August 23, 2018

Review: Wet n Wild Photofocus Foundation, Murah Tapi Nggak Murahan

Untuk masalah makeup, saya itu bukan tipe perempuan yang mengeluarkan uang untuk membeli lipstick. Kalau lipstick yang lama belum habis ya nggak coba yang lain walaupun ada trend terbaru. Saya lebih suka membeli BB Cream, foundation, primer, dan antek-anteknya. Kulit wajah sayatu riwil bingit. Bukan masalah sensitif atau gampang jerawatan ya, tapi masalah pori-pori besar dan juga minyak berlebih. Ditambah lagi cuaca Jogja lagi kebangetan panasnya, dan saya juga ke mana-mana naik motor sedangkan jalanan Jogja sudah semakin mirip dengan arena Mad Max. Tambah SHUMUK, BEB.

review wet n wild photofocus foundation
Wet n Wild Photofocus Foundation

Salah satu foundation yang ada dalam koleksi saya adalah Wet n Wild Photofocus Foundation. Wet n Wild bukan local brand loh ya. Wet n Wild adalah salah salah satu brand dari New York yang memiliki harga yang sangat terjangkau tapi memiliki kualitas yang bagus. Cocot, eh cocoklah untuk sobat misquine yang banyak maunya seperti.... saya. Pengen bagus tapi (( MURAH )).


Kemasan Wet n Wild Photofocus Foundation


review wet n wild photofocus foundation
Kemasan Wet n Wild Photofocus Foundation

Menurut saya desain kemasan si Wet n Wild Photofocus ini antimainstream banget sih. Normalnya kan liquid foundation dikemas dalam bentuk pump seperti kemasan barunya Revlon Colorstay Foundation. Tapi si Wet n Wild ini lebih memilih Photofocus Foundation dikemas dalam botol berbentuk kotak dengan aplikatornya berupa spatula yang menjadi satu dengan tutupnya. Semacam sunduk (tusuk) es krim.

Saya rasa kemasannya dibuat seperti itu dengan tujuan agar foundation-nya bisa langsung dicocolin ke wajah menggunakan spatula tersebut, hanya saja jadi tidak higienis menurut saya. Tapi walaupun begitu tetap saya aplikasikan menggunakan spatulanya sih (piyeeee.. Mon, piyeeee?). Karena alasan kepraktisan begitu loh.

review wet n wild photofocus foundation
Aplikator Wet n Wild Photofocus Foundation

Tekstur Wet n Wild Photofocus Foundation


Untuk sebuah liquid foundation menurut saya teksturnya termasuk pekat dan sedikit lengket, nggak encer seperti Loreal Infallible Foundation. Bagi saya, tekstur yang seperti itu love hate banget lah. Tekstur yang pekat dan sedikit lengket biasanya akan tahan di kulit wajah yang berminyak, tapi di satu sisi pasti akan terasa sedikit berat di wajah. Kurang cocok untuk dipakai harian, tapi bakalan cocok kalau dipakai ke acara yang memang butuh kelihatan dandan.

Walaupun tergolong pekat, ternyata teksturnya cukup mudah untuk di-layer, dengan catatan diaplikasikan menggunakan beauty sponge, bukan brush maupun jari. Saya biasa aplikasikan menggunakan Fanbo Beauty Blender. Saya sih nggak menyarankan menggunakan brush karena teksturnya yang pekat nggak akan cocok untuk dibaurkan menggunakan brush, bakal lama dan susah rata.

Karena foundation ini teksturnya pekat dan sedikit lengket, saya sarankan aplikasikan dulu pelembab yang bisa melembabkan dan membuat tekstur kulit jadi lebih licin ya sehingga lebih mudah untuk dibaurkan dan juga nggak cracking.

Shade Wet n Wild Photofocus Foundation

Dari sekian banyak shade yang ditawarkan saya pilih shade Golden Beige karena dilihat dari nama dan swatch-nya memiliki shade medium dan paling kuning. Tapi ternyata masih kurang gelap dan kurang kuning, jadinya terlihat sedikit keabu-abuan. Susah sekali memang mencari shade yang tepat untuk kulit saya.

review wet n wild photofocus foundation
Shade Wet n Wild Photofocus Foundation (Golden Beige)

Walaupun swatch di tangan saya kelihatan abu-abu banget dan mengerikan, kalau sudah di wajah nggak seabu-abu itu kok karena warna tangan saya lebih gelap dari warna wajah saya. Lagian yang di tangan itu saya membaurkannya menggunakan jari, jadi kurang bagus.

Coverage Wet n Wild Photofocus Foundation


Saya nggak punya bekas jerawat maupun dosa yang kebangetan di wajah saya. Ya gimana ya, canty alami sayatu. Tapi saya tetap akan bilang kalau foundation ini punya coverage yang bagus. Dan untuk membuktikannya saya pakai untuk menutupi tattoo yang ada di pergelangan tangan saya.

review wet n wild photofocus foundation
Coverage Wet n Wild Photofocus Foundation

Untuk bisa nutup tattoo secara penuh, perlu makeup dan teknik khusus karena kan memang warna dari tattoo itu hitam pekat ya, bahkan lebih hitam dari andeng-andeng (tahi lalat). Si Wet n Wild Photofocus Foundation ini mampu menutupi 1/4 warna hitam tattoo saya, dan ini hanya satu layer saja. Bagus banget untuk ukuran liquid foundation.

Meskipun saya nggak punya bekas jerawat yang hitam, tapi warna kulit wajah saya tuh nggak rata. Manusiawi lah ya. Kulit saya lebih gelap di beberapa daerah seperti bawah mata dan juga lipatan hidung. Foundation ini mampu meratakan warna kulit saya dengan baik tanpa membuat daerah yang lebih gelap tersebut menjadi terlihat keabu-abuan. Artinya adalah foundation ini memang memiliki coverage yang oke.


review wet n wild photofocus foundation
Sebuah kecantikan alami :")

review wet n wild photofocus foundation
Nggak terlalu terlihat abu-abu kan di wajah

Yang di bagian bawah mata saya itu milia ya. Tekstur wajah seperti milia memang nggak bisa ditutupi menggunakan foundation. Foundation hanya mampu menyamarkan pori-pori ya. Jadi memang nggak akan bisa terlihat mulus 100% begitu loh.

Hasil Akhir Wet n Wild Photofocus Foundation


Wet n Wild Photofocus Foundation memiliki hasil akhir yang matte tapi nggak dead matte. Menurut saya lebih ke "my skin but better". Akan terlihat necurel kalau diaplikasikan satu layer. Yang paling saya suka dari foundation ini adalah bluring effect-nya. Pori-pori saya kelihatan menghilang begitu saja. Mendadak mulus, hidup manusia tanpa pori!

Daya Tahan Wet n Wild Photofocus Foundation


Di foto di bawah ini saya aplikasikan Pond's Magic BB Powder setelah foundation. Saya selesai dandan pukul 10.30. Cuaca di hari itu di Jogja puanas buanget dengan suhu sekitar 33-24 derajat celcius.

review wet n wild photofocus foundation
Kondisi wajah pukul 10.30 menggunakan Wet n Wild Photofocus Foundation

Selesai dandan saya pergi ke supermarket menggunakan motor. Terus di supermarket harus ribut sama bunda-bunda yang nyelonong antrian. Ditambah lagi ada barang yang nggak tersedia jadi harus mampir ke supermarket lain. Kemringet, Dek.

review wet n wild photofocus foundation
Kondisi wajah setelah 4 jam memakai Wet n Wild Photofocus Foundation

Kondisi wajah saya pukul 14.30:

1. Kulit saya mulai berminyak, tapi bukan berminyak kucel begitu. Lebih ke "basah" soalnya memang sumuk. Karena kulit sudah mulai berminyak, pori-pori di wajah jadi lebih terlihat. Itu wajar ya. Ibaratkan minyak wajah seperti highlighter yang mengkilat, bisa membuat tekstur wajah dan pori-pori jadi makin terlihat,

2. Bagian garis senyum belum terlihat menggaris, mungkin karena teksturnya yang sedikit pekat ya jadi lebih nempel di kulit dan powder pun akan lebih "terkunci".

Kondisi wajah setelah 5,5 jam memakai Wet n Wild Photofocus Foundation

Kondisi wajah saya pukul 14.30:

1. Wajah menjadi lebih berminyak dan di bagian lipatan atau cuping hidung terlihat sekali minyaknya. Tapi yang saya suka adalah ketika saya tap menggunakan tissue, si foundation memang transfer tapi nggak bergeser. Jadi nggak membuat makeup menjadi kacau kalau memang mau touchup.

2. Masih belum ada garis di bagian garis senyum. Seneng banget sayatu.

Kesimpulan


(+) Teksturnya buildable, bisa diaplikasi beberapa layer dan nggak menggumpal.
(+) Hasil akhirnya "my skin but better".
(+) Memiliki coverage yang bagus.
(+) Memiliki daya tahan yang bagus, cocok untuk kulit berminyak.
(+) Harganya cukup murah.

(-) Aplikatornya spatula sehingga kurang higienis.
(-) Teksturnya sedikit pekat dan lengket sehingga memberikan kesan berat di wajah.

Brand: Wet n Wild
Beli di: online shop atau website e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee
Harga: Rp95.000,00-Rp120.000,00

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

6 comments:

  1. Akyutuh lgsg horror begitu liat swatch yg di tangan..ahaha
    MSBB ya mbademon, bisa lah jd dupe foundienya yg di pakai mba meghan wkt doi nikahan kmrn, ala ala gitu.

    Tapi ternyata emg ga ada pump ya, duh, akyutuh anaknya clumsily cute, berabe juga nih klo tumpah.

    *lagi nunggu wangsit cari shade W&W yg syesyuai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyha ngeri, hahahaha
      Tapi ternyata pas di muka ngeblend2 aja 👌

      Delete
  2. wow mantapppp, jadi pengen :9

    www.irvinalioni.com

    ReplyDelete
  3. Dari kemarinan ingin beli ini tp masih bingung ingin catrice juga.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...