ketika saya merasa kulit saya buluk dan butuh suatu produk untuk deep cleansing. Biasanya saya pakai di malam hari sebelum PM skincare routine. Urutan penggunaannya adalah sebagai berikut:

Cleansing oil/Micellar water > Physical exfoilator > Face wash > masker Wardah > PM skincare routine

Saat dioleskan nggak ada sensasi cooling seperti yang ada di beberapa produk clay mask. Rasanya "lempeng" aja gitu pas dioleskan, padahal saya lebih suka masker yang ada sensasi cooling atau menyegarkan. Dalam hal experience, produk ini bukan tipe produk yang memberikan kesan menyenangkan. Oiya, masker ini memiliki aroma floral yang samar. Semoga beneran aroma floral ya. Saya agak payah dalam hal mendeskripsikan aroma, wokwokwok.

Ada 2 hal yang saya suka dari masker ini. Yang pertama, masker ini nggak membuat jerawat saya terasa perih dan bahkan dapat membuat jerawat aktif menjadi sedikit lebih kalem. Tapi untuk urusan membantu mengempiskan dan mengeringkan jerawat, saya lebih suka performa dari Sariayu Masker Jerawat.

Hal kedua yang saya suka dari masker ini adalah hasil akhirnya setelah saya membilas masker. Masker ini membuat kulit saya terasa bersih banget dan lebih halus, sama sekali nggak membuat kulit saya kering dan terasa ketarik. Walaupun secara teori kandungan Kaolin cocok untuk kulit kering dan sensitif, saya rasa masker ini tetap nggak akan terlalu nyaman untuk kalian yang punya kulit kering sih. Lebih cocok untuk yang kulitnya berminyak seperti saya.

Kesimpulan

Kemampuan deep cleansing Wardah Mineral+ Clarifying Clay Mask ini tergolong sangat bagus dan worth to try. Harganya pun sangat affordable. Kalau di Jogja, harganya nggak sampai Rp25.000,00.

(+) Mudah dibilas
(+) Nggak terasa perih ketika diaplikasikan di area kulit yang berjerawat
(+) Membuat kulit terasa lebih bersih dan halus
(+) Harganya affordable

(-) Bukan tipe produk yang memberikan kesan menyenangkan saat diaplikasikan (tidak ada sensasi cooling ataupun menyegarkan)

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

You May Also Like

2 komentar

  1. Wah murahan. Nanti kalau Evt ku abis aku mau coba ini.

    BalasHapus
  2. malesnya bersiin clay mask emang agak rempong dibilas. kaya nempel bgt ke kulit. pdhl suka bgt sama hasil clay mask. masuk list lah ini. luv

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...