Cara Meal Prep yang Gampang dan Hemat Waktu

by - September 17, 2019

Meal preparation
Meal prep ala Dek Mon

Tulisan kali ini adalah tulisan yang paling banyak diminta, yaitu gimana sih cara Dek Mon meal preparation sehingga setiap hari bisa masak, membawa bekal ke kantor seperti orang piknik (wokwokwok), dan terlihat febeles?

Menurut saya, meal prep (disingkat jadi "meal prep" saja ya, agar tidak terlalu panjang seperti jalan kenangan) itu nggak ada aturan bakunya, suka-suka kita saja karena disesuaikan dengan gaya hidup dan pola makan kita masing-masing. Jadi saya bakal berbagi cara meal prep versi Dek Mon, seorang pekerja kantoran dan menjadi freelancer sebagai pencari jodoh untuk diri sendiri.


Hal yang paling penting dalam melakukan meal prep adalah sediakan waktu beberapa jam dalam satu hari. Saya sih biasanya hari Minggu dan Rabu karena di hari tersebut saya nggak nge-gym. Tapi tetap fleksibel karena ya manusia hanya bisa berencana.

Dalam satu minggu saya meal prep sebanyak 2 kali khusus untuk sayuran. Sebenarnya bisa kalau dijadikan seminggu sekali, tapiiiiiii.. kulkas nggak muat. Apalagi kalau kulkas lagi banyak buah-buahan, nggak bisa meal prep banyak-banyak, hahaha. Sedangkan untuk lauk, saya meal prep seminggu hanya sekali.

Meal prep ala Dek Mon ini adalah meal prep untuk menu yang sederhana ya, bukan semacam soto lamongan, urap, maupun rendang. Karena alasan kesibukan dan keterbatasan waktu, biar bisa masak setiap hari ya saya buat menu makan saya menjadi sesederhana mungkin.

Oiya, menurut saya meal prep ini penting banget bagi kalian yang mau diet karena kunci keberhasilan diet itu ya ada di makanan. Kalau jajan terus, kita akan susah mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Meal preparation
Contoh bekal dalam satu hari

Sebelum meal prep, ada beberapa peralatan lain yang harus disiapkan:

1. Pisau, buat rajang-rajang gaes. Tapi kalau lidah kalian setajam pisau, boleh lah rajang-rajang pakai lidah kalian.

2. Telenan, buat alas rajang-rajang. Tapi kalau mau pakai punggung pacar menjadi alas buat rajang-rajang, silakan saja. Siapa tahu pacar kalian masochist. Siapa tahu.

3. Kotak plastik terserah merk-nya apa, yang penting masih layak untuk digunakan. Saya biasa pakai merk Claris untuk menyimpan daging-dagingan di freezer. Untuk menyimpan makanan di freezer cari yang ada tulisannya freezer friendly karena bahannya nggak gampang pecah ketika ada di suhu yang sangat dingin. Kalau untuk menyimpan sayuran, saya pakai kotak makan biasa.

Meal prep ala Dek Mon terdiri dari:

1. Lauk, yang saya siapkan adalah dada ayam dan telur rebus karena dua lauk tersebut kalau nggak disiapkan lebih dulu akan memakan banyak waktu. Telur rebus juga makanan yang praktis di saat saya sedang butuh protein tambahan.

2. Sayur-sayuran untuk ditumis. Nah, saat meal prep, saya potong-potong sayuran dan pisah-pisahkan sesuai dengan menu sayur yang ingin saya buat. Misalnya saja saya letakkan wortel dan buncis dalam satu wadah yang sama untuk menu orak-arik sayur, brokoli dan wortel untuk menu tumis brokoli saos tiram, dan seterusnya. Praktis karena saat memasak ya tinggal cemplung-cemplung. Kalau sudah diwadahi, tinggal masukkan ke dalam kulkas.

Catatan: untuk sayur, dicuci saat mau dimasak ya. Waktu dipotong-potong dan disimpan ke dalam wadah tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Ketika disimpan, sayur harus dalam kondisi kering. Nggak perlu kering banget sih, tapi yang penting nggak basah.


Meal preparation
Meal prep untuk sayuran dan bawang putih

3. Bawang putih dan bawang merah kupas. Saya nggak bisa ngupas bawang dengan cepat, jadi ya sekalian saya kupas banyak bawang di awal, lalu saya letakkan di wadah bekas selai. Praktis karena setiap kali masak tinggal rajang-rajang.

Meal Prep Untuk Daging Ayam

Untuk lauk, saya hanya meal prep untuk dada ayam boneless dan telur rebus. Saya pilih yang boneless karena lebih mudah diolah dibandingkan dengan yang ada tulangnya. Bukan lebih mudah sih, lebih tepatnya saya malas mengolah dada ayam yang ada tulangnya, HA-HA.

Sebelum disimpan di dalam kotak plastik penyimpanan, saya cuci bersih dada ayam menggunakan air mengalir. Selanjutnya, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Potong-potong dada ayam, bentuk sesuai selera ya. Mau kotak-kotak ataupun bunga-bunga, ter-se-rah. Saya biasanya sih malah nggak dipotong, lebih suka yang utuh. Kalau dapat dada ayam bagian dalam, biasanya saya potong dadu. Tapi ya saya lihat mood saya juga apakah sedang mood mencincang :))

2. Letakkan dada ayam setiap satu porsi ke dalam kotak plastik penyimpanan. Per porsi biasanya 100-130 gram, tergantung saya lagi cutting, maintenance, atau bulking.

Meal preparation
Meal prep dada ayam dan telur rebus
3. Selanjutnya beri bumbu sesuai selera atau rencana kalian pengen makan ayam dibumbui apa dalam seminggu itu. Saya biasa memberikan bumbu yang berbeda setiap porsinya. Misal nih saya ada 6 porsi dada ayam, saya bumbuinnya seperti ini:

- 2 porsi dibumbui: garam dan bawang putih bubuk (saya nggak suka merica btw)
- 2 porsi dibumbui: garam, bawang putih, kaldu jamur, saos tiram
- 2 porsi dibumbui: garam, bawang putih, kaldu jamur, kecap manis

Kalau kalian orang yang malas masak seperti saya, kecap-kecapan merupakan koentji kedamaian hidup, wokwokwok. Tapi kalau rajin, silakan berkreasi sendiri ya. Yang penting secukupnya saja karena hampir semua kecap-kecapan itu tinggi natrium.

4. Masukkan dada ayam yang sudah dibumbui ke dalam freezer.

Dalam seminggu memang saya paling sering makan dada ayam dengan bumbu yang berbeda-beda, tapi saya juga makan lauk yang lainnya kok. Contohnya saja mackarel, tahu, dan tempe. Tapi karena makanan tersebut bisa langsung dimasak tanpa ribet, ya saya nggak perlu menyiapkan jauh-jauh hari. Begidu.

Gimana? Gampang banget kan? Nggak seribet cari jodoh.

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

You May Also Like

6 komentar

  1. share menu-menunya dong kak... terkadang udah beli bahan malah bingung mau masak apa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ada beberapa menu diet di blog ini. Cek menu "Makanan Sehat" ya :)

      Delete
  2. terimakasih mbak mon, aku jadi semangat belajar meal prep!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...