Cara Mengecilkan Perut: Spot Reduction, Everything You Need to Know

by - March 25, 2019

cara mengecilkan perut
Everything you nedd to know about spot reduction

"Kak, aku cuma pengen ngecilin paha. Caranya gimana?"

Setiap orang memiliki karakter tubuh yang berbeda. Karena itu wajar saja kalau ada yang menimbun lemak hanya di area tertentu. Ada yang besar di bagian lengan, tapi perutnya rata. Ada juga yang lengannya kecil, tapi pahanya besar. Kalau dilihat mungkin jadi kurang seimbang. Jadi ya menurut saya wajar saja sih jika menginginkan hanya bagian tubuh tersebut yang mengecil. Dengan harapan bisa terlihat lebih proporsinal, nggak ((jonjing)) seperti otak kalian.

"Jadi, Kak gimana cara ngecilin paha aku yang seperti debog gedhang ini?"

Sebentar ta. Saya mau cerita dulu.

Kalau ditanya bagian tubuh mana yang pengen banget saya ubah, saya bakal jawab bahwa saya pengen banget mengecilkan perut saya yang masih penuh lemak ini menjadi lebih rata. Dibandingkan dengan bagian tubuh lain, menurut saya lemak bagian perut saya adalah lemak yang paling susah hilangnya. Walaupun kaki sudah ramping, lengan sudah ada tone-nya (walaupun hanya seiprit), tapi perut belum rata juga.

Faktanya, tipe tubuh seperti saya ini memang banyak menyimpan lemak di bagian perut. Tipe tubuh saya kombinasi mesomorph dan endomorph. Sedih? Ya tidak juga, tinggal berusaha lebih keras lagi untuk membentuk tubuh. Caranya bagaimana? Apakah dengan ikutan "abs challenge 30 days", sit up setiap hari? Eits, nggak segampang itu.

Baca juga: 3 Tipe Badan yang Perlu Kalian Tahu

Pernah kan melihat tutorial abs exercise di banyak social media? Mulai dari sit up, crunches, plank, dll. Bahkan ada juga "abs challenge 30 days". Judulnya sih "How to get abs". Mungkin kalian pernah ikutan, saya pun pernah. Nah, mengecilkan bagian tubuh tertentu dengan menargetkan latihan pada bagian tubuh tersebut dinamakan spot reduction.


Spot reduction, mitos atau fakta?

Sebelumnya mon maap buat kalian yang lagi "abs challenge 30 days" dan mungkin baru jalan 3 hari atau bahkan 1 hari, saya harus membuat impian kalian kandas.

Banyak hasil riset membuktikan bahwa spot reduction terbukti tidak terlalu efektif untuk mengecilkan atau mengurangi lemak pada bagian tubuh tertentu. Salah satu penelitian yang membuktikan hal tersebut adalah penelitian di bawah ini, penelitian tentang seberapa efektif kah latihan yang fokus ke perut dalam mengurangi lemak di perut. Bener nggak sih kalau sit up setiap hari bisa membuat perut menjadi rata?

Sumber: www.journals.lww.com

Subyek penelitian tersebut terdiri dari 2 kelompok. Kelompok yang pertama (AG) mengikuti prosedur abs exercise selama penelitian berlangsung. Sedangkan kelompok yang kedua (CG) tidak mengikuti prosedur tersebut, hanya menjalankan pola makan serta aktifitas sehari-hari seperti biasanya.


Hasilnya?

Kekuatan otot perut dari kelompok pertama (AG) terbukti meningkat pesat dibandingkan dengan kelompok yang kedua (CG). Sedangkan lemak pada bagian perut (pada AG dan CG) sama-sama tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Yap! Ternyata perut yang rata tidak bisa didapatkan HANYA dengan latihan perut setiap hari. Bahkan ya nggak ada bedanya dengan yang nggak latihan perut. Saya pribadi jarang latihan perut, HA-HA. Baru satu atau dua bulan ini saya mulai rutin latihan perut, itu pun biar saya bisa lebih kuat deadlift dan squad.


Hal ini nggak hanya berlaku untuk area perut, tapi berlaku juga untuk bagian tubuh lainnya. Nggak efektif sama sekali kalau ingin mengecilkan lengan dan kalian hanya latihan lengan setiap hari di gym. Kecil nggak, pegel iya.  Kalau mau kalian bisa baca-baca penelitian lainnya di sini. Semoga mudeng #eh

Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang sesuai dengan keinginan kalian, cara yang paling efektif adalah mengatur pola makan dan pola latihan dengan baik. Diingat lagi, dasar dari semua metode diet adalah KALORI. Kalau mau fat loss ya kalori defisit, kalau mau naikin berat badan ya kalori surplus. Perkara nanti bagian tubuh mana yang akan mengecil duluan, kita nggak bisa mengontrolnya 100%. Selama kita makan makanan sehat dengan gizi seimbang dan rutin olahraga, GOOD. Lanjutkan.

Baca juga: Pahami TDEE Demi Mendapatkan Bentuk Tubuh Impian

Karena saat ingin fat loss kita nggak bisa memilih bagian tubuh mana yang akan mengecil duluan, saya lebih memilih olahraga angkat beban. Jadi kalaupuan paha saya mengecil duluan, paha saya nggak akan terlihat seperti ((koyoran)). Semua ada strateginya, nggak hanya waton.

Ribet ya?

Yap, ribet. Karena ribet, saya sarankan mulai lah secara perlahan. Dimulai dengan membiasakan kebiasaan yang baik. Misalnya masih malas olahraga ya usahakan bagaimana pun cara biar tubuh bergerak, biar tubuh terbiasa aktif.

Baca juga: Malas Olahraga? Ada 7 Cara Alternatif Agar Tetap Aktif

Kesimpulan

Jika ingin mengecilkan bagian tubuh tertentu, kita HARUS mengurangi body fat secara keseluruhan dengan cara olahraga dan juga mengatur pola makan. Perkara nanti mana yang mengecil duluan yaaaaa.. tergantung tubuh kita. Tapi kalau ingin mengencangkan, kalian bisa coba latihan beban untuk melatih otot.

Cara ngecilin paha? DEFISIT KALORI.
Cara ngecilin lengan? DEFISIT KALORI.
Cara ngecili perut? DEFISIT KALORI.
Cara ngecilin otak? Loh, sudah kecil kan?

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

You May Also Like

0 komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...