June 26, 2018

Review: Wardah BB Shine Free Loose Powder, Apakah Sebagus Itu?

Jujur saja walaupun produk Wardah sangat bervariasi, saya jarang banget cocok sama skincare ataupun makeup-nya. Lumayan cocok sih sama CC Cream dan BB Cream-nya Wardah, tapi sayang sekali pilihan shade-nya sak-iprit. Walaupun jarang cocok, saya tetap nggak kapok nyobain produk Wardah. Yang sudah putus karena nggak cocok saja masih bisa balikan kok, apalagi cuma urusan nyobain produk.

Ceritanya beberapa waktu yang lalu, Bunda Iva berhasil meracuni saya untuk mencoba Wardah Everyday BB Shine Free Loose Powder. Halah, saya heran kenapa brand itu hobi sekali membuat nama produk yang panjangnya sepanjang Tol Pantura. Tapi saya tertarik dengan kata “shine free”-nya sih. Lumayan lah ya nama produk panjang tapi berfaedah. Karena saya malas mengetik nama produk yang panjang, saya ubah jadi Wardah BB Loose Powder saja yhua, agar kalian juga nggak pusing membacanya.

review wardah bb shine free loose powder
Pegang sponge Wardah BB Shine Free Loose Powder-nya kebalik :D


Saat saya (( pamer )) Wardah BB Loose Powder di Instagram Story, ada yang tsurhat, katanya galau membeli Pond’s BB Powder atau Wardah BB Powder. Wah, kalau galau kenapa nggak beli keduanya saja? Ah, yang curhat tentu saja rakyat jelata yang uangnya terbatas. Saya paham lah kondisi keuangan rakyat jelata.


Karena sama-sama memiliki label “BB Powder” dan harganya pun nggak terpaut jauh, yaitu sama-sama di bawah Rp60.000,00, saya rasa nggak ada salahnya jika saya membandingkan Wardah BB Loose Powder dengan Pond’s BB Powder. Maaf ya, Wardah. Saya tahu kalau dibanding-bandingkan itu nggak menyenangkan, tapi itulah hidup.

Kemasan Wardah BB Loose Powder


Kemasan dari Wardah BB Loose Powder didominasi oleh warna hijau tosca muda (?) khas Wardah, sama seperti Wardah BB Cream yang seri Everyday. Saya suka banget sama kemasannya yang kecil, simple, dan gampang dibawa ke mana-mana. Di bagian bawah jar terdapat informasi batch number dan expired date. Saya senang kalau ada brand yang menempatkan informasi expired date di bagian yang mudah untuk dibaca karena informasi tersebut penting. Malas sekali kalau harus pergi ke dukun hanya untuk mencari informasi expired date sebuah produk.



review wardah bb shine free loose powder
Kemasan Wardah BB Shine Free Loose Powder

review wardah bb shine free loose powder
Ukuran kemasan Wardah BB Shine Free Loose Powder


Selain kemasannya, saya juga suka sponge bawaannya karena kualitasnya bagus. Saya merasa sponge-nya tergolong lembut di kulit dan benar-benar membantu dalam mengaplikasikan powder sehingga powder bisa lebih merata dan lebih menempel.

review wardah bb shine free loose powder
Sponge Wardah BB Shine Free Loose Powder


Tekstur atau Partikel Wardah BB Powder


Menurut saya tekstur atau partikel dari Wardah BB Loose Powder mirip biyanget sama Coty Airspun. Halus banget! Lebih halus dari Pond’s BB Powder. Dengan partikel yang halus saya berharap Wardah BB Loose Powder ena untuk dipakai baking di atas foundation, tapi ternyata nggak. Ketika diaplikasikan terlalu banyak, entah kenapa si BB Loose Powder ini malah terlihat nggak rata dan pecah atau nggak rata begitu. Dan akan lebih parah lagi ketika menggunakan foundation yang teksturnya thick. Si BB Loose powder ini seperti nggak mau menyatu. Tapi untuk foundation yang light seperti Bourjois Healthy Mix Serum Foundation aman-aman saja, masih mau menyatu walaupun tetap nggak bisa untuk baking.


Di kemasan-nya tertulis “Soft Focus Powder”. Yang ada dalam pikiran saya ketika membaca klaim tersebut adalah tekstur halus dari Wardah BB Loose Powder dapat memberikan efek blurry atau menyamarkan pori-pori dan garis halus di wajah sehingga kulit terlihat lebih halus. Saya akui klaim tersebut sungguh menarik hati berhubung pori-pori saya cukup besar.

review wardah bb shine free loose powder
Klaim Wardah Shine Free Loose Powder


Untuk blurry effect-nya menurut saya kok nggak ada ya ketika saya aplikasikan di atas foundation, tapi justru saya rasakan ketika saya aplikasikan sendirian. Dalam artian nggak diaplikasikan di atas foundation melainkan langsung diaplikasikan di atas kulit. Hasilnya sedikit lebih bagus dibandingkan dengan ketika Pond’s BB Powder diaplikasikan langsung di atas kulit. Dan nggak pecah loh ketika diaplikasikan langsung ke kulit, bisa rata dan halus gitu. Heran.

Shade Wardah BB Loose Powder


Shade dari Wardah BB Loose Powder terlihat putih dengan klaim “translucent”. Tapi ternyata di kulit saya yang sawo matang jadinya beneran (( PUTIH )) dan membuat kulit saya jadi terlihat sedikit abu-abu. Tapi itu terjadi hanya ketika saya aplikasikan di atas foundation. Jika saya aplikasikan langsung di kulit, beneran translucent dan nggak mengubah warna asli kulit saya. Terlihat natural begitu loh. Dipakai lama pun nggak membuat kulit saya terlihat abu-abu. Jadi kalau pemakaiannya saya gabungkan dengan foundation, saya kan bergantung pada bronzer untuk menyamarkan efek putih-nya.

review wardah bb shine free loose powder
Shade Wardah BB Shine Free Loose Powder

review wardah bb shine free loose powder
Saya pakai di atas Bourjois Healthy Mix Serum Foundation

review wardah bb shine free loose powder
Setelah makeup ready, memakai bronzer yang berlebih


Hasil Akhir dan Daya Tahan Wardah BB Loose Powder


Hasil akhir yang diberikan adalah nggak terlalu matte, baik itu ketika diaplikasikan di atas foundation maupun ketika diaplikasikan langsung di atas kulit. Saya suka sekali dengan hasil akhir yang diberikan ketika diaplikasikan langsung di atas kulit karena kulit menjadi terlihat natural segar tanpa terlihat bedakan. Itu keinginan separuh perempuan di jagad raya ini. Ingin dandan tapi nggak kelihatan dandan. Well done, Wardah.

Saya cukup kecewa dengan daya tahan yang Wardah BB Loose Powder berikan. Di kondisi cuaca yang sangat panas, dalam waktu kurang lebih 2 jam wajah saya sudah kileng-kileng berminyak. Padahal saya berharap lebih dengan klain "shine free".

review wardah bb shine free loose powder
Setelah 1,5 jam pemakaian Wardah BB Shine Free Loose Powder

review wardah bb shine free loose powder
Lihat lebih dekat, umumumu~


Walaupun dari segi harga masih lebih mahal Wardah BB Loose Powder, daya tahan Pond’s BB Powder ternyata jauh lebih unggul, baik ketika diaplikasikan di atas foundation maupun di kulit langsung. Nggak terlalu terkejut sih karena ketika diaplikasikan di atas foundation pun kadang pecah dan nggak rata.

Oiya, saya sempat iseng mengaplikasikan Wardah BB Loose Powder sebelum foundation, berharap wajah bisa matte lebih lama. Tapi ternyata failed. Justru membuat foundation menjadi susah rata.

Kesimpulan saya adalah Wardah BB Loose Powder nggak cocok digunakan untuk makeup tebal, lebih cocok untuk makeup ringan dengan foundation yang light. Dan meskipun ada klaim "shine free" sepertinya akan lebih cocok untuk yang memiliki kulit kering.

Dengan harga yang nggak terlalu mahal dan memberikan hasil bedakan tapi nggak terlihat bedakan (diaplikasikan tanpa foundation), Wardah BB Loose Powder akan cocok untuk kalian yang masih sekolah dan ingin dandan agar wajah nggak terlihat kumus-kumus berminyak tapi juga nggak dimarahin guru :D

Jadi saya bakal pilih Wardah BB Shine Free Loose Powder atau Pond's BB Magic Powder? Dari segi harga dan performa, saya tentu lebih memilih si Pond's.

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

12 comments:

  1. Foundation bourjois nya shade brp mon?
    Btw, makasih reviewnyaa

    ReplyDelete
  2. Aku rakyat jelata ka! Mahasiswa tingkat semester 5 yang kalo liburan ga dikasih uang jajan. Hmmm gitu ya ka. Sepertinya aku akan beli bb powder ponds saja. Harganya cuma 25 ribu di indomaret. Hehehe makasih ka reviewnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau jelata memding Pond's saja, apalagi anak Indomaretan 🐤

      Delete
  3. Okay, berarti gagal syudah untyuk ku membeli wardah ini..
    Wardah oi war....majoritas teman2 ku jg bnyk ga sesuai dgn wardah.
    Diatas kulit tanpa foundation itu yg cm pakai moisturizer & sunblock ya mbakdekmon?
    (Masih penasaron).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyeeesss.. cuma pakai moist sama sunblock 👌

      Delete
  4. Aku lho mbak pake ini untuk single use malah berasa donat gula halus. Tapi kalau dipake sama foundation apik

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((( DONAT GULA HALUS )))

      Kebalikan ya kitaaaa, hahahaha
      Aku malah bagus untuk single use

      Delete
  5. Padahal aku udah berharap di awal post kalo ini bisa buat baking :( Ternyata nggak bisa yhaaa T.T Aku pengen nyari gantinya RCMA yang murah, yang ga sampe 100K gitu hahaha #pelit Tapi kok kayak susah huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di aku ho'oh ndak ica baking :(

      Nek mau lebih murah cuba aja Airspun
      Aku malah mau beli RCMA belum kesampaian terus, hiks

      Delete
  6. Kukira ini bisa menggantikan innisfree, ternyata tydac.. TT

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...