Malas Olahraga? Ada 7 Cara Alternatif Agar Tetap Aktif

by - December 27, 2018

Hi, sobat pemalasku! Udah mau tahun 2019 nih! Apakah rajin olahraga adalah salah satu resolusi kalian? Atau malah kalian masih ingin menjadi anggota komunitas malas gerak, yang bahkan kalau pengen cawik saja harus orang lain yang nyawiki?

7 cara alternatif agar tetap aktif meskipun malas olah raga
Koyo cah cilik ya :))


Kalau saya share bekal makanan saya di IG story, pasti ada saja yang tsurhat: Kak, aku pengen bawa bekal kayak Kakak, tapi malas masak.

Ya, sudah. Makan saja kemalasanmu, Dek.

Malas masak, tapi kalau jajan di luar terus harganya mahal, sambat (mengeluh). Sudah malas, tukang sambat pula. Eh, ternyata juga misquine.

Setiap orang sudah pasti punya kesibukan masing-masing. Toh saya juga bukan crazy rich Besok Siang yang kalau be'ol keluar uang, tetap saja keluarnya tai. Tapi saya selalu menyempatkan diri untuk olahraga, bahkan saat saya dinas keluar kota sekali pun. Karena bagi saya, olahraga adalah Me Time :)

Menurut saya, olah raga sudah seharusnya dijadikan sebuah kebiasaan karena manfaatnya banyak banget. Ya minimal 2 kali dalam seminggu lah. Olahraga apa saja boleh! Jogging, zumba, angkat beban, sak bahagiamu! Bagi yang suka jogging, saya sudah pernah tulis 7 cara agar kalian bisa makin enjoy jogging.

Tapi..

Memulai kebiasaan yang baik itu susah bukan? Ngatur diri sendiri saja masih susah, sudah berani bilang Presiden nggak bisa ngatur rakyatnya #eh.

Sebelum mulai membiasakan diri untuk olahraga, jadilah aktif di keseharian kalian dulu. Banyak cara kok biar tetap aktif!

7 cara alternatif agar tetap aktif


1. Biasakan stretching


Seharian duduk di kantor atau ndengerin dosen ngajar, badan ada di satu posisi yang sama dalam kurun waktu yang lama. Pegel nggak tuh? Badan jadi kaku nggak tuh? Kalau badan pegel dan kaku, mau gerak juga males kan? Biar pegelnya hilang dan badan nggak kaget setelah ada di satu posisi yang sama langsung disuruh jalan, coba deh lakukan stretching atau peregangan! Kalau kata orang Jawa: ngulet-ngulet sek!

Biar apa? Ya biar otot yang tadinya tegang jadi lemesh, shay. Kalau ototnya lemes, kan enak tuh badannya kalau mau diajak jalan ke mana gitu. Cuma ada satu yang kalau kaku itu enak, tapi.. Ah, sudahlah. Tidak perlu dibahas di blog ini. Di blog sebelah saja ya.

2. Biasakan jalan kaki dan bergerak


Saya termasuk orang yang sering mondar-mandir di kantor karena sering banget ngisi gelas minum. Jadi memang sengaja nggak sedia botol minum untuk isi ulang di meja kerja. Ya biar kalau habis, saya langsung jalan ke dapur kantor. Walaupun saya orang kantoran, saya berusaha membiasakan diri untuk bergerak, pakai kaki buat jalan. Wong saya bukan suster ngesot, ya kakinya dipakai.

Kalian lebih milih mager dibandingkan isi ulang gelas minum?

Wah, inget-inget tuh ginjal cuma dua. Di Superindo nggak ada.

Terus kalau mau pergi ke suatu tempat yang jaraknya dekat, ya di bawah 1 km deh, mending jalan kaki saja. Cuaca panas? Tenang, ada sunscreen kok, bisa coba Emina Sun Protection :))

3. Biasakan pilih tangga atau eskalator dibandingkan dengan lift


Di manapun itu, kalau ada tangga, eskalator, dan lift saya selalu pilih tangga. Eh tapi kalau lagi di hotel ya lihat-lihat dulu dapet lantai berapa. Kalau dapet kamar di lantai 5 ya piye ya, hahahahaha. Intinya selama memungkinkan, saya lebih memilih naik tangga.

Kalau naik tangga capek?

Ya, capek lah! Olah raga saja jarang. Piye.

4. Pakai alas kaki yang nyaman untuk sehari-hari


Biasanya kalau alas kaki nggak nyaman, mau jalan saja susah dan tentu saja ujung-ujungnya bakal malas. Kalau untuk harian mending cari sepatu atau sandal yang nyaman. Saya pun kalau ke kantor lagi pengen pakai high heels, saya tetap sangu sandal jepit atau flat shoes kok. Biar nggak mager. Apalagi jadi mager makan taneman.

Nggak lucu ya?

Yawis.

5. Window shopping


Kalau lagi nggak olah raga atau rest day, saya paling demen ke mall buat window shopping. Jalan-jalan muterin mall sambil swatch lipstick sana-sini. Lumayan kan buat bakar kalori dan menggerakkan tubuh :))

6. Bersih-bersih rumah


Nyapu, ngepel, nguras bak mandi juga bisa bikin sehat, bunda. Apalagi pas bersih-bersih nemu uang yang jatuh ke kolong tempat tidur. Sehat dan bahagia, bund.

Oiya, kalau bisa rumah Dek Mon juga ya. Pasti kalori yang terbakar makin banyak deh.

7. Macul bersama Om Titit


Belum pada kenal Om Titit ya? Ini Dek Mon kenalin yang namanya Om Titit. Kalau penasaran bisa langsung ke Instagramnya @pokokboy.



Namanya memang Titit, bunda. Nggak usah didebat ya, kasihan sepertinya akta lahirnya juga sudah hilang. Atau sengaja dihilangkan orang tuanya.

Jadi gimana? Milih olah raga atau macul bersama Om Titit?

7 cara di atas tetap NGGAK BISA menggantikan olahraga ya, Bunda. Karena kan kalau olahraga kita benar-benar memfokuskan badan untuk "bekerja". Misal, kalau jogging, jantung benar-benar dilatih dengan ritme tertentu. Sendi dan otot pun menjadi lebih terlatih untuk bergerak dan menopang tubuh. Kurang lebihnya begitu.

Tapi ya daripada kalian mager atau bikin akun Instagram @akunpembesarteteenaena, mending lakukan 7 cara di atas. Eh, 6 cara ding! Satu cara terakhir hanya bonus akhir tahun.

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

You May Also Like

2 komentar

  1. sebaiknya saat di mall pura2 tidak tau eskalator nya di mana, jadi lebih banyak lagi muter2nyq begitu, bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin lebih bagus lagi kalau lupa arah ya, bunda. Jadi mau pulang ke rumah pun juga muter2 dulu........

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...