April 30, 2018

Review: Pond's BB Magic Powder Untuk Kulit Berminyak

review Pond's BB Magic Powder


Saya ingat banget pertama kali tahu Pond's BB Magic Powder saat melihat Rachel Goddard di Instagram dan dia bilang kalau wanginya seperti bau ketek. Terlepas dari beneran bau ketek atau tidak, saya memang tidak terlalu berminat karena baca review sana-sini kok tidak ada yang spesial di mata saya. Menurut saya si Pond's ini hanya sebuah produk yang pamornya naik karena lagi trend, jadi bukan karena kualitasnya yang bagus. Tapi ternyata saya salah. Tsk. Sepertinya kok saya ini salah terus. Salahnya bagaimana? Akan saya jelaskan di bawah, baca terus saja ea.


Sepintas tentang brand, Pond's BB Magic Powder ini resmi keluaran Pond's, gaes. Hanya saja dijual di Thailand. Dan memang nggak ada toko resminya di Indonesia, jadi nggak akan ada label BPOM-nya. Tapi bukan produk abal-abal kok, begicyuuu..

Kemasan


Sekarang kita bahas dulu tentang kemasannya. Kemasannya unik karena berbentuk botol yang pada bagian mulut botolnya dilengkapi filter dan tutupnya harus diputar terlebih dahulu agar filter tersebut terbuka. Saya bilang unik karena bedak yang bentuknya botol begini biasanya adalah bedak bayi, bedak gatal, atau.... bedak ketek. Kalau bedak untuk wajah kan biasanya berbentuk jar dan dilengkapi dengan sponge ya. Tapi si Pond's ini antimainstream begitu. Eh, tapi RCMA itu bentuknya juga antimainstream ding ya.

review Pond's BB Magic Powder
Bagian tutup dan filter Pond's BB Magic Powder


Yang saya suka dari kemasannya adalah:

1. Kemasannya kecil sehingga lebih enak kalau mau dibawa travelling, nggak terlalu memakan tempat di makeup pouch.
2. Praktis karena untuk membuka filter atau mengeluarkan produknya, tutupnya tinggal diputar.
3. Lebih higienis karena tutupnya hanya bisa diputar (minim terpapar udara luar).


Sedangkan yang saya kurang suka dari kemasannya adalah:

1. Walaupun tutup putar lebih praktis, saya SERING LUPA memutar kembali untuk menutupnya. Sering banget ketika saya masukkan ke makeup pouch ternyata filternya masih dalam keadaan terbuka. Ya jelas saja TUMPAH. Kesal. Untuk alasan yang satu ini karena saya-nya saja yang KOPLO sih.
2. Nggak dilengkapi dengan tutup terpisah (hanya ada tutup putar), jadi nggak ada tutup lainnya yang berfungsi sebagai wadah untuk menuangkan produk. Jadi ya saya pakai tutup bedak tetangga sebelah yang sudah tidak saya pakai, kemudian saya cocol pakai powder brush atau sponge. Agak ribet memang kalau mau touch up di tempat umum. Tapi pada dasarnya saya nggak suka touch up sih, jadi nggak masalah bagi saya. Tapi bagi kalian yang suka touch up, si Pond's ini bisa kalian pindahkan ke jar kecil yang memang khusus digunakan sebagai tempat bedak tabur.

Aroma


Saya sudah membuktikan bahwa aroma si Pond's ini bukan bau ketek karena beda banget sama bau ketek saya. Lebih wangi mana? Bau ketek saya lah! Nggak ding! Menurut saya si Pond's ini memiliki aroma floral yang nggak terlalu nyegrak, aromanya masih lebih nyegrak bedak Marck's dan Cotty Airspun. Saya nggak terganggu sama sekali dengan aroma-nya. Tapi entah ya bagi yang hidungnya memang sensitif masalah bebauan. Yang jelas tidak bau ketek kok.

Baca juga: [Review] Coty Airspun, Bedak Dengan Partikel yang Sangat Halus

Shade


Pond's BB Magic Powder memiliki shade coklat translucent dengan hint pink yang nggak terlalu kentara. Cukup banyak yang nggak cocok dengan shade-nya karena di beberapa orang membuat kulit terlihat abu-abu.

review Pond's BB Magic Powder
Shade Pond's BB Magic Powder

Bagi saya pemilik kulit sawo matang dengan undertone kuning, shade dari Pond's BB Magic Powder nggak membuat warna kulit saya jadi abu-abu. Tapi saya merasa undertone kuning dari kulit saya kok jadi tersamarkan ya. Kulit saya jadi beneran kelihatan coklat nge-pink dan sedikit pucat, yang tadinya warm undertone jadi neutral undertone. Jangan dipikir kalau nge-pink-nya jadi pink buabi yhua.

Mo'on ma'ap di foto nggak terlalu kelihatan, susiah biyanget ngepasin setting-an kamera biar kelihatan perubahan undertone-nya :(
Tapi bisa diperhatikan terutama di bagian dahi dan dagu di foto sesudah pemakaian si Pond's warnanya jadi terlihat lebih pucat.

review Pond's BB Magic Powder
Kulit sebelum pemakaian Pond's BB Magic Powder, hanya pakai skincare

review Pond's BB Magic Powder
Sesudah pemakaian Pond's BB Magic Powder, tanpa foundation maupun BB Cream

Ketika saya tumpuk di atas foundation yang kekuningan, hal yang sama juga terjadi, hint kekuningan dari foundation menjadi samar dan kulit menjadi terlihat pucat. Karena membuat kulit menjadi terlihat pucat, beberapa orang mendefinisikannya sebagai shade yang terlalu putih. Solusinya sih ketika pakai Pond's BB Powder saya wajib pakai blush on agar kulit terlihat lebih segar. Dan mau nggak mau saya harus mengaplikasikan produk ini sampai ke leher. Kan nggak lucu kalau muka neutral undertone tapi lehernya warm undertone. Belang, Beb.

Tekstur


Saya punya 2 kriteria utama untuk suatu powder saya bilang bagus:

1. Memiliki partikel halus sehingga ena untuk teknik baking, dengan begitu powder mampu menahan minyak di wajah saya dengan lebih baik. Pakai atau tidak pakai foundation, saya selalu mengaplikasikan powder dengan teknik baking karena di kulit saya yang berminyak, baking atau tidak bakal kerasa banget.

2. Mudah diratakan. Saya sebal sekali dengan powder yang misalnya diaplikasikannya berlebih (untuk teknik baking) kemudian pas berniat "menyapu" powder yang berlebih ternyata powder-nya ndemblok membentuk "pulau" di wajah ataupun "nyangkut" di garis-garis wajah seperti bawah mata. Paham kan ya maksud saya?

review Pond's BB Magic Powder
Pond's BB Magic Powder untuk teknik baking

Saya cukup takjub karena dengan harga yang tidak sampai Rp40.000,00 saya sudah bisa dapat 2 kriteria di atas. SENENG BANGET NGGAK SEH! Walaupun memang nggak sehalus tekstur dari Coty Airspun tapi ya, harga nggak sampai Rp40.000,00 saya bisa menuntut apa lagi dari produk ini? Si Pond's ini cocok banget untuk sobat misqin yang ingin bedak murah dengan tekstur yang halus dan nempel banget di kulit.

Hasil Akhir

Hasil akhirnya saya suka tapi bukan yang suka banget karena matte yang dihasilkan bikin kelihatan kalau bedakan, bukan tipe bedak yang skin like begitu. Tapi mungkin ini juga dipengaruhi oleh faktor shade yang "mengubah" undertone kulit saya. Harus nunggu sekitar 30 menit sampai si Pond's ini terlihat lebih menyatu dengan kulit.

Selain memberikan hasil akhir yang matte, karena teksturnya halus dan nempel di kulit, Pond's BB Magic Powder memberikan efek kulit terlihat lebih mulus dan menyamarkan pori-pori. Menyamarkan ya, bukan mengecilkan. Itu pun kalau dilihat dari jarak kira-kira 1 meter, kalau dilihat dari dekat yang tetap saja ada pori-porinya, namanya juga manusia.

Daya Tahan


Sebelum membahas daya tahan Pond's BB Magic Powder saya mau update kondisi kulit wajah saya yang sekarang. Ceritanya sejak saya diet, minyak di wajah saya jadi lebih terkontrol, nggak lagi merasa seperti kilang minyak Pertamina. Mau sepanas apapun udara di Jogja, saya merasa kulit saya nggak seklenyit atau seberminyak dulu. Tetap berminyak tapi nggak kucel begitu loh.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Memulai Diet

Di kondisi kulit wajah saya yang sekarang, si Pond's ini tergolong tangguh. Foto di bawah ini adalah foto di jam 08.00, saya nggak pakai foundation maupun BB Cream, saya hanya pakai Pond's BB Powder dan blush on tentunya. Mau foto saat belum pakai blush on biar kelihatan kalau memang pucat ketika nggak pakai blush on tapi saya (( LUPA )) dan saya (( MALAS )) untuk foto ulang. Jadi (( YA SUDAH LAH YA )).

review Pond's BB Magic Powder
Pond's BB Magic Powder saat jam 08.00 WIB

Selanjutnya foto di bawah ini adalah kondisi wajah saya di jam 12.30 setelah saya muter-muter Jogja dengan kondisi cuaca yang puanas biyanget, kemudian pulang ganti baju, lanjut masak dan bercumbu dengan panasnya kompor. Empat jam lebih loh hanya pakai si Pond's, tapi kulit saya nggak terlihat kusam dan berminyak berlebihan. Selain itu, si Pond's ini juga tidak terlihat bergeser heboh membentuk "pulau" walaupun dipakai cukup lama.

review Pond's BB Magic Powder
Pond's BB Magic Powder di jam 12.30 WIB

Banyak yang tanya Marck's dengan si Pond's ini nendang yang mana. Kalau untuk daya tahan 11-12 walaupun masih sedikit lebih nendang si Marck's. Tapi untuk alasan lainnya terutama tekstur dan hasil akhirnya, saya jauuuuhhh lebih suka si Pond's.

Kesimpulan:

- Kemasannya travel friendly, tapi butuh tutup bedak tetangga sebelah untuk menuangkan produknya
- Shade-nya kurang kuning untuk kulit sawo matang dengan warm undertone seperti saya
- Tekturnya halus dan huenak untuk baking
- Mampu menahan minyak di wajah dengan sangat baik

Harga:

Sekitar Rp40.000,00, tergantung seberapa misqin penjualnya. Semakin misqin, semakin mahal.

Beli di:

Shopee, nggak tahu nama tokonya karena nitip teman. Cari saja yang star seller dan paling murah, dah paling bener itu.

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

4 comments:

  1. Mantap ka. Setauku ini ada yg versi mattenya. Warna biru kalo ga salah. Murce juga. Masuk list deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada yang matte, tapi nggak tertarik soalnya yang ini aja udah matte.

      Delete
  2. Cari saja yang star seller dan paling murah, dah paling bener itu; cocok setuju. Karena sesungguhnya sosialita sejati itu bukan tajir dari lahir, tapi saat belanja kudu ngerti kapan harus bersikap kikir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan kikir. Tapi itu bersikap dewasa. Tau kapan harus mengeluarkan uang banyak~

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...