Resep Creamy Pasta Ramah Kalori

by - September 25, 2019

Resep Creamy Pasta Ramah Kalori
Creamy pasta ramah kalori

Apa sih maksudnya "ramah kalori"? Sederhananya, biasanya kan pasta identik sebagai makanan yang kurang sehat karena high fat dan high carbo, belum lagi kalorinya yang besar. Bahkan ada menu pasta yang kalorinya mencapai lebih dari 1.000 kalori. Makin creamy dan gurih, makin tinggi kalorinya. Tapi masa iya, diet nggak bisa makan creamy pasta?


Karena Dek Mon cerdas, Dek Mon bisa masak creamy pasta yang ramah kalori, syohohohoho.

Karena ini resep alternatif, yang jelas memang rasanya nggak akan sepekat dan segurih creamy pasta biasanya ya. Tapi resep creamy pasta dari Dek Mon ini beneran bisa mengobati rasa rindu makan pasta dikala diet karena kalorinya masih di bawah 500 kalori. Bahkan saat sedang kalori defisit pun saya masih bisa makan creamy pasta ini tanpa rasa bersalah. Menarik kan? Kan?

Bahan-bahan Membuat Pasta


Resep Creamy Pasta Ramah Kalori
Bahan-bahan untuk creamy pasta

1. Penne Rigati 35 gram
Saya pakai merk Balducci, bisa dibeli di Superindo. Pasta biasa kok ini, nggak ada label "diet friendly" atau "healthy pasta", just an ordinary pasta. Kalau mau pakai merk lain bisa, tapi mungkin akan ada perbedaan kalori ya. Penne-nya direbus dulu sampai hampir al dente.

2. Fiber Creme 5 gram
Ini adalah bahan yang wajib kalian punya sebagai pengganti rasa gurih dan creamy dari butter dan susu full cream. Bisa dibeli supermaket besar. Saya sih beli di Superindo, ada yang dikemas botolan, ada juga yang kemasan isi ulang dalam bentuk sachet.

Resep Creamy Pasta Ramah Kalori
Fiber Creme: pengganti untuk rasa creamy pada pasta

3. Keju Cheddar Kraft 10 gram
Biar creamy dan gurihnya makin dapet, bisa ditambahkan keju cheddar diparut. Pakainya sedikit saja ya, ngirit. Ngirit kalori maksudnya.

4. JAWARA Saos Sambal
Mau pakai merk lain nggak masalah. Saya pakai JAWARA karena rasanya lebih enak saja dibandingkan saos sambal yang lain. Mau pakai bubuk cabai pun boleh loh. Silakan berkreasi ya.

5. Jay's All Purpose Seasoning (Optional)
Saya suka pakai all purpose seasoning biar rasanya ((kemicin-micinan)). Eh, tapi udah ada label "No MSG"nya sih, syahahahaha.

Resep Creamy Pasta Ramah Kalori
Saos sambal JAWARA

6. Bahan pelengkap
Untuk menambah protein, saya tambahkan satu lembar daging sapi asap (50 gram) merk Hanzel, jamur champignons (100 gram), dan telur rebus. Tentu saja telur rebusnya adalah hasil dari saya meal prep.

7. Bahan untuk menumis: light olive oil (1/2 sdm), bawang bombay, garam.

Cara Membuat Pasta


Resep Creamy Pasta Ramah Kalori
Creamy pasta

1. Tumis bawang bombay dan jamur champignon menggunakan olive oil. Barengan saja masukinnya soalnya kan pakai minyaknya hanya sedikit. Jamur champignon kalau ditumis akan mengeluarkan air, jadi ditumis barengan biar bawang bombay-nya nggak lengket di teflon.

2. Setelah jamur berwarna kecokelatan dan masih ada sedikit air dari jamur, masukkan daging sapi asap. Tumis sampai daging sapi asapnya matang.

3. Encerkan Fiber Creme menggunakan air hangat di wadah terpisah. Banyaknya air dikira-dikira saja, yang penting nanti pastanya nggak malah jadi sop.

4. Masukkan Fiber Creme yang telah diencerkan ke dalam jamur dan daging sapi asap yang telah ditumis. Masukkan juga penne yang telah direbus sebelumnya. Aduk rata.

5. Tambahkan saos sambal, all purpose seasoning, garam, dan keju cheddar. Aduk rata sampai pasta menjadi al dente dan kuah Fiber Creme menjadi sedikit mengental.

6. Sajikan, tambahkan telur rebus untuk ekstra protein dan brokoli rebus untuk memenuhi kebutuhan mikronutrisi.

Creamy Pasta
405 kal/porsi
Carb: 37g | Fat: 19g | Prot: 21g

You May Also Like

4 komentar

  1. Fix bakal aku coba! Eh btw aku juga pake si All Purpose Seasoning itu :D Habis praktis sih dia ngasih rasa banget ke makanan tapi udah ga ada MSG dan garamnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa.. all seasoning juga jadi favorit buat bumbuin dada ayam, wkwkwkwk

      Delete
  2. wah ini cocok ni untuk menyambut tamu besar untuk disajikan, mau coba deh, oya salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((tamu besar))
      Buat diri sendiri juga cocok kok, wokwok

      Salam kenal juga :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...