Review: Maybelline Fit Me Loose Finishing Powder, My Favorite Powder!

by - January 30, 2019

Powder yang menjadi favorit saya di tahun 2018 adalah Maybelline Fit Me Loose Finishing Powder, bahkan sampai sekarang. Waktu itu gara-gara saya nonton salah satu beauty vlogger di Youtube, kalau nggak salah saya nonton Mbak Nikkia Joy. Dia bilang si Maybelline ini dupe-nya powder dari Channel. Berhubung Mbak Nikkia ini panutan Dek Mon karena jenis kulitnya mirip-mirip, saya jadi kepingin beli Maybelline Fit Me Loose Finishing Powder. Ditambah lagi saya kan suka banget sama Maybelline Fit Me yang bentuk padat itu.

Saya jelasin dulu apa bedanya loose powder atau bedak tabur dengan finishing powder. Biar kalian nggak terlalu ngah ngoh. Diberi nama "finishing" karena fungsinya adalah untuk memberikan extra perfect look. Intinya bisa bikin complexion kita jadi lebih sempurna dan terlihat lebih halus. Tapi hubungan kalian dengan mantan nggak bisa sempurna seperti dulu lagi ya, Gaes.

review maybelline fit me loose finishing powder
Maybelline Fit Me Loose Finishing Powder



1. Kemasan


Menurut saya kemasan dari Maybelline Fit Me Loose Finishing Powder ini unik! Selain bentuknya yang kotak (biasanya kan kalau powder kemasannya bulet), si Fit Me ini nggak disertai dengan sponge. Sama kayak Marcks, tanpa sponge. Saya sempet bela-belain balik ke toko dan tanya BA-nya, "Mbak, kok nggak ada sponge-nya?"

Tapi saya paham kok kenapa tanpa sponge. Saya pernah coba mengaplikasikan si Fit Me ini pakai beauty sponge-nya si Fanbo, hasilnya? Pertama saya coba aplikasikan saat sponge lembab, powder-nya TERSERAP ke sponge. Kedua saya coba pakai sponge kering, ternyata sama saja. Lalu saya beralih ke beauty sponge dari Real Techniques. Hasilnya sama, powder tetap terserap ke sponge.

Saya tidak menyerah. Saya beralih ke sponge biasa yang gepeng khusus bedak tabur itu. Hasilnya? powder tetap terserap ke sponge.

Sumber: www.ktawa.com

Akhirnya saya menyerah dan saya pun pakai flat top brush untuk mengaplikasikan si Fit Me ini. Btw, saya nggak terlalu suka pakai round powder brush untuk mengaplikasikan bedak tabur dan sejenisnya karena hasilnya terlalu ringan. Saya kan suka yang meblok-meblok. Nah setelah saya pakai flat top brush, hasilnya baguuuussss.. Pembahasan ini akan saya lanjut nanti ya di bagian tekstur, huehehehe.

Flat top yang saya pakai merk Ken, yang saya lingkari putih pada foto di bawah ini. Beli di toko Mutiara Jogja. Saya rasa semua flat top brush asalkan lembut dan nyaman ya oke-oke saja.

review maybelline fit me loose finishing powder
Flat top brush yang digunakan

Saat dinas ke luar kota, saya tu males banget bawa si Fit Me ini karena kotaknya gedaaayyy. Tapi aku cinta. Jadi ya tetap kubawa. Saya orangnya males mindah-mindah ke kemasan lain yaaa.. Tutupnya juga bentuk ulir kok, jadi nggak bakal tiba-tiba kebuka sendiri. Masih oke deh dibawa ke mana-mana walaupun memakan tempat.

Yang saya suka dari kemasannya adalah materialnya yang kokoh dan nggak gampang tergores. Nggak seperti harga diri netijen, kegores sedikit langsung maraaaaahhhhh.. marrrraaaahhhh!

Sumber: www.kaskus.co.id

Btw, tidak tersedianya sponge di dalam kemasan membuat isinya gampang ke mana-mana karena jadi nggak ada penahan filter yang bolong-bolong itu. Jadi harus hati-hati kalau mau buka, apalagi kalau habis njungkir njempalik. Kalau saya sih biasanya tetap sematin sponge dari bedak yang lain.

review maybelline fit me loose finishing powder
Bagian filter pada kemasan Maybelline Fit Me Loose Finishing Powder


2. Shade


Maybelline Fit Me Loose Finishing Powder tersedia dalam 4 warna, yaitu fair light, light, light medium, dan medium. Saya pakai yang medium, warna yang paling gelap. Yang sangat disayangkan adalah si medium ini neutral undertone, sedangkan kulit saya yellow undertone. Warna coklatnya sih pas banget di kulit saya, hanya saja kurang kuning.

Shade model begini rawan banget oksidasi di kulit saya, kalau nggak jadi keabuan ya jadi kecoklatan gosong dekil begitu. Elek lah pokokke. Tapiiiii.. si medium ini nggak loh! Setelah saya pakai lama dari pagi hingga sore beneran nggak bikin muka abu-abu maupun gosong dekil. Nah untuk mengakali warnanya yang kurang "warm", saya biasanya pakai blush on dengan warna orange atau peach. Lumayan lah bikin efek kulit terlihat warm undertone.


review maybelline fit me loose finishing powder
Shade "medium" Maybelline Fit Me Loose Finishing Powder

3. Tekstur


Ini yang bikin saya jatuh cinta! Teksturnya haluuuuussssss banget mirip bedak taburnya Mineral Botanica, bahkan lebih halus dan beneran nyatu dengan kulit. Saking halusnya jadi ada efek blury pori-pori. Cocok buat sobat lenjeh yang hobi foto. Kayaknya sih tekstur yang halus ini yang bikin si Fit Me ini lebih cocot apabila diaplikasikan menggunakan brush karena kalau menggunakan sponge yang memiliki pori-pori jadinya ya hanya habis terserap begitu.

Saya kan punya banyak milia di area mata ya. Biasanya kalau pakai powder membuat milia saya makin terlihat jelas karena memberi efek ((dempul)). Ketika saya pakai si Fit Me ini, milia saya nggak makin terlihat jelas. Sama kayak jodoh saya di awal tahun 2019 ini, nggak makin jelas. Happy!! Mmmm.. bukan happy karena jodoh nggak makin jelas, tapi happy karena nggak bikin milia saya makin kelihatan.

4. Coverage dan Hasil Akhir


Yang namanya powder sih ya, apa yang diharapkan dari coverage-nya? Apalagi finishing powder. Kembali lagi ke fungsinya, yaitu memberikan extra perfect look, complexion yang lebih sempurna. Bukan extra coverage. Oke, ketika wajah terlihat tanpa noda akan menambah sempurna complexion. Tapi poinnya adalah memberikan extra coverage BUKAN tugas dari finishing powder. Jadi ya coverage si Fit Me ini seperti powder pada umumnya, yaitu light coverage dan saya nggak ada masalah akan hal itu.

review maybelline fit me loose finishing powder
Sebelum memakai Maybelline Fit Me Loose Finishing Powder

Seperti yang dapat dilihat pada foto di bawah, hasil akhirnya nggak dead matte. Terlihat menyatu dengan kulit dan memberikan efek healthy skin. Meskipun light coverage, si Fit Me ini mampu membuat warna kulit saya terlihat lebih merata tanpa terlihat abu-abu di area yang lebih gelap. Kan ada tuh powder yang jika diaplikasikan di bagian bawah mata yang kulitnya lebih gelap justru membuat bagian tersebut terlihat abu-abu.

review maybelline fit me loose finishing powder
Setelah memakai Fit Me Maybelline Loose Finishing Powder

5. Oil Control


Karena si Fit Me ini adalah finishing powder, terkadang saya memakainya setelah pakai bedak tabur. Sering-seringnya sih saya pakai Pond's BB Magic Powder karena nampol banget kalau dipakai barengan sama si Fit Me ini. Oil control-nya jadi meningkat. Tapi untuk review kali ini saya bakal ngomongin kemampuan oil control-nya ketika dipakai sendirian ya, tanpa bedak tabur sebelumnya.

Powder dengan tekstur yang halus biasanya memiliki kelemahan, yaitu nggak tahan di kulit berminyak. Partikelnya yang halus membuat powder menjadi tidak bisa melekat dengan baik saat kulit mulai berminyak. Nggak tahu kenapa tapi memang biasanya begitu. Tapi si Fit Me ini bedaaaaa.. BEDA. Walaupun teksturnya sangat halus dan hasil akhirnya nggak dead matte, ketika kulit saya mulai berminyak, justru kulit saya terlihat terlihat glowy sehat.

Luv!

Kesimpulan

(+) Kemasan kokoh dan memiliki tutup ulir
(+) Memiliki tekstur yang sangat halus
(+) Memiliki oil control yang bagus
(+) Memberikan efek blurry pore

(-) Kemasan bulky
(-) Range warna yang disediakan kurang luas

Produk: Maybelline Fit Me Loose Finishing Powder
Harga: sekitar Rp175.000,00

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

You May Also Like

6 komentar

  1. Loose powder-nya beneran menyatu dengan warna kulit, my skin but better. Thanks untuk rekomendasinya, mbak Mon.

    ReplyDelete
  2. Harganya mayan juga ya mbak untuk finishing powder ini 😂😂 tapi hasilnya oke juga setelah di apply

    ReplyDelete
  3. Okay first, IH SAMA MBAK, AKU JUGA APPLY BEDAK PAKE FLAT TOP BRUSH, GA SUKA ROUND BRUSH!

    Btw mbaknya Jogja based ta?? Semua manusia Jogja pecinta mekap dan skinker pasti belanja di Mutiara deh ahahahaha ;D Aku udah lama kepengen banget punya bedak ini, dan baru tahu ternyata beda finishing powder sama loose powder. Kebetulan aku juga pake Pond's BB Magic powder jadi mau nyobain kombinasinya deh. Semoga ga jadi kering di mukaku hihi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Round brush cuma kupakai buat blush on sama bronzer :D

      He'eh Jogja, tapi kalau belanja lenjehan ku prefer ke Mirota Kampus karena lebih banyak diskon dan BA-nya lebih ramah :))

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...