Review: Moist Diane Extra Volume and Scalp Shampoo. Bikin Ketombean Nggak Ya?

by - August 05, 2019

Moist Diane Extra Volume and Scalp Shampoo

Rambut saya adalah tipe rambut yang rewel. Seperti orangnya begidu. Karena rewel, makanya saya lebih sering potong rambut pendek. Meminimalkan keribetan.

Saya ceritakan dulu betapa rewelnya rambut saya. Tipe rambut saya adalah pangkal rambut berminyak, tapi ujung rambut normal cenderung kering. Yang jadi masalah adalah pangkal rambut karena berminyak jadi gampang ketombean. Ketombeannya tipe yang mengerak begidu loh. Ew.

Sudah coba berbagai macam shampoo yang ada di supermarket tapi tetap ketombean. Mau pakai shampoo anti ketombe tapi nanti cat rambut cepat luntur. Tsk. Setelah trial and error, akhirnya saya tahu kalau kulit kepala saya nggak cocok dengan kandungan SLS/SLES dan silikon. Padahal bisa dibilang semua shampoo di supermarket mengandung SLS/SLES dan silikon. Cry.
Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan Sodium Laureth Sulfate (SLES) adalah surfaktan atau deterjen yang biasanya terkandung pada shampoo dan produk pembersih lainnya. Sedangkan silikon adalah kandungan pada shampoo yang biasanya memberikan efek halus pada rambut. Jadi kalau rambut kita halus setelah keramas, bisa jadi itu efek silikon. Efek halus yang semu, gaes.

Sebenarnya yang kandungan yang sering bikin alergi adalah SLS, bukan SLES. Tapi, untuk amannya saya tetap cari yang non SLES juga. Karena pernah coba 1 brand yang masih ada SLES-nya dan tetap ketombean. Tetap harus coba merk lain sih untuk memastikan, siapa tahu ada kandungan lain yang membuat alergi. Tapi masih ((mager)) dan takut ketombean lagi, wokwokwok.

Bagian depan Moist Diane Extra Volume and Scalp Shampoo
Akhirnya saya memutuskan untuk ke Guardian karena biasanya kan pilihan produknya lebih bervariasi. Dan saya pun menemukan Moist Diane Extra Volume and Scalp Shampoo. Saya cek di balik kemasannya ada klaim NON SILICONES, SULFATE AND PARABENS, COLOUR SAFE. Sudah jelas langsung saya beli dong. Tapi apakah cocot dan bagus?

Kemasan Moist Diane Extra Volume and Scalp


Untuk kemasannya, saya kurang suka karena hanya menyediakan satu ukuran saja dan itu guedhe biyanget. Kelihatan kan di foto? Susah dipegang satu tangan, hahahaha. Kalau mau dibawa ke luar kota harus banget dimasukkan ke botol kecil. Saya juga kurang suka dengan pump-nya karena merupakan tipe pump ulir. Jadi pump harus ditekan dan diputar dulu untuk menutup salurannya. Sedikit merepotkan.

Kemasan Moist Diane Extra Volume and Scalp Shampoo
Menurut saya, Moist Diane memiliki tipe kemasan yang sekali buka nggak perlu ditutup lagi. Memang buat diletakkan di kamar mandi saja, nggak untuk diajak pergi-pergi. Shampoo saja ogah diajak pergi ya :(

Aroma Moist Diane Extra Volume and Scalp


Saya nggak pandai mendeskripsikan aroma, tapi saya yakin pecinta aroma manis bakalan suka dengan aroma dari Moist Diane Shampoo ini. Aromanya seperti aroma buah-buahan yang manis.

Tadinya saya berharap aromanya bakal bertahan lama, tapi ternyata nggak juga. Bagi saya nggak terlalu masalah karena perawatan rambut saya aromanya beda-beda, hahaha. Untuk aroma, saya lebih berharap banyak ke vitamin rambut seperti Makarizo Advisor Hair Recover Vitamax karena merupakan langkah terakhir pada perawatan rambut. Aroma shampoo lebih untuk relaksasi pas keramas saja.

Klaim dan Kandungan Moist Diane Extra Volume and Scalp


Moist Diane Extra Volume and Scalp Shampoo memiliki klaim bisa mengatasi permasalahan rambut yang lepek dan kulit kepala yang sensitif. Sangat sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala saya, walaupun nggak lepek-lepek amat tapi memang pangkal rambut saya kan berminyak ya. Jadi memang lebih cepat lepek dibandingkan dengan rambut yang pangkalnya nggak berminyak.

Klaim Moist Diane Extra Volume and Scalp Shampoo
Bagi yang telaten lihat komposisi, cek detailnya sendiri ya karena saya nggak paham detail per komposisinya. Yang jelas memang nggak ada silikon dan sulfate. Walaupun nggak mengandung sulfate, busa dari Moist Diane ini cukup melimpah loh. Dan nggak membuat ritual kucek-kucek rambut terasa seret seperti dompet di akhir bulan.

Kandungan Moist Diane Extra Volume and Scalp

Hasil yang Didapatkan


Waktu saya posting IG story tentang shampoo ini, ada beberapa yang bilang kalau shampoo ini bikin rambut kusut mengembang nggak karu-karuan. Usut punya usut ternyata karena memang nggak pakai conditioner. Untuk shampoo yang memiliki klaim no silicones, menurut saya wajib banget pakai conditioner karena memang kita nggak akan mendapatkan kelembutan rambut seperti saat memakai shampoo yang bersilikon.

Kalau saya sih apa pun shampoo-nya, selalu wajib pakai conditioner karena kan rambut saya diwarnai ya, jadi bagian ujung rambut memang cenderung lebih kering dari pangkal rambut. Dari awal pemakaian Moist Diane sampai sekarang, saya sama sekali nggak mengalami rambut kusut nggak karu-karuan, rambut saya masih lembut seperti biasanya.

Setelah pemakaian Moist Diane Extra Volume and Scalp Shampoo

Setelah pemakaian selama 2 bulan, AKHIRNYA SAYA NGGAK KETOMBEAN LAGI. Iya, harus capslock semua karena saya seneng banget akhirnya nggak ketombean! Selain itu rambut saya jadi nggak gampang lepek seperti biasanya, 2 hari belum keramas pun rambut masih ngembang-ngembang sedikit. Kalau nggak lagi olahraga, bisa tahan 3 hari malah. Tapi ya jangan keterusan nggak keramas. Nggilani, gaes. Kenyataannya, saya keramas setiap hari kecuali memang lagi nggak olahraga dan nggak keringetan banyak.

Sesuai klaimnya, shampoo ini juga aman untuk rambut yang diwarnai ya. Nggak membuat warna menjadi cepat pudar karena biasanya yang bikin pudar adalah kandungan SLS/SLES, sedangkan shampoo ini nggak mengandung SLS/SLES.

Overall saya suka banget sama shampoo ini dan menurut saya layak banget dicoba bagi kalian yang memang tipe rambut dan kulit kepalanya mirip dengan Dek Mon. Rambut rewel. Harganya pun tergolong cukup terjangkau untuk ukurannya yang sangat besar, yaitu sekitar Rp 110.000,00. Paling tidak, harganya nggak bikin semaput seperti Kerastase.

Kesimpulan

(+) No silicones dan sulfate, aman bagi yang memang nggak cocok dengan silikon dan SLS/SLES
(+) Membuat rambut mengembang lebih lama
(+) Busanya cukup melimpah walaupun tanpa SLS/SLES
(+) Nggak membuat kulit kepala ketombean
(+) Aman untuk rambut yang diwarnai, nggak membuat warna jadi mudah luntur

(-) Kemasannya besar dan hanya tersedia dalam satu ukuran

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

You May Also Like

2 komentar

  1. Berarti kusutnya bisa diakalin sama pake conditioner ya mbak? Aku pengen efek bikin ngembangnya wkwkwk gara-gara rambutku tipis dan lemes banget.

    ReplyDelete
  2. Iyes, aku sih pakai shampoo apapun tetep pakai condi, udah lebih ke kebiasaan aja gitu.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...