July 5, 2017

[Makeup Tutorial] Bikin Ombre Lips? Nggak Susah Kok!

tutorial membuat ombre lips

Trend ombre lips sepertinya sudah lewat ya? Sudah nggak seheboh dulu awal-awal demam Korea melanda kimcil-kimcil hietz di Indonesia. Nggak heboh bukan berarti tabu untuk dipraktekkan. Karena yang tabu hanyalah stalking social media mantan yang udah ketahuan kalau kevarat.

Belakangan ini, saya lagi demen banget bikin ombre lips karena entah kenapa menurut saya bibir saya jadi terlihat lebih kemripik menggoda untuk dikecup dan dikunyah *Lah, kok malah koyo emping Lebaran, kurang tape*. Yah, walaupun pol-polannya cuma berkecup ria dengan anjing saya yang bernama Gyo #DekMonKuduKuat, ombre lips tetap menjadi solusi yang haqiqi untuk menghilangkan kebosanan.

Sebenarnya, ombre lips lebih cocok untuk kalian yang memiliki bibir tebal karena memberikan ilusi bibir menjadi lebih tipis dan kecil. Tapi, buat kalian yang bibirnya kecil, tetap bisa mencobanya kok! Noh, bibir saya juga mungil, tapi lucoeq-lucoeq aja pakai ombre lips. Setidaknya menurut saya sendiri sih, hahahahaha.

Tadinya, saya malas bikin ombre lips. Bukan karena terlihat ribet, tapi karena bibir saya sangat-sangat hitam, jadi tampak seperti mustahil bagi saya bereksperimen dengan ombre lips. Tapi, ternyata memang tidak ada yang mustahil di dunia ini. Bibir saya yang hitam bisa diaplikasikan ombre lips! Hebat kan saya.

Banyak yang bilang kalau bikin ombre lips itu ribet. Eits, siapa bilang? Masih lebih ribet makan kwaci, gaeeees.. Ukurannya kecil, harus dikupas dulu, dan makannya harus satu per satu, udah gitu yang dikunyah cuma seiprit. Tapi, tetap asique sih. Ada yang penggemar kwaci? #MalahNgomonginKwaci.

Bikin ombre lips itu nggak susah kok! Ciyus. Nggak perlu lipstick mahal juga. Saya anaknya receh banget, nggak punya lipstick mahal. Percaya deh sama Dek Mon.

Yang diperlukan untuk membuat ombre lips nggak banyak kok!

1. Concealer atau foundation (wajib bagi yang bibirnya hitam seperti saya).
2. Lipstick/lip cream warna nude.
Saya lebih suka lipstick/lip cream yang berwarna MLBB, My Lips But Better. Karena kalau terlalu pucat, jatuhnya nanti bibir jadi seperti orang sakit. Kan nggak asique, pengen bibir terlihat kecupable, tapi malah dikira sakit. Kalau saya sih memang setiap hari sudah sakit.... sakit otak.
3. Lipstick/lip cream warna merah.
Saran saya, lebih baik pakai yang model lip cream karena lip cream cenderung lebih mudah untuk di-blend atau dibaurkan dibandingkan dengan lipstick biasa. Pilih yang mudah di-blend atau dibaurkan agar warna ombre atau gradasi warna lipstick yang dihasilkan bisa lebih smooth. Begicuuu..


Kalau sudah siap dengan peralatannya, kuy cus ke step by step-nya!

1. Concealer atau foundation untuk menyamarkan garis bibir


Ombre lips berarti membuat warna gradasi dari luar ke dalam bibir dengan warna semakin gelap. Jadi, alangkah lebih cantik apabila garis bibir tersamarkan. Kalau ingin memakai lip liner, boleh saja kok! Asalkan warna lip liner-nya sewarna dengan warna kulit di sekitar bibir.

tutorial membuat ombre lips

Untuk menyamarkan garis bibir, saya lebih suka menggunakan foundation cair karena lebih mudah dibaurkan dan ketika ditimpa dengan lipstick nggak membuat lipstick menjadi pecah. Foundation cair yang saya gunakan adalah Revlon Colorstay Foundation. Foundation yang masih menjadi andalan saya sampai saat ini. Untuk sehari-hari, biasanya saya gunakan foundation ini untuk menyamarkan kantung mata dan juga menyamarkan garis bibir yang hitam.


2. Aplikasikan lip cream warna merah pada bagian tengah bibir.


Ombre lips versi saya, saya lebih suka mengoleskan lip cream warna merah terlebih dahulu di bagian dalam bibir, kemudian warna nude di bagian luar bibir. Dengan begitu, saya jadi bisa lebih memperkirakan sampai sejauh mana saya harus mengaplikasikan nude lipstick-nya.

tutorial membuat ombre lips

Saya biasa menggunakan Sariayu Duo Lip Color warna K-02 karena menurut saya warna merahnya pas untuk membuat ombre lips. Warnanya merah dengan sedikit hint magenta, jadi gradasi warna yang dihasilkan bisa kiyut gitu deh. Kiyut seperti anjing saya.

Kalau kalian punya lip tint warna merah, boleh-boleh saja digunakan. Tapi, saya pribadi kurang suka memakai lip tint karena susah banget membaurkannya. Belum sempat dibaurkan, sudah keburu kering atau menyerap di bibir. Alhasil gradasi warna yang dihasilkan kurang bagus.

3. Aplikasikan nude lipstick/lip cream di bagian luar bibir


Setelah mengaplikasikan warna merah di bagian dalam bibir, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan warna nude di bagian luar bibir. Boleh memakai lipstick biasa maupun lip cream. Yang terpenting adalah kalian bahagia. Ingat ya, BA-HA-GI-A. Bukan pura-pura bahagia. Kalau pura-pura bahagia, kalian harus makan yang banyak. Saya tahu, pura-pura bahagia itu butuh banyak tenaga.

tutorial membuat ombre lips

Saya biasa menggunakan Mineral Botanica Soft Matte Lip Cream warna Pinky Beige (008). Tadinya, saya beli lip cream ini karena berharap warnanya pink kecoklatan macam Wardah Matte Lipstick warna Essential Nude (19). Tapi, ternyataaaaa.. nggak ada warna pink-nya sama sekali. KZL. Kalau hanya digunakan sendirian (sendirian banget nih kayak Dek Mon?), warnanya malah membuat saya terlihat seperti orang sekarat. KZL kuadrat.


Untungnya, otak saya masih jalan, saya coba-coba untuk membuat ombre lips. Ternyata, warnanya perfect untuk bagian luar bibir saya! Ditambah lagi Mineral Botanica Soft Matte Lip Cream ini pigmented banget. Sekarang malah saya jadikan lip cream andalan dalam membuat ombre lips, alhamdulillah #DekMonPintar.

4. Aplikasikan ulang lip cream warna merah


Step terakhir adalah aplikasikan ulang lip cream warna merah di bagian dalam bibir agar warna merahnya semakin terlihat pekat.

tutorial membuat ombre lips

Selanjutnya, jangan lupa ditap-tap menggunakan jari agar gradasi warnanya bisa lebih smooth, nggak terlihat patah seperti hati kalian yang patah melihat Mas Hamish tunangan dengan Mbak Raisa.

Ada tips nih buat kalian yang berbibir mungil seperti saya, tapi tetap "maksa" pengen bikin ombre lips. Jangan membuat warna gradasi terlalu ke dalam karena itu hanya akan membuat bibir kalian semakin mungil dan tipis. Buatlah gradasi warna sedikit banyak ke bagian luar bibir.

Aaaannnd... DONE!
Ombre lips siap untuk dikecup..... oleh Gyo!
Semoga tutorial-nya bermanfaat! Ombre lips ini cocok untuk semua acara kok. Buat maen oke, buat ke kantor oke, buat kuliah oke, buat yank-yankan juga oke. Niscaya penampilan kita bakal lebih terlihat fresh!

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com 

8 comments:

  1. Mineral Botanica Pinky Beige?? di situ jadi cakep banget kok-an yaa? Sariayu Duo Lip Color warna K-02 juga tsakep, padahal aku takut warna itu bakal bikin menor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. He'eh si Pinky Beige emang kalo buat ombre paaasss.. kalau dipakek sendirian aneh πŸ˜‚
      Yang sariayu juga, kalau dipakek sendirian jadi kayak cabe2an 🚢🚢🚢

      Delete
  2. Pas di tap pake tangan, produknya ga ke wipe ya? Kebetulan pernah coba juga bikin ombre tapi pake lipcreamnya si beauty story, langsung pada keangkat gitu jadinya cracking dan gabagus :( padahal kalo dipake produknya sendiri tanpa dicombine hasilnya bagus hehe

    www.jennitanuwijaya.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keangkat, tapi nggak ilang. Si Sariayu yang merah ini emang tipenya yang setengah ngeresep ke bibir. Tap2nya juga ttp harus pelan2 sih πŸ‘Œ

      Delete
  3. cakeep ♥
    udh jarang nih yg ngasih tutorial kyk gini. kebanyakan kasih tutorial untuk bibir biar lbh bervolume

    aku follow gfc mu yaaa
    sweetmaymories.wordpress.com

    ReplyDelete
  4. Kalau bibir tipis kecil kayak aku pakai ombre lips malah bikin makin ga keliatan bibirnya mba hahaha

    www.deniathly.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kooookkk.. Ciyus
      Tapi pilih warna lipstick luarnya jangan yang pucet2 banget, yang sewarna bibir, dan lipstick dalemnya jangan terlalu ke dalem (?)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...