7 Cara Memulai Gaya Hidup Sehat Dengan Menyenangkan

by - June 17, 2019

Gaya hidup sehat yang menyenangkan

Saya senang deh karena sekarang gaya hidup sehat di Indonesia sedang sangat berkembang. Saya search Instagram sudah banyak akun yang share menu-menu makanan sehat dan juga rutinitas olahraga yang sering dilakukan. Dan banyak yang keren loh! Saya pun kalau lagi bosan dengan masakan saya dan juga gerakan-gerakan latihan di gym, saya carinya di Instagram kalau nggak ya Youtube.

Menurut saya, gaya hidup yang sehat adalah gaya hidup yang harus seimbang antara kebahagian secara mental dengan kebahagiaan secara fisik. Kalau gaya hidup kita membuat mental kita bahagia tapi tubuh nggak bahagia alias sering sakit-sakitan, berarti gaya hidup kita sudah nggak sehat. Kalau fisik kita sehat dan berat badan juga ideal tapi secara mental kita sering merasa nggak puas dengan makanan yang kita makan, berari gaya hidup kita juga nggak sehat.

Terus kalau pengen punya gaya hidup yang sehat harus mulai dari mana?

1. Banyak minum air putih


Nasehat yang klasik tapi banyak yang nggak melakukan. Banyak loh teman saya yang minum air putihnya sedikiiiiitttt sekali. Padahal jika tubuh terhidrasi dengan baik, tubuh kita bisa berfungsi dengan maksimal, bahkan bisa lebih mengontrol nafsu makan. Kadang kita merasa lapar walaupun baru saja selesai makan 30 menit yang lalu. Tapi bisa jadi itu bukan lapar, melainkan dehidrasi. Jadi sebelum mengunyah, minum lah air putih satu gelas untuk memastikan apakah benar lapar atau hanya dehidrasi.

Oiya, dan jangan malu kalau ke mana-mana bawa tumblr biar kalau jajan nggak perlu beli minum. Antara ngirit dengan gaya hidup sehat memang beda tipis :D

2. Rutin olahraga


Jangan dulu mikir olahraga apa yang paling bagus. Lakukan saja olahraga yang memang kalian suka. Nggak harus nge-gym seperti saya kok. Kalau olahraga yang paling mungkin untuk dilakukan adalah jogging, ya sudah jogging saja. Tapi kalau lebih suka dengan zumba, ya sudah zumba saja. Intensitas olahraganya juga jangan muluk-muluk dulu. Di bulan pertama, minimal 1x olahraga dalam seminggu, kalau bisa 2x itu bagus!

Rutin olahraga, sesuaikan dengan aktifitas

Di bulan berikutnya, naikkan intensitas olahraga. Dari yang 2x dalam seminggu bisa ditingkatkan menjadi 3x seminggu. Atau bisa juga tetap 2x seminggu, tapi misal yang tadinya sekali jogging hanya bisa 5 km, ditingkatkan menjadi 8 atau bahkan 10 km dalam sekali jogging. Buatlah kegiatan olahraga menjadi hal yang challenging agar nggak membosankan.

3. Pilih makanan yang lebih sehat


Definisi makanan sehat bagi setiap orang bisa jadi berbeda ya. Tapi definisi makanan sehat saya adalah makanan dengan nutrisi yang seimbang, ada makro dan mikro nutrisi. Misalnya saja capcay, di dalamnya sudah ada ayam dan telur sebagai sumber protein, ada lemak dari minyak yang digunakan untuk menumis, ada juga vitamin dan mineral dalam sayuran. Agar makro nutrisi lebih lengkap lagi bisa tambahkan nasi putih setengah porsi sebagai sumber karbohidrat atau bisa juga roti gandum.

Menu makanan dengan nutrisi seimbang

Loh nasi putih memangnya sehat?

Semua makanan yang dikonsumsi dalam porsi yang cukup itu sehat. Air putih kalau diglogok sak galon ya kembung. Bukannya sehat malah beser. Kalau kalian anaknya cemen jadi masih malas makan makanan dengan nutrisi seimbang, bisa mulai dari mengurangi konsumsi nasi putih yang tadinya sak wakul menjadi setengah wakul.

Jadi nggak perlu masak sendiri nih?

Makanan paling sehat sudah pasti makanan yang dihasilkan dari dapur rumah kan? Karena kita tahu dengan pasti setiap bumbu yang digunakan dan bagaimana kualitasnya. Takarannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Kalau makan di warung, mau nggak mau ya manut bakul e. Tapi kalau memang belum bisa masak sendiri, selektif saat jajan adalah jalan tengahnya. Be flexible, gaes.

Contoh makan di luar dengan menu nutrisi seimbang

4. Kurangi konsumsi gula


Siapa yang penggila makanan manis? Cung!

Ini saya banget sih. Saya penggemar makanan manis dan percaya deh mengurangi konsumsi gula memang menjadi hal yang paling menyebalkan. Kalau kalian merasa kesusahan, SAMA. Tapi ternyata saya bisa loh! Berarti kalian juga bisa dong yaaaa. Saya ada tips nih untuk mengurangi konsumsi gula: ganti minuman manis dengan air putih, perbanyak konsumsi buah, dan ganti gula putih dengan stevia.

Kalau lagi craving makanan manis, daripada makan cokelat atau roti yang manis lebih baik konsumsi buah karena lebih banyak serat dan juga vitaminnya. Dan untuk stevia, benar-benar jadi holy grail healthy product deh karena rasanya manis banget tapi 0 kalori! Saya biasa pakai stevia dari Tropicana Slim. Kalau mau tahu lebih banyak tentang stevia bisa searching sendiri ya. Jangan manja.

5. Biasakan tetap aktif


Lagi-lagi ini solusi untuk kalian yang cemen, yang belum mau olahraga rutin. Yang biasanya kalian mager buat jalan, please banget nggak usah manja. Kalau memang jarak antara kantor dengan warung makan cuma 1 km, nggak usah naik motor. Jalan kaki saja bisa kok, dan biar lebih nyaman pilih lah sepatu yang nyaman digunakan untuk sehari-hari. Saya pernah tulis beberapa hal yang bisa dilakukan agar kita tetap aktif.

Pakai Converse untuk sehari-hari

6. Hargai diri sendiri


Jika tujuan kalian memulai gaya hidup sehat adalah untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, please banget jangan lupa untuk menghargai diri sendiri. Hargai setiap perubahan yang terjadi. Walaupun mungkin progress penurunan berat badan nggak terlalu cepat, tapi kalau kalian sudah bisa makan dengan nutrisi yang lebih seimbang, hargailah karena itu pun juga merupakan progress yang baik.

Di awal saya sudah jelaskan bahwa gaya hidup yang sehat adalah gaya hidup yang seimbang, bahagia secara fisik dan juga mental. Menghargai diri sendiri adalah salah satu cara untuk menyehatkan mental kita.

7. Nggak perlu dengarkan omongan negatif


Di setiap perubahan akan selalu ada orang yang ngecengin: UDAAAAHHH.. MAKAN GEPREKAN AJA DARIPADA MAKAN HAMBAR BEGITU. Kalau sudah ada teman yang bilang begitu, saran saya jauhin aja sih. Masih banyak teman yang omongannya lebih berfaedah.

Semangat hidup sehat, kawan! Semoga 7 cara dari saya ini bisa lebih membantu :)

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

You May Also Like

0 komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...