Tips Membuat Salad yang Lezat, Resep Salad Telur Tuna

by - March 21, 2019

tips membuat salad yang lezat
Salad telur tuna, sehat dan lezat

"Nggak semua salad itu sehat"

Bagi saya, semua bahan makanan yang ada di dunia ini sehat. Yang membuat nggak sehat adalah cara mengolah dan mengkonsumsinya. Telur itu sehat, sumber protein. Tapi kalau digorengnya pakai minyak jelantah ya jadi nggak sehat. Telur rebus itu sehat, tapi kalau makan 10 butir langsung ya perut kalian bisa ((mbledhos)). Sama seperti salad, walaupun "salad" terlihat sehat karena didominasi sayur atau buah, tapi belum tentu sehat.


Di tulisan kali ini saya mau share tips membuat salad. Dan tentu saja saya juga akan bagi resep salad telur tuna yang nggak hanya sehat, tapi juga lezat. Tapi sebelum itu, kita ngobrol dulu tentang apa sih yang membuat salad yang harusnya sehat menjadi nggak sehat?

Apa yang membuat salad menjadi nggak sehat?

Biasanya ada 2 kesalahan besar ketika kita membuat atau makan salad.

1. Dressing

Sebagian besar salad yang dijual di pasaran disajikan dengan mayonnise yang buanyak banget, semacam jadi kebalik, mayonnise dengan dressing buah atau sayur, ehehehe. Paling parah salad buah sih, dressing-nya susu kental manis, keju parut, dan biasanya masih ditambah lagi dengan mayonnise. Buah itu sudah mengandung gula alami, jadi sebenarnya nggak perlu lagi tambahan pemanis seperti susu kental manis. Hanya saja mungkin masyarakat di Indonesia banyak yang ngebet diabetes.

Misal kalian ((sambat)), "Aku tu padahal makannya juga cuma salad, tapi tetep aja gendut!" Makan sih salad, tapi dressing-mu itu loh, ndez.

Susu kental manis, keju parut, dan mayonnise memiliki kalori yang tinggi loh. Jadi ya nggak heran kalau BB nggak turun walaupun setiap hari makan salad. Merasa kalori defisit karena sudah makan sedikit, ternyata malah kalori surplus. Sudah cukup lah merasa dicinta, walaupun ternyata nggak.

Baca juga: Ketika Defisit Kalori Menjadi Sebuah Obsesi, How to Deal?

TIPS:

Dressing menggunakan mayonnise itu masih boleh kok, tapi dengan PORSI YANG TERKONTROL. Saya biasanya hanya menggunakan setengah sendok makan mayonnise untuk dressing salad. Kalau sudah terbiasa dengan makanan yang rasanya "netral", setengah sendok makan mayonnise sudah cukup buat rasa-rasa kok.

tips membuat salad yang lezat

Pernah ada yang menyarankan saya untuk dressing menggunakan olive oil, tapi saya nggak pernah suka rasa olive oil sih. Jadi ya, saya nggak mau :D

2. Minim protein

Tubuh kita membutuhkan makro dan mikro nutrisi. Makro nutrisi terdiri dari karbohidrat, protein, dan juga lemak. Bayangkan saja kalian hanya makan salad sayur atau buah, kebutuhan proteinnya terpenuhi dari mana? Protein nggak datang dari khayangan seperti saya. Buat kalian yang masih menerapkan "makan malamnya buah saja", sudah yakin kebutuhan proteinnya terpenuhi dari sarapan dan makan siang?

Baca juga: Tips Cepat Kurus! Nggak Usah Makan Malam (?)

TIPS:

Tambahkan salad kalian dengan sumber protein seperti kacang merah, udang, telur, atau ayam agar makro dan mikro nutrisi terpenuhi dan tentu saja akan menjadi lebih kenyang. Kalau kenyang diet pun nggak bakal menyiksa. Yang membuat diet itu menyiksa ya diri kalian sendiri, ndez.

tips membuat salad yang lezat

Ada kalanya saya hampir setiap hari makan salad. Selera makan saya memang musiman begitu loh. Kalau lagi pengen brokoli ya bisa jadi dalam 3 hari makan brokoli terus. Kalau lagi pengen makan salad ya bisa jadi dalam 3 hari makan salad terus, hahahahaha. Saya jarang bosan dengan salad sih, soalnya ya enak aja, berasa seger di mulut. Saya malah sering menjadikan salad sebagai camilan, bukan makan besar. Terbayang nggak sebanyak apa saya makan? :)

Resep Salad Telur Tuna


Nama resepnya kok setelah saya pikir-pikir, ambigu ya. Apakah tuna punya telur? Atau telur tambah tuna? Atau bagaimana? Jadi yang saya maksud dengan telur tuna itu ya telur tambah tuna, gaes. Mon maap malas ngedit foto resep. Nyadar ambigunya setelah editan foto sudah jadi. Jadi yawis.

Bahan-bahan yang dibutuhkan sudah saya cantumkan pada foto di bawah ini ya. Bahan-bahan salad-nya bisa disesuaikan dengan selera kalian. Siapa tahu kalian ogah sama sayuran tertentu dan itu termasuk dalam daftar bahan salad di resep ini.

resep salad telur tuna

Cara membuat telur tuna:

1. Kocok 2 butir telur utuh, tambahkan sejumput garam dan bawah putih cincang. Biasanya masih saya tambahkan bawang bombay sih biar makin sip.

2. Campurkan tuna ke dalam telur yang sudah dikocok. Biasanya sih daging tuna kalengan tu besar-besar ya. Jadi sebelum saya masukkan ke dalam telur, tunanya saya haluskan dulu pakai garpu. Btw, bagi yang suka pedas, enak juga kalau mau ditambahkan potongan cabai. Agar pedas seperti lambe saya.

3. Panaskan teflon dan tuangkan sedikit minyak, lalu tinggal didadar dengan cara digulung begitu. Jadi bentuknya bakal memanjang dan terlihat tebal.

Cara menyiapkan salad:

1. Potong-potong semua bahan, kecuali mayonnise karena memang nggak bisa dipotong. Saya suka banget mengombinasikan antara sayur dengan buah karena bakal terasa lebih segar dan ada manis asamnya seperti hidup ini. Selain itu juga bisa membuat salad terlihat lebih ((meriah)), jadi makin semangat makan begitu loh.

2. Tambahkan setengah sendok makan mayonnise. Mayonnise-nya bisa pakai apa saja, suka-suka kalian lah. Sak bahagiamu.

TIPS:
- Kombinasikan sayur dengan warna yang berbeda karena sayur dengan warna yang berbeda mengandung mikro nutrisi yang berbeda pula. Selain itu juga bisa membuat salad terlihat lebih enak.
- Kombinasikan sayur dengan buah untuk memperkaya rasa.

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

You May Also Like

4 komentar

  1. Salad tuh makanan yg seger wkwkw. Jadi pengen bikin mbak setelah loat postingan ini

    ReplyDelete
  2. Mbak bisa coba tambah balsamic vinegar kalau gak suka olive oil doang, bisa tambah gula, wasabi, atau soy sauce kalau mau rasanya yang lebih mantul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh aku belum pernah coba balsamic vinegar. Bayanganku kok nanti ada rasa geliganya, wokwokwok.

      Aku pernah coba dressing yang campur2 begitu, tapi tetep aja balik ke dressing yang simple karena alasan kemalasan :))

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...