July 25, 2018

Review: LOREAL Infallible Pro Matte Foundation, Sebagus Apa di Kulit Berminyak?

Untuk makeup sehari-hari, saya jarang biyanget pakai foundation. Paling pol paling pakai BB Cream sebagai base makeup soalnya saya itu orangnya sumukan, gampang kepanasan. Apalagi Jogja sekarang sepertinya sedang musim kemarau, pagi dingin, siang puanas biyanget. Jadi agak risi aja gitu kalau pakai base makeup yang tebel.

Tapiiii.. saya tetap butuh foundation untuk acara-acara tertentu, misalnya pas lagi ketemuan sama mantan dan terutama pas kondangan di nikahannya (( MANTAN GEBETAN )).

review loreal infallible pro matte foundation
Loreal Infallible Pro Matte Foundation


Kalau ditanya apa foundation drugstore yang menjadi favorit saya, jawabannya ada dua. Saya suka banget sama Loreal Infallible Pro Matte Foundation dan Wet n Wild Photofocus Foundation. Untuk kali ini saya mau bahas si Loreal Infallible Pro Matte Foundation dulu saja yha.


Saya deskripsikan dulu kondisi kulit saya:

1. Kulit saya itu gampang banget berminyak dan punya pori-pori besar.
2. Saya tipe orang yang berdarah panas (kalau berdarah dingin bisa jadi serial killer, halah), jadi gampang banget keringetan. Kalau cuaca lagi panas-panasnya, diam saja udah keringetan. Kebayang nggak kalau saya nge-gym banjir keringetnya kayak apa?
3. Ada beberapa bekas jerawat di daerah pipi dan dagu.

Kemasan LOREAL Infallible Pro Matte Foundation


Walaupun kemasannya terkesan “udah gitu doang?”, saya kok malah suka ya. Material kemasannya terbuat dari plastik berbentuk tube yang slim dan gampang banget kalau mau dibawa travelling. Tinggal disempilin aja, nggak bakal makan tempat. Dan karena plastik, saya pun nggak pernah khawatir bakal pecah.

review loreal infallible pro matte foundation
Kemasan LOREAL Infallible Pro Matte Foundation


Yang paling saya suka dari si Loreal ini adalah karena menyertakan informasi produknya di balik kemasan. Informasi yang memang bakal kita butuhkan ketika kita memilih foundation. Di balik kemasan tertulis bahwa hasil akhirnya adalah semi-matte, memiliki daya tahan selama 24 jam (!), medium coverage, memiliki tekstur ringan (air-light). Hmmmm.. tapi bener nggak ya? Nanti akan saya bahas satu-satu yhua. Tenang saja.

review loreal infallible pro matte foundation
Deskripsi di bagian belakang kemasan LOREAL Infallible Pro Matte Foundation


Shade dan Tekstur LOREAL Infallible Pro Matte Foundation


Loreal Infallible termasuk salah satu foundation drugstore yang menawarkan cukup banyak shade. Saya rasa memang sudah seharusnya brand sadar dengan keanekaragaman warna dan tone kulit yang ada di muka bumi ini. Dari beberapa pilihan shade yang disediakan, saya pilih yang shade Fresh Beige (107). Bagi kalian yang memiliki warna kulit medium (nggak terang, tapi juga nggak gelap) dengan undertone kuning seperti saya, kalian bakal suka sama shade ini.

Salah satu alasan kenapa saya cinta sama si Loreal Infallible ini adalah karena baru kali ini saya nemu foundation drugstore yang warna kuningnya paaaaaassss banget di kulit saya. Warna kuningnya tuh nggak bikin kulit jadi kelihatan dekil gitu loh. Milani Perfect Cover Foundation yang Warm Beige dan Revlon Colorstay Foundation yang True Beige saja masih kurang kuning untuk kulit saya. Huhuhuhuhu, terharu banget sayatuh.

review loreal infallible pro matte foundation
Shade dan tekstur LOREAL Infallible Pro Matte Foundation


Tekstur dari LOREAL Infallible Pro Matte Foundation ini menurut saya lebih ke medium karena nggak cair tapi juga nggak kental. Dan saya setuju dengan klaimnya yang "air-light" karena si LOREAL ini terasa ringan banget di kulit. And it's easy to blend!

Coverage LOREAL Infallible Pro Matte Foundation


Berdasarkan klaimnya, LOREAL Infallible Pro Matte memiliki medium coverage. Coverage dari foundation nggak hanya dipengaruhi oleh produk itu sendiri sih, tapi juga dipengaruhi oleh tools yang digunakan untuk mengaplikasikan foundation tersebut. Misal kalau ingin lebih cover bisa pakai foundation brush, tapi kalau ingin lebih terlihat natural bisa pakai beauty sponge.

Untuk review kali ini saya mengaplikasikan LOREAL Infallible Pro Matte Foundation menggunakan beauty sponge dari Fanbo. Bisa dilihat dari foto walaupun saya menggunakan beauty sponge, bekas jerawat yang ada di dagu (yang lumayan hitam) bisa lumayan tersamarkan.

review loreal infallible pro matte foundation
Coverage LOREAL Infallible Pro Matte Foundation


Sebenarnya coverage-nya buildable kok, jadi kalau merasa kurang cover bisa langsung ditumpuk lagi tanpa membuat foundation jadi nggak rata. Jadi menurut saya coverage dari si LOREAL Infallible ini medium to full coverage ya. Tapi saran saya untuk mendapatkan coverage yang lebih oke di bagian yang ingin ditutupi, foundation-nya diratain aja pakai jari, jangan pakai beauty sponge.

Oiya, kalian perhatiin deh. Di foto "AFTER" pori-pori saya terlihat tersamarkan bukan :D

Hasil Akhir LOREAL Infallible Pro Matte Foundation


Sesuai dengan namanya yang "pro matte", hasil akhir dari si LOREAL Inffalible Pro Matte ini beneran matte. Yang saya suka adalah walaupun matte, kulit tetap terlihat natural. Mungkin karena faktor shade-nya yang pas juga sih. Itu kenapa memilih warna foundation yang tepat sangatlah penting.

Walaupun hasilnya matte, karena kulit saya amat sangat berminyak, saya tetap harus mengaplikasikan powder. Pada foto di bawah ini setelah mengaplikasikan LOREAL Infallible Pro Matte, saya aplikasikan Pond's BB Magic Powder dan Purbasari Oil Control High Matte Powder, terus saya aplikasikan sedikit highlight powder.

review loreal infallible pro matte foundation
Berusaha tetap gorjes walau belum keramas :D

Daya Tahan LOREAL Infallible Pro Matte Foundation


Honestly, begitu melihat klaimnya yang tahan selama 24 jam, saya udah langsung nggak percaya sih. Siapa juga yang bakal pakai foundation selama 24 jam sampai dibawa tidur, hahaha.

Foto di bawah ini adalah kondisi kulit saya setelah kurang lebih 6 jam pemakaian tanpa touch up sama sekali. Dilihat dari foto, kulit saya memang jadi cukup berminyak dan timbul garis di bagian garis senyum. Tapi yang perlu jadi catatan adalah kondisi cuacanya saat itu adalah Jogja lagi panas  shumuk bhangeth! Keringat saya nggak nyantai banget lah.

review loreal infallible pro matte foundation
Kondisi kulit setelah pemakaian kurang lebih 6 jam

Trust me, dari semua foundation yang pernah saya coba dan dengan kondisi udara yang super shumuk, LOREAL Infallible Pro Matte adalah salah satu foundation yang membuat kulit saya tetap terlihat enak dilihat setelah 6 jam pemakaian.

Btw, garis senyum saya tergolong "deep", jadi pakai foundation apapun tetap akan menggaris. Ketika saya memakai foundation sekelas Estee Lauder pun juga tetap akan menggaris kok. Menurut saya itu manusiawi. Pori-pori dan garis senyum adalah 2 hal yang membuat manusia terlihat memang manusia :D

review loreal infallible pro matte foundation
Dek Mon yang seorang manusia

Ada banyak foundation yang ketika kita touch up malah jadi makin kelihatan hancur, tapi si LOREAL Infallible Foundation ini nggak loh. Saya tap-tap wajah saya menggunakan tissue, kemudian saya touch up menggunakan Purbasari Oil Control High Matte dan sedikit tambahan blush on. Hasilnya? Makeup saya kembali matte tanpa terlihat ada bagian yang menggumpal.

review loreal infallible pro matte foundation
Kondisi kulit setelah touch up

Walaupun sejak menggunakan Probio-C Spray kulit saya jadi lebih jarang jerawatan, tapi kalau saya nggak cocok dengan foundation yang saya pakai pasti akan timbul jerawat kecil yang berisi minyak (yang dipencet langsung ilang, tapi berpotensi jadi jerawat beneran). Setelah pemakaian LOREAL Infallible selama 6-8 jam, kulit saya nggak oksidasi dan juga nggak timbul jerawat.

Kesimpulan


(+) Cocok untuk yang lagi cari foundation medium to full coverage
(+) Tetap terasa ringan di kulit
(+) Hasil akhirnya matte tapi tetap terlihat natural
(+) Mampu menyamarkan pori-pori kulit
(+) Saya beri rating 8,5/10 untuk oil control-nya

(-) Nggak ada kekurangan :))

Do I love it?

Absolutely yes! Dan saya bakal repurchase lagi karena harganya masih tergolong affordable untuk sekelas LOREAL (masih di bawah Rp200.000,00). Oiya, buat yang kulitnya kering, LOREAL Infallible menyediakan varian yang dewy kok.

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

10 comments:

  1. Waa ini foundation favorit aku juga kak. Dan kebetulan kemarin aku belinya pas loreal lagi diskon jadi sekitar 97 ribu aja foundationnya. Beruntung banget ngga sii

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAH KENAPA KAMU BERUNTUBG SEKALI?!!! ITU MURAH SEKALI!! 😱

      Delete
  2. Mantaaab tak ada kekurangan!!! jadi pengen coba tapiiiiii jarang pake foundie dan di rumah mash ada 3 botol.. TT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu ini bagaimana. Hidup terlalu singkat untuk memiliki hanya 3 foundie 👌

      Delete
  3. Menyediakan boanyak shade, whoah ini yang paling menarik! Sippps, fix perlu dijajal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyhua, aku sukanya karena banyak shade yang bisa dipilih. Akhirnya nemu yang kuning, hahahaha

      Delete
  4. Wah sama mbak momon... Aku juga pake shade 107... Pake ini berasa kaya pake bedak padet doang nggak terasa ndemblok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, ringan ya. Nggak kerasa tebel gimana gitu.

      Delete
  5. mau tanya dong monic,kalau primer kamu pakai merk apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, aku biasa pakek MUFE, Hour Glass, sama Rimmel (versi murce).

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...