January 18, 2018

[Review] Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ Dengan Tekstur Ringan dan Murah!

review emina sun protection
Emina Sun Protection SPF 30 PA+++


Aing sering ditanya, "Apakah memakai sunscreen itu wajib hukumnya?" Wajib nggaknya pemakaian sunscreen sebenarnya sangat tergantung dari aktifitas kita. Kalau kalian tipe princess yang  gegoleran di kasur all day long, kalian nggak bakal butuh sunscreen. Lah wong kulit juga nggak bakal kena sinar matahari. Tapi, kalau kalian tipe pekerja lapangan yang kulitnya bakal terkena sinar matahari dengan jangka waktu yang cukup lama, pemakaian sunscreen wajib hukumnya. Apalagi kalau kalian sedang memakai skincare yang mengandung retinol, AHA, dkk yang dapat membuat kulit lebih sensitif dengan sinar matahari, hukumnya amat sangat wajib memakai sunscreen.

Saya pribadi bukan tipe orang yang takut berlebihan pada sinar matahari dan tergila-gila pada produk sunscreen. Bukan. Saya hanya tergila-gila pada kegantengan Mas Chico Jericho. Kapan saya memakai sunscreen? Ketika saya akan berada di luar ruangan dan terkena sinar matahari lebih dari 15 menit. Kalau hanya pergi ke Indomaret yang jaraknya sepelemparan cawet dari rumah saya, saya nggak memakai sunscreen. Pakai beha saja mungkin tidak.


Dulu banget, saya menggunakan sunscreen dari Ristra, tapi kini saya telah berkhianat. Sunscreen yang menjadi kecintaan saya saat ini adalah Emina Sun Protection SPF 30 PA+++. Bukan karena sunscreen Ristra nggak enak, hanya saja Emina lebih murah #uhuk.

Baca juga: [Review] Ristra Suncare SPF 17


Kemasan


Saya seneng banget sama desain kemasan dari Emina Sun Protection karena memberi kesan anak-muda-banget. Sesuai lah sama usia saya yang masih 17 tahun ini. Kemasannya dominan berwarna putih dan diberi sentuhan warna orange yang mewakili warna matahari. Nggak malu-maluin lah kalau dibawa travelling dan foto ala-ala mbak Victoria Secret pakai bikini sedang mengoleskan sunscreen di pinggir pantai.

review emina sun protection
Bagian bolongan Emina Sun Protection dilindungi alumunium foil

Buat kalian yang suka suudzon, saya yakin bakal menyukai kemasan Emina Sun Protection karena lubang tube-nya dilindungi dengan alumunium foil. Ketahuan lah ya, kita membeli produk baru atau lawasan. Dan nggak perlu khawatir apakah produk yang kita beli sudah pernah dicocol oleh orang lain atau belum.

Kemampuan Melindungi Kulit


SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. Angka yang ada pada SPF menunjukkan kemampuan sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar UVB. Kalau kelamaan main layangan di bawah sinar matahari kan kulit kita jadi memerah. Normalnya, kalau nggak pakai sunscreen, kulit akan memerah sekitar 10-20 menit main layangan. Nah, kita bisa memperpanjang waktu memerahnya kulit kita menggunakan sunscreen.

Pada kemasan Emina Sun Protection tertulis SPF 30, artinya adalah yang tadinya setelah 10 menit main layangan kulit kalian akan memerah, ketika memakai Emina Sun Protection kulit baru akan memerah setelah 300 menit (5 jam) main layangan. Kalau secara teori sih, begitu ya. Tapi, menurut saya semuanya kembali ke karakteristik kulit masing-masing individu. Kan ada ya, yang kulitnya kayak badak.

review emina sun protection
Kemasan Emina Sun Protection

SPF menunjukkan kemampuan sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar UVB, sedangkan PA menunjukkan kemampuan sunscreen dalam melindungi kulit dari UVA. Singkat cerita, makin banyak tanda "+" pada PA, kemampuannya makin oke. Pada kemasan Emina Sun Protection tertulis PA+++, artinya adalah produk ini mampu melindungi kulit dari sinar UVA yang cukup ekstrim.

Saya pribadi nggak pernah main layangan ya. Princess macam saya mah mainannya boneka barbie. Jadi, saya kurang tahu apakah benar mampu melindungi kulit selama 5 jam. Tapi, kalau ditanya, "Kak, kalau pakai sunscreen ini buat ke pantai, kulit bakalan gosong nggak?" Jawaban saya, ya bakalan tetap gosong, cong. Namanya juga panas-panasan di pantai, nggak mungkin kan main di pantai hanya 10 menit? Eh, bisa ding kulit nggak gosong ketika main di pantai! Jika dan hanya jika main di pantai pas hujan atau pas malam hari. Gitu.

Saya kan lumayan suka jogging, tapi karena saya sering kesiangan, jadinya jogging sekitar jam 8 atau 9 pagi dan matahari sudah lumayan menyengat. Sejauh ini, ketika terpapar sinar matahari secara langsung, ketika memakai Emina Sun Protection kulit saya jadi nggak gampang perih dan clekit-clekit.

Baca juga: 7 Tips Lari Agar Lebih Enjoy

Tekstur


Kebanyakan orang malas memakai sunscreen karena rumor yang beredar adalah sunscreen memiliki tekstur yang "berat" dan lengket. Padahal nggak semua sunscreen begitu loh. Memang banyak sunscreen yang memiliki tekstur yang "berat" sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa meresap ke kulit, tapi ya nggak semua begitu. Sama hal-nya dengan nggak semua laki-laki itu bajingan. Kamu nggak bajingan kan, Maz?

review emina sun protection
Tekstur Emina Sun Protection

Emina Sun Protection SPF 30 PA++ memiliki tekstur lotion yang ringan dan mudah diserap oleh kulit, sama sekali nggak terasa lengket. Karena mudah diserap oleh kulit, setelah diaplikasikan, produk ini juga nggak membuat kulit kita terlihat klenyit. Menurut saya kok malah membuat kulit malah terlihat glowy dan sehat. Seneng banget akutuh sama teksturnya.

Yang membuat saya tambah cinta dengan produk ini adalah karena produk ini bisa dijadikan base makeup yang cukup baik! Setelah memakai produk ini, biasanya saya lanjut memakai bedak atau BB Cream. Nah, Emina Sun Protection ini bisa membuat bedak atau BB Cream saya pakai menjadi lebih nempel ke kulit. Cintaaaaa..

Baca juga: [Review] BB Cream Wardah (Everyday Series)

Ini saya sudah pemakaian tube yang ke-3 saking cintanya saya sama produk ini. Sejauh ini, saya nggak merasakan efek negatif pada kulit saya. Kulit saya nggak menjadi iritasi dan nggak komedoan atau jerawatan juga. Yang lebih penting lagi, harganya murah banget! Hanya sekitar Rp 27.000,00. Cocok untuk rakyat jelata. Saya sih, bukan jelata ya, cuma rendah hati aja akutuh.

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

10 comments:

  1. Kata org sunscreen ini emg enak banget ya tapi aku belum sempet coba. Ngabisin yang ada dulu deh hihi.

    ReplyDelete
  2. Sama bangeeet! Aku juga cinta sama produk ini....


    www.zahrasalsa.com

    ReplyDelete
  3. Setuju. ada rasa dingin pas dipakai. Gak lengket dan nyaman 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Dek Rahma. Karena yang utama adalah kenyamanan :")

      Delete
  4. Mbak Mon yang rendah hati, boleh pinjam buku Ronggeng Dukuh Paruknya?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...