Double Cleansing Routine: Biore Cleansing Oil dan Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

by - April 29, 2019

Biore Cleansing Oil dan Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser
Biore Cleansing Oil dan Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser


Buat apa sehat kalau raimu itu reged seperti otakmu?

Mau secapek apapun dan semalam apapun saya pulang ke rumah, saya nggak pernah skip dari ritual double cleansing. First cleanser dan second cleanser adalah hal yang wajib. Jijique sekali kalau tidur dengan kondisi wajah masih kotor. Belum lagi nanti kotoran di wajah juga nemplek di bantal. Membayangkannya saja sudah iyyyyyuuuh..


Buat kalian yang masih tergolong baru di dunia kecantikan, saya jelasin dulu deh apa itu double cleansing. Bisa apa sih kalian tanpa Dek Mon?

Double cleansing adalah metode membersihkan wajah dengan 2 tahap, yaitu menggunakan first cleanser (oil-based cleanser) dan second cleanser (water-based cleanser). Contoh first cleanser adalah cleansing oil, milk cleanser, cleansing balm, dan juga micellar water. Sedangkan second cleanser adalah facial foam atau facial wash. Untuk saat ini, double cleansing routine saya adalah Biore Cleansing Oil dan Cosrx Salicylic Acid Gentle Cleanser. Untuk penjelasan produknya, akan saya jelaskan nanti. Sabar.

Biore Cleansing Oil dan Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser
First dan second cleanser


Lalu kenapa kita harus repot-repot melakukan double cleansing? Jawabannya sederhana: agar kulit wajah kita bersih secara menyeluruh.

Setelah membersihkan wajah, biasanya kita pakai skincare kan? Nah, kalau kita memakai skincare dengan kondisi kulit yang kurang bersih atau masih ada makeup yang nempel di pori-pori, jelas saja skincare kita nggak akan bisa meresap ke dalam kulit. Terhalang begitu loh, seperti asmara kalian yang terhalang restu orang tua.

Intinya mau sebagus atau semahal apapun skincare kalian, kalau kalian nggak membersihkan wajah dengan benar ya percuma. Skincare mahal kalian yang ada kandungan emas 24 karat-nya pun nggak akan bisa meresap dengan baik ke kulit. Muspro (terbuang percuma) kan duitnya?

Biore Cleansing Oil (First Cleanser)


Oil-based cleanser sebagai first cleanser digunakan untuk membersihkan makeup, minyak di wajah, sisa sunscreen yang (mungkin) mengendap di pori-pori, dan kotoran lainnya yang tidak bisa hilang jika dibersihkan hanya menggunakan air. Tahu kan kalau minyak nggak akan bisa bersatu dengan air? Jadi ya untuk membersihkan minyak di wajah lebih baik menggunakan pembersih yang oil-based. Minyak dilawan menggunakan minyak. Sedangkan water-based cleanser digunakan untuk memastikan semuanya telah bersih.

First cleanser saya yang dari dulu nggak pernah ganti adalah Biore Cleansing Oil karena harganya paling affordable di antara cleansing oil lainnya. Ngirit, Beb. Tapi, kalau pergi ke luar kota saya lebih memilih pakai micellar water sih karena lebih praktis. Kalau untuk sehari-hari sih saya sudah nggak pakai micellar water lagi karena memang meminimalkan penggunaan kapas agar kulit nggak keseringan digosok-gosok.

Baca juga: Review: Garnier Micellar Oil, Bisakah Membersihkan Makeup yang Tebal?

Biore Cleansing Oil
First cleanser - Biore Cleansing Oil

Pemakaiannya gampang banget. Cukup pakai 2-3 pump, kemudian pijat lembut ke seluruh wajah sampai seluruh kotoran dan makeup terasa melting. Selanjutnya tinggal dibasuh saja menggunakan air. Ingat, pakai air BUKAN pakai kapas. Walaupun oil-based, cleansing oil tetap akan hilang ketika dibasuh menggunakan air. Takut nggak bersih? Tenang saja, toh masih ada second cleanser. Yang perlu dikhawatirkan adalah tabungan yang berdebu karena sudah lama nggak diisi.

Saya sudah pernah review Biore Cleansing Oil secara lengkap ya. Bisa dibaca-baca kembali kalau masih ragu untuk mencobanya.

Walaupun sudah menggunakan cleansing oil, biasanya saya tetap pakai eye&lips makeup remover untuk menghapus maskara yang waterproof. Kalau saya hapus menggunakan cleansing oil biasanya agak perih begidu karena oil-nya ikut masuk ke mata, hahaha.

Pertanyaan yang paling sering saya dapat tentang first cleanser adalah: kalau nggak pakai makeup, hanya sunscreen saja apakah harus pakai first cleanser juga?

YAP! Harus. Karena sunscreen memiliki kandungan aktif titanium dioxide dan zinc oxide yang menempel di kulit dan susah hilang. Walaupun katanya bisa hilang asalkan pembersih wajahnya memiliki kandungan surfaktan (terkandung dalam second cleanser juga), tapi saya memilih untuk tetap pakai first cleanser untuk memastikan kulit benar-benar sudah bersih.

Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser (Second Cleanser)


Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser
Second Cleanser - Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

Second cleanser yang saya gunakan selama 2 bulan terakhir adalah Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser. Sebenarnya sudah sejak lama saya penasaran dengan produk ini karena banyak yang bilang bagus dan cocot untuk kulit yang acne prone. Akhirnya kesampaian beli karena diskon di Sociolla. Modis, gaes.

Kemasan

Cosrx Salicylic Acid Daily Cleanser dikemas dalam tube dengan tutup fliptop dan memiliki desain kemasan yang sederhana khas Cosrx. Walaupun berwarna putih tapi nggak mudah kotor karena permukaannya yang dove. Sayangnya hanya disediakan dengan 1 ukuran saja dan ukurannya buesar dan menurut saya cukup memakan tempat jika dibawah travelling, harus dipindah ke botol kecil khusus travelling.

Aroma dan Tekstur

Karena mengandung tea tree, si Cosrx ini memiliki aroma tea tree yang menurut saya nggak sekuat aroma varian tea tree dari The Body Shop. Nggak terlalu mengganggu, justru saya lumayan suka dengan aroma tea tree karena kan mirip-mirip aroma obat ya. Jadi berasa jerawatnya beneran diobati kalau pakai produk tersebut, hahahaha.

Baca juga: Review: The Body Shop Tea Tree Toner

Yang saya suka dari Cosrx Salicylic Acid ini adalah teksturnya yang terasa lembut di kulit. Walaupun tidak menghasilkan busa yang melimpah, tapi tetap terasa nyaman digunakan untuk membersihkan wajah. Tipe busanya bukan yang mumpluk begitu loh, tipe yang seperti foam tapi nggak semengembang foam. Ah, semoga kalian paham maksud saya. Mon maaf nggak ada fotonya karena kelalen (terlupa), gaes. Dan setelah ingat, malas buat ambil foto :(

Ingredients


Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser
Ingredients - Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

Produk ini memiliki kandungan aktif Salicylic Acid sebesar 0,5%. Dan sepertinya sudah menjadi rahasia umum jika Salicylic Acid adalah musuh dari jerawat dan mampu mengurangi minyak di wajah. Tapi sayangnya, biasanya membuat kulit menjadi kering karena memang bekerja dengan cara mengekfoliasi kulit.

Awal-awal pakai sih agak takut juga, takut kulit menjadi terlalu tereksfoliasi. Jadi di awal pemakaian (1 minggu pertama) saya pakai sebagai second cleanser di malam hari (tetap lanjut eksfoliator toner). Ternyata kulit saya bae-bae saja, nggak ada rasa perih atau rasa negatif lainnya seperti rasa rindu yang tak berbalas.

Selanjutnya di minggu kedua, saya coba untuk pemakaian pagi dan malam (tetap lanjut eksfoliator toner). Selama sekitar 4 hari, kulit masih bae-bae saja. Nah, di hari ke-5 kulit saya mulai sedikit perih di beberapa bagian saat memakai eksfoliator toner. Saya langsung mikir: wah, over eksfoliasi nih. Akhirnya saya memutuskan untuk skip eksfoliator toner di pagi hari. Hasilnya, kulit nggak terasa perih lagi.

Setelah satu bulan pemakaian, saya mulai memberanikan diri untuk pakai eksfoliator toner lagi di pagi hari (setelah cuci muka). Dan hingga sekarang saya nggak merasakan ada rasa perih seperti dulu lagi. Pesan moral: pakailah acid-acidan secara bertahap walaupun "hanya" facial wash, jangan kemaruk Bebqu.

Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser
cosdna - Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

Dari data yang ada di cosdna, ternyata produk ini memiliki paling tidak 4 kandungan yang memiliki potensi menimbulkan jerawat, yaitu Myristic Acid, Stearic Acid, Lauric Acid, dan Butylene Glycol. Tapi 4 kandungan tersebut nggak jadi masalah di kulit saya. Al-is-wel. Tetap tergantung kulit masing-masing ya, yang di saya cocot belum tentu di kalian juga cocok.

Hasil yang Dirasakan

Setelah pemakaian selama sekitar 2 bulan, saya merasa kulit saya menjadi lebih bersih setelah cuci muka dan jadi jarang jerawatan juga. Tapi sayangnya produk ini membuat kulit saya sedikit ketarik sehabis cuci muka. Menurut saya sih produk ini nggak akan cocok untuk kulit yang kering ya, karena sebaiknya untuk kulit kering memang memakai facial wash yang melembabkan.

Yang membuat saya puas, produk ini ampuh untuk mengeringkan jerawat kecil yang sudah nongol matanya. Jerawat bisa langsung kering dan copot matanya, hahaha. Satisfying banget lah.

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.co

You May Also Like

6 komentar

  1. Mantap ka. Aku juga berusaha bersihin wajah sebaik mungkin. Biasnya aku pake milk cleanser, micellar water, terus face wash. Soal cleansing oil, apa semua minyak bisa digunakan buat cleansing ka? Aku liat vlogger tasya farasha dan alifah ratu pake minyak zaitun soalnya. Aku juga punya grapeseed oil dan soya oil yg biasanya aku campur lotionku dan amazing bgt hasilnya. Tapi belum pernah aku pake ke muka. Makasih ka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahuku nggak semua minyak bisa untuk cleansing karena ada beberapa minyak yang malah menyumbat pori-pori seperti olive oil dan coconut oil. Dan juga untuk membersihkan wajah perlu yang ada kandungan surfaktannya

      Delete
  2. Kalo baca postingan kayak gini jadi inget jaman jahiliyah mikir pake make-up remover aja udah cukup dan langsung tidur :")

    ReplyDelete
  3. wah hebat kak. postnya detail banget dan support banget kk bisa ngelakuin rutinitas ini. Aku sendiri kadang setelah pakai mincellar langsung tidur wkwkwk

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...