[Ngobrol Cantik] Mengenal Macam-Macam Eyeliner

by - November 10, 2013


Sejak demam K-Pop melanda Indonesia, sepertinya pamor eyeliner semakin meningkat ya! Bahkan, aku pernah lihat anak SMP yang pergi ke sekolah memakai eyeliner. Aku saja tahu eyeliner sejak kuliah. Eh, apa akunya yang kudet nih? Hahahaha..

Banyak dari temanku yang lagi pengen belajar dandan dan pengen mencoba memakai eyeliner. Pertanyaan yang sering ditujukan padaku adalah "Bagusnya eyeliner apa ya yang buat pemula?". Jadi, kali ini aku mau cerita tentang beberapa jenis eyeliner yang ada di dunia ini *tsaaaaaah*. Aku sebut beberapa karena mungkin saja ada jenis yang belum aku ketahui atau aku punya. :D



1. Eyeliner Pencil

Eyeliner pencil mungkin adalah jenis eyeliner yang paling sering dipakai karena lebih mudah penggunaannya. Kenapa lebih suka memakai eyeliner pencil? Mungkin karena bentuknya sama dengan barang yang sering kita gunakan sehari-hari, yaitu pensil, jadi nggak terlalu jadi masalah ketika mengaplikasikannya di mata. Tapi, sayangnya sebagian eyeliner pencil itu nggak waterproof atau smudeproof. Sebagian doang sih, ada kok yang smudeproof dan waterproof.

Eyeliner pencil sendiri ada 2 macam, yaitu model pensil yang diraut dan yang model automatic sehingga kita nggak perlu merautnya, melainkan cukup memutarnya. Seperti lipstik itu loooooh.. Aku sendiri lebih suka memakai yang automatic karena meminimalkan resiko eyeliner patah ketika diraut. Jadi, lebih awet, hahaha. Tapi, kekurangannya, eyeliner pencil automatic nggak bisa runcing. Buat kamu yang pengen bikin eyeliner model cat eye kayak cewek-cewek Korea, bakal kesusahan.

Hampir atau bahkan semua brand kosmetik mengeluarkan produk berupa eyeliner pencil. Aku sendiri punya eyeliner pencil dari Maybelline, Make Over, dan Pixy.


2. Eye Pen Liner

Pengen merasakan eyeliner cair dengan cara aplikasi yang mudah? Coba saja eyeliner yang berbentuk ballpoint atau spidol. Eyeliner bentuk spidol ini bisa menghasilkan garis yang lebih tajam. Jadi, cocok untuk membuat model cat eye. Tapi, buat kamu yang suka hasil akhir matte, mungkin eyeliner model ini kurang kamu sukai karena biasanya, hasil akhirnya agak glossy. Biasanya looooh.. Nggak semuanya.

Aku sendiri kurang suka dengan eyeliner yang berbentuk spidol. Entah aku yang kurang bisa mengaplikasikan atau bagaimana, tapi menurutku hasil lengkungannya kurang alami. Selain itu, khawatir juga kalau aplikatornya kering padahal isinya masih banyak. Kayak spidol kering gitu.

Beberapa brand yang mengeluarkan eye pen liner dan mudah didapat adalah Maybelline, Fanbo, dan Mirabella. Aku sendiri cuma punya yang dari Fanbo. Itupun baru beli beberapa hari yang lalu, hihihi.


3. Gel Eyeliner

Eyeliner model begini nih yang sempat booming belakangan ini. Selain lebih mudah pengaplikasiannya, kebanyakan gel eyeliner memiliki hasil yang matte, jadi terlihat lebih alami. Sayangnya, eyeliner model gel atau cream begini gampang keringnya karena bibir jar-nya yang lebar, jadi isinya lebih sering bersentuhan dengan udara.

Gel eyeliner nggak cocok buat kamu yang nggak suka ribet, seperti aku, karena untuk memakainya harus memakai brush khusus. Dan setelah memakainya, brush harus segera dibersihkan agar gel eyeliner yang tersisa di brush nggak mengering. Kalau sudah mengering, brush akan susah untuk dibersihkan.

Beberapa brand yang mempunyai produk gel eyeliner adalah Pixy dan Maybelline. Untuk brand yang lain sih banyak, seperti Etude House ataupun Elf. Tapi, harus PO terlebih dahulu.


4. Liquid Eyeliner

Ini nih jenis eyeliner yang paling aku suka karena lebih awet di kulit mataku yang berminyak. Kuas dari eyeliner cair juga ada beberapa macam loh! Ada yang kuasnya lentur seperti kuas untuk cat air, ada juga yang kuasnya model spidol. Aku sendiri paling senang memakai yang kuasnya lentur karena garis lengkung yang dihasilkan lebih alami. Tapi, buat kamu yang tangannya masih suka gemetar ketika mengaplikasikan eyeliner, hindari dulu eyeliner cair dengan kuas yang lentur.

Hasil akhir dari eyeliner cair ada yang matte, ada juga yang glossy. Aku sendiri lebih suka yang matte karena yang model glossy suka rontok dan masuk ke mata.

Hampir semua brand mempunyai produk eyeliner cair. Kalau untuk brand lokal, brand yang nggak punya eyeliner cair itu Wardah. Aku sendiri punya eyeliner cair Inez (pernah aku review di sini) dan LT Pro.

Itu beberapa jenis eyeliner yang aku tahu dan aku punya. Sebenarnya, masih ada beberapa jenis yang lain seperti eyeliner model sticker. Yah, teknologi makin maju, kosmetik yang dihasilkan pun makin aneh bervariasi. :)

Semoga obrolan kali ini, bisa membantu kamu dalam memilih eyeliner ya!

You May Also Like

32 komentar

  1. mba,, posting tips-tips pake eyeliner dong,, susah banget make eyeliner yang rapih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah,ini yg susah motretnya :D
      kapan2 deh,sempet kepikiran juga siiih..

      Hapus
  2. hai Mon ^^
    sama donk, aku juga baru kenal eyeliner waktu kuliah XD
    btw nice tips Mon! kalo aku juga suka eyeliner cair yg matte,hehe
    salam kenal yak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, Fanny.. Iya,asikan yg cair matte,apalagi yg kuasnya letoy :D

      Salam kenal balik :)

      Hapus
  3. itu ada eyeliner cair warna coklaat ya??? aduhh pingin..merk apa itu ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh2,mana eyeliner coklat?
      itu item semua,dear.. :)

      Hapus
    2. Ada koq eyeliner Warna coklat, merek Revlon.
      Salam kenal Monica

      Hapus
  4. Sama bangettt dulu pas baru belajar juga maunya cuma eyeliner cair yg ujungnya kaya spidol, giliran sekarang mah mending yang letoy aja deh lebih ketceehh hahaha..

    Mon, bikin list eyeliner favoritmu dong, sekalian mini ripiunya.. heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ketjeh bgt yg letoy tuuuuh :D

      wah elener favoritku cuma ada duaaaa.. hahahaha

      Hapus
  5. Inez liquid eyeliner itu favorit bangettt... murah dan gampang dicari lagi, secara produk lokal.

    Kalo yg gel, punya yg silkygirl tapi gampang smudge terus mata panda deh kalo udah rada lama. :(


    http://rebelliciouswoman.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah,itu!! paporit bangeeeeet! >.<

      wah yg silky blm pernah cobaaa..

      Hapus
  6. Hai kak, aku Maria :)
    Harga eyeliner Fanbo berapaan ya? Trus hasilnya matte atau glossy?
    Btw, fotonya bagus, enak dilihat. Hehe, kamera apa nih?
    Salam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh,aku kok lupa ya harganya >.<
      Nggak sampai 40ribu sepertinya..
      Hasilnya nggak matte,tapi juga nggak glossy..
      Pakai Canon 650D,dear..

      Hapus
  7. I'm a sucker for gel eyeliner! XD Soalnya bisa dibaurin pake eyeshadow jadi lebih alami. My fave now is Etude Drawing Show Creamy Liner (namanya creamy tapi padahal gel lol)
    Tapi kalo mau bold look emang lebih enak liquid liner, apalagi yang hitam, langsung pop out deh mata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai,Pherdita..
      Aku nggak terlalu suka sama gel eyeliner soalnnya ribet sih mesti pakek kuas, hihihihi..

      Hapus
  8. Kak, aq mau tnya donk, eyeliner yg ga mengkilap klo dipake, jdi keliatannya lebih alami gtu, itu jenis yg mana ya? skalian referensi merk apa? mkasih ya sblumnya ka, :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau yg matte, bisa coba yang cream, liquid, atau gel eyeliner :)

      Hapus
  9. sist,,,bisa recomendasiin gag,,liquid eye liner yg hasilnya matte...cz q masih pemula nih....

    makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang matte, setauku ada Inez sama Revlon. Tapi, baru nyoba yang Inez :D

      Hapus
  10. sist..tolong recomendasiin dong,,liquid eye liner yang matte,,,cs q masih pemula dlm bidang make up nih....

    makasih...

    BalasHapus
  11. Hi salam kenal..
    Aku kenal eyeliner juga awal-awal kuliah ni (baca: taun lalu) hahaha...
    Eyeliner pertama ku yang gel liner dari maybelline dan suka banget.. cocok buat pemula... terus iseng-iseng beli yang pencil punya revlon karna aku pikir bakal lebih gampang... tapi ternyata aku nggak cocok sama pencil.. karena nggak waterproof dan smudgeproof (padahal aku tipe orang yang keringetan terus.. :) )
    dan baru-baru ini aku beli pixy yang perfect eyeliner... dan sukaa... nggak terlalu susah pakenya karna kuasnya kayak spidol.. cocok buat pemula... hehehe..

    visit me : littlemays.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, dear..
      Iya, yg pensil emang kebanyakan nggak awet gitu, apalagi yg mukanya tambang minyak :D

      Hapus
  12. Mau tnya donk, eye liner spidol yg waterprroff merk apa ya mba ?

    BalasHapus
  13. Hai kak, eyeliner yg gak mngkilat merk apa yah.. kan bnyak tuh eyeliner yg hitam ny kilat2 gtu..

    Mkasih..😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai!
      Ada banyak yang nggak mengkilat. Cobain aja punya Inez atau My Darling :)

      Hapus
  14. Hemmm....seneng bs tw bnyk soal kosmetik.....msh pemula...hehe...

    BalasHapus
  15. Hi...Salam Kenal
    Klo aku lbh parah. Kenal yg namanya kosmetik pas udah nikah (4th lalu) demi suami cieee...itupun sampe skrng msh blajar. Byk yg ga ku tau nama2&istilah dlm dunia kosmetik. Yg ku tau hny alas bedak, pelembab&lipstik... hahai... katroooo bgt ya ^^! Begitu nyasar ke sini jadi tambah ilmu he he...
    Ma kasih ya mba

    Ratih

    BalasHapus
  16. kak mau tanya klo eyeliner pensil buat bawah mata yg bagus dan ga luntur apa yah? makasih :)

    BalasHapus
  17. Q pernah beli eyeliner spidol de mirabella dan hasilnya menyebalkan dr pertama x pake itu spidol udh kering. Pernah jg beli eyeline cair maybeline dan silky girl hasilny jg putih dan cair gtu aneh sejauh ini eyeliner cair wardah yg hsilny oke. Cuma kuasnya kebesaran kd agak sulit klo mau tipis2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku malah belum pernah coba yang liquid Wardah :|

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...