Review Mizzu Airlight, Powder Untuk Kulit Berminyak

by - Februari 03, 2020

Review Mizzu Airlight untuk kulit berminyak
Mizzu Airlight, abaikan lambe Dek Mon. Wkwk.

Bagi orang yang kulitnya berminyak seperti Dek Mon, hidupnya nggak bisa jauh-jauh dari yang namanya loose powder. Pernah kan, iseng pakai foundation tapi nggak pakai loose powder. Ceritanya sih eksperimen, pengen tahu jadinya seperti apa. Tapi lah kok mawut, wokwokwok pekok. Udah lah paling bener emang pakai loose powder, produk yang lagi sering saya pakai adalah Mizzu Airlight.



Review Mizzu Airlight untuk kulit berminyak
Mizzu Airlight

Walaupun sepertinya semua beauty brand punya produk loose powder, nggak semua bisa cocok di kulitku yang berminyak dan sawo matang ini. Ada beberapa kriteria yang harus terpenuhi agar saya bisa merasa "klik" dengan suatu produk loose powder:

- Memiliki partikel dan tekstur yang halus. Percuma pakai foundation yang bisa membaur dengan sempurna di kulit jika pakai loose powder yang partikelnya besar. Finishing-nya pasti nggak bisa halus. Loose powder dengan partikel dan tekstur yang halus, biasanya juga memberikan ((bonus)) menyamarkan pori-pori. Contoh loose powder dengan partikel yang halus adalah Maybelline Fit Me Loose Powder.

- Shade-nya nggak bikin kulit saya yang yellow undertone ini terlihat abu-abu. Walaupun masih bisa diakali dengan memakai bronzer, tapi tentu saja kalau untuk daily makeup sebisa mungkin makeup dibuat sederhana kan?

- Mudah dibaurkan dan diaplikasikan menggunakan tools apapun (powder brush maupun sponge). Ada beberapa powder yang ketika diaplikasikan di atas foundation langsung "nge-set". Jadi ((ndemblok)), nggak bisa diratain, dan nggak bisa pakai teknik baking. Kesal bet kalau dapat zonk yang macam ini, wokwokwok.

- Memiliki kemampuan oil control yang bagus, setidaknya bisa "mengunci" base makeup seperti foundation maupun cushion.


Kemasan Mizzu Airlight


Kemasan Mizzu Airlight terbuat dari plastik “dove. Menurut saya kemasan dengan finishingdove” seperti ini lebih aman jika dibawa dalam makeup pouch. Jika berbenturan dengan produk lain tidak akan tergores. Jadi tampilan kemasannya akan selalu terlihat baru.

Mizzu Airlight berukuran kecil (20 gram), dan hanya tersedia dalam satu ukuran kemasan. Salah satu alasan kenapa saya membeli produk ini adalah memang karena ukurannya yang kecil dan compact, nggak terlalu “makan” tempat jika dibawa travelling. Berbeda dengan kemasan Maybelline Loose Finishing Powder yang bulky, sampai bingung kalau mau dibawa travelling, untung tetap cinta. Tutup kemasan si Mizzu ini pun berbentuk ulir, jadi memang aman jika dibawa travelling.


Review Mizzu Airlight untuk kulit berminyak
Kemasan Mizzu Airlight

Mizzu Airlight dilengkapi dengan lubang-lubang kecil pada bagian penyekat. Ukuran lubangnya pas, membuat kita lebih mudah mengontrol seberapa banyak produk yang ingin dikeluarkan. Bagian atas penyekat adalah tempat untuk meletakkan sponge. Jadi walaupun pada bagian penyekat ada lubang-lubang kecil untuk mengeluarkan powder, powder tidak akan tanpa sengaja keluar karena tertahan oleh sponge tersebut.

Yang sering jadi sambatan saya terkait loose powder adalah sponge bawaannya. Ingat sponge bawaan dari Coty Airspun yang seperti sponge untuk asah-asah (untung kualitas produknya bagus, wkwk)? Tapi saya cukup happy dengan sponge bawaan dari Mizzu Airlight ini karena walaupun kecil, tapi kualitasnya bagus. Teksturnya lembut dan mampu meratakan powder dengan baik. Saya sudah beberapa kali mencuci sponge-nya dan sejauh ini tidak ada penurunan kualitas. Saya pakai sponge bawaan produk ini hanya untuk “ngepres” powder di beberapa area wajah terutama area yang berminyak. Saya lebih suka mengaplikasikan powder menggunakan powder brush.


Review Mizzu Airlight untuk kulit berminyak
Sponge Mizzu Airlight


Shade dan Tekstur Mizzu Airlight


Mizzu Airlight hanya memiliki satu shade, yaitu translucent. Jadi jangan berharap akan ada coverage ya, karena memang produk ini tidak bertujuan untuk menyamarkan dosa-dosa di kulit kita. Bahkan di kemasannya sudah ada klaim “sheer coverage”. Kadang ada powder dengan klaim “sheer coverage” tapi ketika digunakan di atas foundation memberikan efek “tone up” yang di kulit saya malah jadinya terlihat abu-abu, wkwk. Nah, si Mizzu ini memang memberikan efek sedikiiiit “tone up”, tapi nggak membuat warna kulit saya jadi abu-abu. Kece deh.

Review Mizzu Airlight untuk kulit berminyak
Tekstur Mizzu Airlight

Oiya, efek "tone up" dari Mizzu Airlight ini lebih karena transisi dari foundation yang terlihat "basah", kemudian ditimpa dengan powder yang "kering". Analoginya seperti cat tembok yang masih basah, kemudian kering. Ketika kering pasti warna cat-nya menjadi lebih terang kan? Sampai di sini paham? Bagaimana? Kesal tidak di-"sampai di sini paham"? :))

Tekstur dari Mizzu Airlight ini haluuus banget dan kalau disentuh terasa silky. Sesuai dengan klaimnya yaitu “lightweight soft silky setting powder”. Teksturnya yang halus membuat powder ini mudah untuk dibaurkan menggunakan sponge maupun powder brush tanpa ada produk yang menggumpal. Selain itu juga dapat memberikan efek blurring pore sehingga kulit terlihat lebih halus. Tapi tetap akan lebih mantap jika pakai mattifying primer terlebih dahulu.


Review Mizzu Airlight untuk kulit berminyak
Sebelum dan sesudah penggunaan Mizzu Airlight
Saya tambahkan foto yang lebih zoom out agar lebih terlihat perbedaannya.


Review Mizzu Airlight untuk kulit berminyak
Sebelum dan sesudah penggunaan Mizzu Airlight

Efek "tone up" nggak terlalu terlihat ya di foto, tapi ada kok sedikit. Yang sangat terlihat pada foto malah efek blurring pore-nya. Pori-pori saya terlihat samar, padahal nggak pakai primer mattifying. Untuk hasil akhirnya bisa dilihat kalau nggak terlalu matte ya, sedikit terlihat velvet.


Performa Mizzu Airlight


Mizzu Airlight dapat bekerja dengan baik ketika diaplikasikan di atas foundation, cushion, dkk maupun diaplikasikan langsung di atas kulit. Pada foto di atas, saya pakai Maybelline Superstay Foundation, salah satu foundation favorit saya di tahun 2019. Buat kalian yang kulitnya berminyak, kemungkinan besar akan suka dengan foundation ini. Si Mizzu Airlight ini bisa untuk “mengunci” foundation agar tidak mudah geser atau kalaupun lagi nggak pakai foundation apapun bisa juga digunakan untuk sekedar menahan minyak di wajah.


Review Mizzu Airlight untuk kulit berminyak
Hai, sobat menthel :D

Setelah 3 jam pemakaian dengan cuaca Jogja yang tidak menentu dan hawanya yang shumuk, foundation saya masih baik-baik saja. Pada bagian garis senyum memang terlihat menggaris, tapi memang garis senyum saya agak "dalam" sehingga sering sekali foundation terlihat menggaris di area tersebut. Tenang saja, orang tidak akan terlalu memperhatikan garis senyum karena senyuman Dek Mon begitu mengalihkan perhatian.

Area yang terlihat oily adalah dahi, hidung, pipi, dan dagu. Kalau dilihat secara langsung, nggak terlihat terlalu oily. Ini terlihat oily karena saya foto pakai ringlight sehingga area yang oily menjadi lebih terlihat karena cahaya lampu akan memantulkan cahaya di permukaan kulit yang berminyak.

Review Mizzu Airlight untuk kulit berminyak
Setelah 3 jam penggunaan Mizzu Airlight

Foundation pada lipatan hidung masih terpantau aman walaupun terlihat berminyak. Cukup di-tap menggunakan tissue sudah beres. Btw, pada foto di bawah ini pipi saya kelihatan kinclong banget ya. Menurut saya karena faktor blush on juga, ini saya pakai blush on Esqa Malibu yang memang finishing-nya kinclong. Bisa dilihat di foto saya yang pukul 18.00 WIB, di foto tersebut pipi saya memang sudah terlihat kinclong kan?

Review Mizzu Airlight untuk kulit berminyak
Setelah 3 jam pemakaian (zoom in)


Menurut saya, untuk mendapatkan oil control yang lebih bagus lagi memang harus pakai teknik baking. Dengan klaim "lightweight", produk ini memang lebih cocok untuk daily makeup. Untuk acara khusus seperti lamaran, wisuda, pergi bareng pacar dari pagi sampai malam oil control-nya masih lebih bagus Coty Airspun.


Kesimpulan

(+) Kemasannya kecil dan compact, sangat mudah dibawa ke mana-mana.
(+) Sponge bawaannya memiliki kualitas yang bagus, bisa digunakan untuk touchup.
(+) Partikel dan tekstur powder-nya halus dan memberikan efek blurring pore.
(+) Memiliki shade translucent dan tidak membuat kulit menjadi terlihat abu-abu.
(+) Mampu menahan minyak di wajah dengan baik.

(-) Oil control-nya masih masuk dalam kategori medium, belum terlalu mantuls.

Karena produk ini memenuhi semua kriteria yang sudah saya sampaikan di awal tulisan, kesimpulannya adalah I love this product so much! Salah satu powder yang akan saya beli lagi kalau habis.

Kalau masih penasaran dengan produk ini, bisa cek di video IGTV saya yang lagi pakai Mizzu Airlight ini.


Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

You May Also Like

10 komentar

  1. wah efek blurring nya 11:12 sama innisfree no sebum nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah belum pernah coba Innisfree, wkwkwk.

      Hapus
  2. Keren banget sih blur effect nya 😍

    BalasHapus
  3. Waah tadinya nggak terlalu tau tentang produk ini, jadi penasaran karena yellow undertonenya cocok di kamu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mizzu banyak produk bagus kok. Dan menurutku range harganya masih termasuk afforsable.

      Hapus
  4. Aku sempet eyeing produk ini mbak, karena dah pusying cari powder yang matte. Tapi ternyata B aja ya oil controlnya😭. Tapi masih penasaran soale tadi kulihat powdernya haluussss gitu. Masukin list dulu deh🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, B aja. Tapi kalau untuk harian, bagiku sudah cukup. Kalau untuk acara khusus seperti wisuda, masih kurang.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...