Perawatan Rambut Rutin Untuk Rambut yang Gampang Lepek

by - April 27, 2020

perawatan rambut lepek
Perawatan rambut rutin untuk rambut lepek

Yang rumahnya nggak ada AC coba mana suaranyaaaaa? Perubahan yang paling saya rasakan selama WFH #DiRumahAja adalah saya jadi sering merasa shumuk. Ya, begitulah nasib orang yang tadinya bekerja di kantor yang ber-AC pindah bekerja di rumah dengan modal kipas angin. Sudah badannya (( pliket )), rambut juga jadi lebih gampang lepek. Tapi tidak apa, selalu ada solusi untuk rambut lepek, wokwokwok. Yang penting kita semua sehat dan tetap #DiRumahAja.


Btw, selamat menjalankan ibadah puasa ya, sobat menthel!

Untuk merawat rambut dan kulit kepala saya yang berminyak dan gampang banget ketombean di cuaca yang panas, saya pun jadi coba-coba produk baru. Soalnya perawatan rambut saya yang biasanya masih bikin rambut jadi lepek di cuaca yang panas. Sama seperti kulit, kondisi rambut pun bakal berubah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti hormon dan juga cuaca. Jadi perawatan rambut juga harus menyesuaikan dengan kondisi rambut.

Perawatan Untuk Rambut yang Gampang Lepek


1. Good Virtues Co. Clarifying Hair and Scalp Shampoo


Untuk shampoo, masih belum ada perubahan. Saya masih pakai Good Virtues Co. Clarifying Hair and Scalp Shampoo karena memang udah cocot banget. Sejak pakai produk ini, kulit kepala saya nggak lagi ketombean dan rambut rontok pun jauh sangat berkurang. Selain itu walaupun rambut saya diwarnai, saya nggak merasa produk ini membuat warna rambut saya menjadi cepat luntur ataupun (( mbladhus )). Saya merasa rambut saya menjadi lebih sehat walaupun rambut saya diwarnai.

perawatan rambut lepek
Good Virtues Co. Clarifying Hair and Scalp Shampoo

Produk ini juga masih aman digunakan walaupun tanpa conditioner, rambut akan tetap halus. Tapi kalau ujung rambut kalian kering banget yang mungkin dikarenakan proses colouring, tetap harus pakai conditioner. Ujung rambut saya masih masuk kategori rambut sehat (nggaya tenan ya saya, wkwk), jadi nggak terlalu membutuhkan conditioner.

Baca juga: Review Good Virtues Co. Clarifying Hair and Scalp Shampoo

2. Matrix Biolage Scalppure Complete Solution Mask


Pas coba produk ini pertama kali, woaaaaa.. saya kayak nemu harta karun! Kulit kepala saya nggak pernah cocok dengan kandungan silikon yang biasanya ada di produk hair mask. Jadi kalau tahu ada produk hair mask tanpa silikon dan memang khusus untuk perawatan kulit kepala, saya jadi semangat banget buat nyobain. Kalau ternyata beneran cocok, beneran kayak nemu harta karun.

Matrix Biolage Scalppure Complete Solution Mask adalah hair mask yang memang diperuntukkan bagi yang memiliki kulit kepala berminyak dan berketombe. Kandungan utamanya adalah zinc PCA, zinc pyrithione, dan bergamout (salah satu jenis jeruk) yang dapat membantu mengurangi masalah pada kulit kepala seperti ketombe, minyak berlebih, gatal, dan lepek. Pas banget dengan masalah kulit kepala saya.

perawatan rambut lepek
Matrix Biolage Complete Solution Mask

Setelah pemakaian selama 2 minggu (4 kali pemakaian), saya bisa menyimpulkan kalau saya cocok dengan produk ini. Kulit kepala saya sangat sensitif, dan jika tidak cocok dengan suatu produk pasti akan langsung bereaksi sejak pemakaian pertama. Ketika pemakaian yang ke-4 baik-baik saja, bisa dipastikan memang akan baik-baik saja.

perawatan rambut lepek
Tekstur Matrix Biolage Complete Solution Mask

Produk ini memiliki tekstur yang pekat tapi ketika dioleskan ke kulit kepala seperti melting. Jadi nggak perlu pakai banyak-banyak. Saya hanya oleskan di kulit kepala dan itu setelah keramas ya. Setelah dioleskan, saya pijit-pijit sebentar, lalu diamkan 5-10 menit baru dibilas. Kadang saya diamkan lebih lama dikit, saya sambi scrubbing badan. Soalnya sensasi cooling dan aromanya ena sekali. Ada aroma jeruknya karena mengandung bergamot. Produk ini ena sekali kalau dipakai setelah berolahraga dan banjir keringat. Mak nyesss.. gitu.

Good news bagi yang males mbuntel kepala pakai handuk hangat. Hair mask Matrix ini nggak perlu pakai ritual dibuntel handuk hangat. Praktis.

Perubahan yang saya rasakan sejak memakai produk ini adalah kulit kepala saya rasanya bersih banget, nggak lengket dan tetap bervolume walaupun saya keringetan. Dan yang paling saya suka adalah rasa gatal di kulit kepala ketika berkeringat amat sangat berkurang, sama sekali nggak bikin ketombean. Tidak perlu lagi kukur-kukur seperti kethek.

3. Matrix Biolage Complete Solution Serum for Scalp


Setelah keramas, saya pakai serum untuk kulit kepala yang masih satu rangkaian perawatan dengan hair mask-nya, yaitu Matrix Biolage Complete Solution Serum for Scalp. Saya aplikasikan tepat setelah saya keringkan rambut menggunakan handuk. Fungsi serum ini sama-sama untuk merawat kulit kepala dan mencegah ketombe. Perawatan rambut saya memang fokus di kulit kepala karena saya percaya kalau rambut sehat berawal dari kulit kepala yang sehat.

perawatan rambut lepek
Matrix Biolage Complete Solution Serum for Scalp

Produk ini memiliki tekstur yang unik. Baru kali ini saya nemu ada hair serum yang dipakai ke kulit kepala dan memiliki tekstur gel. Dan ketika dioleskan ke kulit kepala, gel tersebut melting dan berubah menjadi cair seperti air sehingga mudah meresap ke kulit kepala tanpa meninggalkan rasa lengket. Sensasi cooling dan aromanya sama persis dengan hair mask-nya.

Sejak saya pakai rangkaian perawatan Matrix Biolage yang seri Complete Solution, saya merasa kulit kepala saya menjadi lebih sehat dan rontok pun berkurang loh. Ketombe juga beneran minggat. Pernah 3 hari belum keramas dan nggak ketombean sama sekali. Tapi tetap yang paling bikin nagih adalah sensasi cooling dan aroma jeruknya yang relaxing.

4. Miranda Hair Vitamin


Saya sudah jarang ganti warna rambut, ganti pun ya paling ujung-ujungnya coklat lagi, nggak pernah lagi di-bleaching. Nggak seekstrim warna rambut (( waktu muda )). Ujung rambut saya jadi nggak kering seperti dulu. Karena itu Miranda Hair Vitamin ini nggak selalu saya pakai. Hanya saya pakai ketika ujung rambut terasa kering atau ketika saya mau catokan. Kalau pakai produk ini sebelum catokan, rambut saya seperti prosotan, jadi gampang banget dicatok. Selain itu juga dapat membuat rambut menjadi lebih shinny, lembut, tapi nggak lepek. Sayangnya aromanya kurang tahan lama di rambut, habis catokan aromanya hilang.

Baca juga: 3 Produk Untuk Merawat Rambut yang Diwarnai


perawatan rambut lepek
Miranda Hair Vitamin

Kalau rambut saya kering dan rusak, saya nggak menyarankan pakai produk ini karena masih kurang terasa lembab. Kalau kalian punya ujung rambut yang kering, bisa coba hair vitamin dari Makarizo. Banyak variannya dan menurut saya hampir semua variannya mampu membuat ujung rambut yang rusak menjadi lebih halus.

Baca juga: Review Makarizo Advisor Hair Recover Vitamax

Jujur ya, sejak WFH saya jadi happy banget kalau lagi merawat rambut. Waktu yang biasanya habis di jalan buat ke sana ke sini, bisa saya gunakan untuk fokus merawat rambut. Daripada terlalu fokus dengan berita pandemi, marilah kita merawat diri dengan tetap #DiRumahAja.

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

You May Also Like

4 komentar

  1. Good Virtue nggak cuman buat rambut yang lepek tapi juga yang kering kayak rambutku Mbroo 😍 Senengnya lagi nggak bikin ketombean juga, hahay.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa... aku cinta banget sama shampoo ini. Setelah 30 tahun hidupku, akhirnya menemukan shampoo yang cocot biyanget, wkwkwk.

      Hapus
  2. Seandainya postingan ini ada di 2 tahun yg lalu saat aku ketombean, huhuhu, gak akan ribet2 aku campurin hair mask pakai perasan jeruk. Gara2nya si hair mask aku dr mustika ratu (kl gasalah, lupa) itu bener2 gak ngefek. Iseng nambahin pakai peresan jeruk baru doong mau bekerja dia dan ketombe ku bubar. Dulu rutinin agak lama, sampai lelah, dan mmg ketombe gak ganggu lg smp skg.

    Tp tetep baca postingan begini jaga2 kl ketombe balik lagi wkwkwk.

    Kl skg sih cuma fokus cari produk yg wanginya seger biar tambah betah dirumah, aku lg pakai shampoo dan hair mask nya makarizo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pengalamanku, kalau memang pengen bebas ketombe harus tahu akar permasalahannya apa. Ternyata setelah trial and error, aku nggak cocok sama kandungan silicon.

      Aku juga dulu pakai hair mask dari Makarizo! Nggak terlalu bikin ketombean tapiiii... lumayan bikin rambut jadi lepek, huhuhuhu..

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...