7 Tips Tetap Sehat Selama WFH #dirumahaja

by - April 02, 2020

7-tips-tetap-sehat-selama-wfh
Tetap sehat selama WFH

Apa kabar, sobat rebahan? Saya harap belum bosan #dirumahaja ya. Kalau memang nggak penting-penting amat, nggak perlu keluar rumah deh. Boleh sih keluar rumah, tapi sampai teras saja, awokwokwok. Terus kalau kampung kalian sudah mulai lockdown lokal, please nggak usah ikutan nongkrong. Oke?


Bagi saya yang sudah terbiasa aktif dan hampir setiap hari ke gym, jujur merasa ada yang hilang. Ditambah lagi dengan yang biasanya ke kantor, berubah menjadi WFH. Saya senang sih bisa WFH karena justru saya merasa lebih produktif dan memang pada dasarnya pekerjaan saya bisa diselesaikan dari mana pun selama ada laptop dan koneksi internet. Sedikit kangen ke kantor dan menyapa manusia lainnya, tapi tetap harus #dirumahaja demi kebaikan bersama. Tetap semangat untuk kita semua. YOK BISA YOK TETAP #dirumahaja!

Baca juga: 7 Cara Memulai Gaya Hidup Sehat Dengan Lebih Menyenangkan

Tapi perlu dicatat ya kalau #dirumahaja BUKAN BERARTI REBAHAN ALL DAY LONG. Tetap harus aktif, nggak malah glundang-glundung koyo semongko. Ingat ya, tetap harus aktif dan makan makanan dengan gizi seimbang agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Saya ada beberapa tips agar tetap sehat selama WFH.

1. Jangan lupakan air putih


Bekerja dari rumah kadang membuat saya lupa waktu (dan bahkan lupa hari, wkwk) karena nyaman banget. Feel like home, ya karena memang lagi di rumah. Walaupun kesannya sepele, kadang jadi lupa minum air putih. Jadi biar nggak lupa untuk minum air putih, saya selalu letakkan tumblr ukuran 400-500 ml isi air putih di samping saya. Jangan terlalu banyak juga karena habisnya pasti cukup lama dan kita nggak ada alasan untuk beranjak dari kursi. Saya pakai tumblr Tupperware yang transparan. Pokoknya dalam waktu 2 jam, harus sudah habis. Biar nggak lupa, saya pasang alarm doooong. Niat banget ya? HARUS DONG!

2. Jangan lupa juga untuk stretching

Kalau di kantor kan suka malu ya buat stretching di saat jam kerja. Nah sekarang karena #dirumahaja nggak perlu malu lagi. Palingan yang lihat hanya cicak-cicak di dinding rumah. Menyempatkan waktu untuk stretching itu penting banget karena kalau kita kelamaan duduk dengan posisi yang sama, peredaran darah menjadi tidak lancar. Jadi jangan heran kalau selesai kerja badan jadi pegal-pegal.

Kebetulan saya pakai smart watch yang memiliki fitur pengingat untuk stretching. Begitu terdeteksi saya duduk selama 60 menit, smart watch saya akan bergetar untuk mengingatkan. Kalau kalian nggak punya smart watch, bisa pakai sistem pengingat yang ada di handphone.

3. Cari sinar matahari


Nah, ini hal yang sering saya lupa. WFH bukan berarti saatnya melindungi diri dari sinar matahari. Apalagi kalau sampai mikir nggak butuh sunscreen lagi. Sadar, Beb. Sadar. Segera lah bertobat. Walaupun #dirumahaja, kita tetap membutuhkan sinar matahari agar nggak menjadi vampire. Tubuh kita tetap membutuhkan sinar matahari terutama UV B untuk membantu tubuh kita memproduksi vitamin D. Menurut beberapa research, waktu yang tepat untuk berjemur di Indonesia adalah pukul 10.00 - 11.00 WIB dan pukul 14.00 - 15.00 WIB.

7-tips-tetap-sehat-selama-wfh
Tentang waktu yang disarankan untuk berjemur

4. Masak makanan sendiri

Karena #dirumahaja sih harusnya lebih ada waktu untuk masak makanan sendiri ya. Belanja ke supermarketnya cukup 1-2 minggu sekali untuk meminimalkan kontak dengan orang lain. Dan enaknya kalau masak sendiri adalah kebersihan lebih terjamin, lebih hemat, dan bisa bebas menentukan makro dan mikro nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Dan di saat WFH seperti sekarang ini adalah saat yang tepat untuk merealisasikan banyak resep makanan di Cookpad. Dan btw di blog ini juga banyak resep healthy food loh! Gampang banget cara masaknya karena saya emang nggak mau ribet kalau urusan memasak.

Tapi kalau mau sesekali order makanan dari luar tidak masalah. Hitung-hitung membantu ojek online dan warung makan. Biar perekonomian bisa tetap berjalan. Pilih warung makan yang memang sudah menjadi langganan dan sudah pasti terjaga kebersihannya. Dan jangan lupa setelah menerima orderan, bungkus makanannya disemprot dulu dengan alkohol. Lalu panaskan sebentar makanannya. Tidak lupa juga cuci tangan sebelum makan.

7-tips-tetap-sehat-selama-wfh
Healthy food


5. Home workout

#dirumahaja bukan berarti nggak olahraga. Olahraga favorit saya adalah weight cardio dan HIIT. Berhubung di rumah ada dumble 6 kg, maka saya manfaatkan untuk weight cardio. Kenapa harus weight cardio? Karena beban 6 kg masih terlalu ringan bagi saya yang sudah biasa latihan angkat beban. Jadi biar lebih challenging, saya kombinasikan juga dengan cardio. Biar pembakaran kalorinya juga makin maksimal.

Dan belakangan ini saya juga mulai mencoba hal yang baru yaitu zumba di rumah. Tinggal cari di Youtube saja. Beres. Dan ternyata menyenangkan juga zumba di rumah. Nggak perlu malu kalau nggak bisa ngikuti gerakannya soalnya memang nggak ada yang melihat. Bodo amat lah kalau ujung-ujungnya malah bikin gerakan sendiri, wokwokwok.

6. Bersih-bersih rumah

Mau ngingetin aja sih kalau kita semua harus tetap jaga kebersihan diri sendiri dan rumah kita. Dek Mon si sobat rebahan saja mendadak jadi hobi nyapu dan ngepel lantai. Berhubung saya ngepelnya ((manual)) hanya pakai gombal dan harus ndodok begitu, ya lumayan lah hitung-hitung cardio. Muterin rumah untuk nyemprotin desinfektan ke perabotan dan gagang pintu juga cukup bikin kemringet kok.

7. Saling mengingatkan untuk #dirumahaja

Ada anggota keluarga yang ngeyel nggak mau #dirumahaja? Tenang, saya juga mengalaminya. Tapiiii.. please jangan bosan untuk selalu mengingatkan. Kirimkan info-info penting dan yang mudah dipahami. Dan yang paling penting, coba bekerjasama dengan anggota keluarga lain untuk membantu mengingatkan anggota keluarga yang ngeyel itu. Misalnya saja yang ngeyel adalah Bapak saya, ya sudah saya minta bantuan ke Kakak saya untuk menasehati bapak saya. Pokoknya saya wadul kalau Bapak saya ngeyel. Jadi biar Bapak saya itu paham semua orang sedang khawatir dengan kengeyelannya itu. Gitu.

Stay safe and stay at home, sobat menthel!

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

You May Also Like

2 komentar

  1. Yang rutin sekali kulakukan hanya yang nomer 7. Di sosmed. Sambil ngegas~~

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...