3 Resep Makanan Sehat Harian #1: Nyobain Bikin Ayam Goreng Mentega!

by - April 09, 2020

Ini bihun goreng, bukan ayam goreng mentega

Nggak terasa sudah menjalani WFH #dirumahaja selama lebih dari 3 minggu. WOW. Hampir 1 bulan! Kalian apa kabar? Masih pada nurut buat #dirumahaja kan? Tapi buat kalian yang memang belum bisa #dirumahaja karena tuntutan profesi dan apapun itu, stay safe and stay healthy ya. Jangan lupa jaga kebersihan. Semoga virus bedebah ini segera pergi.

Salah satu hal yang bisa saya lakukan agar kehidupan saya di rumah lebih variatif adalah mengumpulkan foto-foto makanan sehat untuk dijadikan konten blog. Kalau setiap hasil masakan saya dijadikan konten, saya jadi punya motivasi untuk meningkatkan skill dan kreativitas saya dalam hal masak-memasak. Walaupun kenyataannya, selama seminggu ini juga menu makanan sehat saya ya nggak jauh-jauh dari zona nyaman saya, awokwokwok.

Baca juga: Resep Creamy Pasta Ramah Kalori

Selama WFH #dirumahaja, saya bakalan lebih sering nulis resep makanan sehat di blog ini. Siapa tahu kalian kehabisan ide mau masak apa. Semua resepnya bakalan gampang dibuat dan dengan bahan-bahan yang memang gampang didapatkan. Karena saya malas ribet.

Sarapan: Bihun Goreng Tuna

Tumben banget saya sarapan bihun goreng. Soalnya persediaan oats memang lagi habis. Jadi nggak bisa bikin pancake banana oats. Terus kepikiran bikin bihun, makan terjadilah.

Cara memasak:


1. Panaskan minyak untuk menumis. Saya pakai olive oil light yang khusus untuk menumis.
2. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai mulai harum.
3. Masukkan tuna kaleng. Saya pakai tuna kaleng dalam air garam merk Superindo, kalau mau pakai merk lain ya boleh saja.
4. Aduk-aduk sebentar, kemudian masukkan 1 butir telur. Terserah telurnya mau dikocok dulu atau tidak. Saya sih nggak dikocok dulu karena (( malas )). Tumis sampai tuna, telur, dan semua bumbu tercampur rata.
5. Masukkan bihun jagung yang sebelumnya sudah direbus. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.
6. Tambahkan kecap manis, saya pakai Bango Light. Tambahkan garam, lada, dan kaldu jamur. Kalau agak seret ngaduknya, bisa tambahkan air sedikit. Aduk lagi sampai airnya habis dan jadi bihun goreng.
7. Sajikan dan tambahkan taburan brambang goreng.

Kalau kalian suka pedas, boleh banget ditambahkan potongan cabe rawit. Saya sih lebih suka tambah sambal terpisah. Bihun dicocol sambal.

Makan Siang: Ayam Goreng Mentega


Ini pertama kalinya saya nyobain ayam goreng mentega loh! Hahaha.. Kayak kepengeeennn banget makan ayam yang gurih asin manis.

Nah, ini baru namanya ayam goreng mentega

Cara memasak:

1. Panaskan mentega sekitar 1 sendok makan sampai cair.
2. Masukkan dada ayam yang sudah dipotong dadu. Dipotong bentuk segi enam ya tidak apa. Siapa tahu ingin sekalian bikin prakarya.
3. Masak sampai sedikit kecokelatan, kemudian masukkan bawang putih cincang. Bawang putih cincang nggak saya masukkan di awal karena saya nggak mau bawang putihnya gosong dan terasa pahit.
4. Aduk sampai bawang putih cincang tercampur rata.
5. Masukkan kecap manis. Tambahkan sedikit saos tiram dan bubuk cabe. Kalau masih kurang asin bisa ditambahkan garam. Tapi saya sih nggak perlu ditambahkan garam lagi soalnya saos tiram dan mentega kan sudah asin gurih.
6. Aduk semua bahan sampai rata, tambahkan sedikit air kalau kecapnya mulai terasa lengket.
7. Sajikan bersama dengan nasi hangat dan sayur rebus atau kukus. Biar gizinya seimbang ya, sobat menthel.

Makan Malam: Tumis Sayur Tempe Saos Tiram

Saya sering kehabisan ide untuk makan malam. Jadi sering ngawur gitu menunya, seadanya yang ada di kulkas. Dan kalau untuk makan malam, saya lebih sering makan protein nabati. Biar imbang konsumsi protein hewani dan nabati.

Baca juga: Menu Makan Sehat Dengan Budget di Bawah 10 Ribu!

Tumis Sayur Tempe Saos Tiram

Cara memasak:

1. Panaskan olive oil light, kemudian tumis bawang putih cincang.
2. Sebelum bawangnya kecokelatan, masukkan wortel yang dipotong tipis dan tempe yang sudah dipotong dadu. Aduk semua bahan sampai rata.
3. Masukkan air sedikit demi sedikit. Tambahkan saos tiram, garam, dan lada. Aduk lagi.
4. Terakhir masukkan sawi putih yang sudah dipotong-potong. Aduk sampai sawi putih matang dan berwarna sedikit transparan.
5. Sajikan dengan nasi putih hangat.

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

You May Also Like

0 komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...