August 15, 2018

Resep Masakan: Orak-Arik Sayur High Protein

Tulisan saya kali ini sedikit berbeda dari yang biasanya. Saya nggak akan ngobrolin makeup maupun skincare, tapi saya mau share resep masakan! Biar mata kalian terbuka bahwa memakai maskara bisa beriringan dengan rajang-rajang brambang dan asah-asah. Selain itu saya pengen menghapus persepsi bahwa healthy lifestyle itu makanannya hambar semua. Nggak lah. Makanan saya enak semua *memuji diri sendiri*

resep orak-arik sayur high protein
Orak-arik sayur high protein

Saya mau bagi resep salah satu makanan favorit saya. Makanan di kala saya nggak punya banyak waktu untuk memasak di dapur. Selain itu makanan ini juga on the go banget karena di dalamnya sudah ada sayur dan juga lauk. Saya biasanya masak ini kalau (( bangun kesiangan )) atau capek olah raga dan keburu laper. Nggak perlu lagi deh masak sayur dan lauk secara terpisah. Ntap ta.

Baca juga: 7 Tips Dalam Berlari Agar Lebih Enjoy

Resep Orak-Arik Sayur High Protein


Saya selalu makan dengan komposisi: 20% karbohidrat, 30% sayuran, dan 50% protein. Jadi resep yang saya tulis ini takarannya berdasarkan komposisi makan saya tersebut. Tapi kalau kebutuhan kalian berbeda ya sesuaikan saja yhua. Porsinya bisa untuk 1-2 orang, kalau saya sih bakalan SAYA MAKAN SENDIRI. Tapi dengan kondisi saya hampir setiap hari olah raga ya, jadi memang saya membutuhkan banyak energi biar nggak lemesh dan semaput pas nge-gym.

Baca juga: 5 Tips Mempertahankan Motivasi Diet

Bahan orak-arik sayur high protein


1. Wortel dan buncis, potong sesuai selera. Mau bentuk bunder, jajar genjang, atau kotak ya terserah.
2. Telur ayam 2 butir. Kalau lebih suka telur bebek bisa juga. Saya pernah coba dan ena kok.
3. Tuna, saya pakai tuna kalengan biar praktis. Biasanya 1 kaleng tuna saya pakai untuk 3 kali masak biar (( IRIT )). Kalau mau pakai tuna segar sih malah lebih bagus. Dan juga nggak harus tuna, diganti dada ayam juga tetap ena.

resep orak-arik sayur high protein
Tuna kalengan untuk orak-arik sayur high protein

4. Jamur kancing secukupnya.
5. Bawang putih, bawang bombay, daun bawang secukupnya.
6. Garam (saya pakai yang rendah Natrium) dan merica secukupnya. Tapi saya sering lupa pakai merica sih karena nggak terlalu suka juga :D
7. Nanas, ini optional. Tapi saya suka soalnya memberi rasa segar dan sedikit manis asem. Kalau lagi nggak ada nanas ya saya nggak pakai.
8. Minyak kanola untuk menumis, saya pakai yang dari Tropicana Slim. Takaran saya untuk menumis biasanya kurang lebih 1 sendok makan.

Cara memasak orak-arik sayur high protein


1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai sedikit kecoklatan, kalau saya pribadi sih lebih suka bawang putihnya semi-semi gosong, berasa lebih lejit aja gitu. Kalau sudah semi gosong. masukkan jamur kancing yang sudah dipotong-potong.

resep orak-arik sayur high protein
Tumisan bawang untuk orak-arik sayur high protein

2. Masukkan wortel dan buncis, oseng sebentar biar rasa bawangnya nemplek ke sayur. Kalau sudah tambahkan sedikit air biar nggak lengket.

3. Masukkan tuna 1/3 kaleng, garam, dan merica agar tidak (( hambar )). Kemudian aduk sampai bercampur dengan bahan-bahan sebelumnya.

resep orak-arik sayur high protein
Campuran tuna untuk orak-arik sayur high protein

4. Kalau semua bahan sudah setengah matang, sisihkan ke bagian pinggir teflon. Masukkan 2 butir telur ayam ke bagian teflon yang kosong. Saya nggak suka nyampur telur diublek-ublek bersama dengan bahan lainnya. Selain bentuknya jadi kurang indah, rasanya bakalan lebih eneug gitu deh.

5. Begitu telur orak-ariknya setengah matang, aduk rata dengan bahan lainnya.

resep orak-arik sayur high protein
Telur orak-ariknya dipisah begini

6. Setelah kira-kira sayurnya sudah 3/4 matang (saya lebih suka sayurnya masih kriuk-kriuk), masukkan nanas dan daun bawang. Matikan api kompor, kemudian aduk-aduk sebentar.

resep orak-arik sayur high protein
Setelah ditambahkan nanas dan daun bawang

7. Sajikan bersama dengan nasi hangat. Saya pakai nasi putih yang dicampur dengan Kongbap. Buat yang bertanya-tanya apa itu Kongbap, kapan-kapan deh saya bahas. Soalnya di Instagram saya emang banyak yang nanyain. Intinya si Kongbap ini bikin nasi putih jadi lebih berserat.

resep orak-arik sayur high protein
Orak-arik sayur high protein

Kalau kalian ada ide tulisan seputar healthy lifestyle entah kalian pengen tahu saya makan apa, olah raganya bagaimana, saya diet metode apa, dan lain sebagainya silakan tulis di kolom komentar ya.

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

6 comments:

  1. Ini makanan jaman kos dulu mba, cuma beda minyaknya.. Minyak barco alias minyak goreng biassaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyak biasa ya tak apa asalkan bukan ((( JELANTAH )))

      Delete
  2. mbak mon, cara nyimpen tunanya biar awet bisa dipake 3x gimana? #seriusmikir��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kalengnya abis dibuka, buang ja tutupnya. Kalau udah sisa tunanya itu kalengnya ditutup pakek plastik yang tipis tu looohhh.. yang suka buat nutup buah potong di supermarket. Terus masukin kulkas deh! Bisa tahan semingguan. Mayan kan sekaleng buat seminggu, hahahaha

      Delete
  3. WAHINI! ini makanan yang dari mukanya saja sudah terlihat tidak hambar dan menggoda. belom pernah bereksperimen pake nanas, boleh juga ini dicoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalah arti kehambaran makananku dengan hambarnya pertemanan kita? Eh kita temenan kan ya?

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...