Cegah Diabetes Bersama Dengan Sun Life Indonesia Untuk Hidup yang Lebih Bahagia

by - March 12, 2020

cegah diabetes
Cegah diabetes untuk hidup yang lebih bahagia


Apa kabar resolusi hidup sehat di tahun 2020? Ini sudah bulan Maret loh. Masih hobi rebahan? Masih sering makan mie instan? Masih sering minum minuman kekinian yang high sugar? Di tengah ramainya berita tentang virus Corona, mau jadi tim penimbun sembako dan masker atau malah jadi sadar akan pentingnya pola hidup sehat?

Kali ini saya nggak akan ngobrol soal virus Corona. Saya mau ngobrolin penyakit yang sudah membayang-bayangi masyarakat Indonesia sejak dulu, yaitu Diabetes. Penyakit yang terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi oleh tubuh secara efektif atau tubuh tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup.


Apa itu insulin? Kok kayaknya penting banget. Insulin adalah hormon yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur keseimbangan gula darah (glukosa). Tubuh yang kekurangan insulin atau tidak dapat menggunakan insulin dengan efektif menyebabkan tingginya kadar gula dalam tubuh. Memang sih glukosa adalah sumber energi yang utama, tapi jika kadarnya terlalu tinggi bisa menyebabkan penumpukan glukosa di dalam darah yang tentu saja memberikan efek yang negatif pada tubuh.
International Diabetes Federation (IDF) mencatat saat ini setiap 8 detik ada orang yang meninggal akibat diabetes di dunia. Jumlah diabetes di dunia naik menjadi 425 juta jiwa pada tahun 2017. Serem ya.

Untuk mencegah Diabetes, kita bisa mulai dari sendiri dan menjadi #TeamUpAgainstDiabetes dengan cara menjaga pola hidup. Penuhi kebutuhan makro dan mikro nutrisi, serta memperbanyak aktivitas fisik atau olahraga secara rutin. Ini juga berlaku untuk penderita Diabetes ya. Menjalani pola hidup sehat adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi diabetes, dan yang jelas harus lebih menjaga makanan karena makanan bagi penderita diabetes akan berbeda. Untuk lebih detailnya tentu saja bisa langsung dikonsultasikan dengan dokter yang tentu saja lebih kompeten.

Dalam rangka mengajak masyarakat menjalani gaya hidup yang sehat untuk melawan penyakit Diabetes, PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life Indonesia”) menggelar event lari ‘Sun Life Resolution Run Indonesia’ di akhir bulan Januari 2020 dengan lebih dari 2.500 peserta. Ajang ini merupakan puncak dari rangkaian kampanye #LiveHealthierLives. Sebagian income dari event Resolution Run Indonesia didonasikan kepada diabetes community sebagai bentuk dukungan peningkatan kualitas hidup penderita diabetes di Indonesia. Sun Life Indonesia akan terus mengajak masyarakat khususnya generasi produktif untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat serta aktif bergerak, untuk mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya, termasuk diabetes.

Sejak 2015, Sun Life Indonesia bersama Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), telah aktif memberikan edukasi dan penanganan terbaik bagi para penderita diabetes di Indonesia. Kemitraan ini diawali dengan peresmian klinik edukasi diabetes yang dibangun di RSCM, dan dilanjutkan dengan mengadakan beragam kegiatan edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyakit diabetes.

Oke kembali lagi ke topik olahraga. Bisa dibilang olahraga lari memang olahraga yang paling mudah untuk diterapkan. Nggak perlu bayar membership dan bisa ngajak banyak teman. Paling mentok investasi running shoes deh. Selebihnya tinggal membentuk kebiasaan saja.

Dulu awal saya menerapkan pola hidup sehat juga sering banget lari keliling kampung. Manfaat olahraga lari pun juga banyak beberapa diantaranya menguatkan jantung dan meningkatkan stamina. Sehat fisik dan juga sehat finansial karena nggak membutuhkan terlalu banyak perlengkapan.
Tapi, jujur saja di tahun 2019 kemarin saya jarang banget lari karena memang fokus untuk membangun otot. Kerasa banget efek dari saya malas cardio, kalau latihan angkat beban jadi gampang ngos-ngosan. Pada dasarnya semua harus seimbang. Ya angkat beban, ya cardio.

Nah, di tahun 2020 ini, salah satu resolusi saya adalah mau memperbanyak cardio, salah satunya dengan rutin lari. Karena kebetulan kantor saya pun sekarang pindah ke area perumahan jadi bisa lebih rutin lagi lari pagi atau lari sore misal bangunnya kesiangan, hahahaha. Tetap harus semangat karena demi pola hidup sehat yang #LebihBaik.

Walaupun olahraga lari terlihat sederhana, tapi tetap dibutuhkan teknik cara berlari yang tepat dan pemanasan yang cukup agar tidak mudah lelah dan tidak mengalami cidera. Kadang karena terlalu menyepelekan lari, banyak yang tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu. Akibatnya bisa fatal loh karena bisa cidera. Dan yang lebih penting lagi adalah pahami kemampuan diri sendiri, jika tidak kuat untuk lari cepat ya mulai dulu dengan jalan cepat.

Nggak semua orang yang sering olahraga itu sehat loh. Karena olahraga tanpa memperhatikan kemampuan diri sendiri dapat menyebabkan overtraining. Jadi tetap jangan lupakan istirahat yang cukup ya, hidup harus seimbang.

Yuk, kita terapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang!

You May Also Like

14 komentar

  1. Wah LARI. Ini jadi alternatif olahraga oke sih karena mau ke gym atau berenang lumayan riskan sekarang. Jadi treadmill saja di rumah. Seperti hamster.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya, treadmill di rumahmu seperti genjotannya hamster.

      Delete
  2. Yaampun jd lupa kapan terakhir kali rajin lari. Apakah ku perlu pura pura mau mendaki gunung lagi agar termotivasi untuk rajin lari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan mendaki gunung dulu. Olahraganya yg dekat2 dulu selama coroncuk masih ada.

      Delete
  3. Sama, resoulusiku tahun ini juga pengin rajin lari tapi kok ya itu susah banget astaga buat memulainya T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku yg sudah terbiasa olahraga saja kalau urusan lari juga susah T.T

      Delete
  4. aku paling suka berenang sih, udah sering mencoba lari tapi kok kayak bukan passion gitu lhoo wakaka sebenarnya pengen lebih rajin lari tapi selalu wacana :(
    sedih akutu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa berenangggg, asal jangan di bak mandi. Itu namanya kungkum, bukan berenang.

      Delete
  5. Aku banget. Pernah getol olahraga tanpa peduli istirahat demi body impian, akhirny tumbang hiks. Thanks Mbak Mon sharingnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pernah melakukan kebodohan seperti itu :|

      Delete
  6. Catat: lari. Sungguh setiap mau lari bawaannya kedistrak melulu sama mas-mas yang nyalip dari belakang. Itu si mas udah lima kali, sini sekali aja belum finis.
    Besok-besok aku kuatkan lagi deh iman ini buat lari ngejar masa depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besok2 kalau lagi lari bisa coba pakai kacamata kuda~

      Delete
  7. aku suka lari tapi belakangan bingung dengan teknologi sepatu lari yang makin canggih-canggih. Sekali-kali bahas soal sepatu2 olahraga dong mba mon hehehe #pembacabanyakmau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh aku pengen loh bikin blogpost soal sepatu olahraga, tapi bingung gimana ngebahasnya. Awokwokwok.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...