June 12, 2017

[Tips] Bagaimana Cara Memilih dan Memakai Lipstick Untuk Bibir yang Hitam?

Cara memilih dan memakai lipstick untuk bibir hitam

"Mbak, Mon.. Bibirku hitam dan berasa nggak pantes pakai lipstick apapun. Ada tips nggak?"

Pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang paling sering saya dapatkan, baik melalui akun Instagram (@monicaagustami) maupun melalui email. Bahkan pernah ada yang add pin BBM saya untuk menanyakan bagaimana cara memilih dan memakai lipstick untuk bibir yang hitam. Niat banget. Sungguh. Saya terharu.

Nah, daripada saya menjawab pertanyaan yang sama berulang kali dari kalian yang galau dengan bibir hitam kalian, ada baiknya kalau saya menjadikannya sebagai blogpost khusus. Jadi, biar lebih banyak lagi yang merasa terbantu. *udah berasa super hero yang tips-nya membantu orang banyak* *kibasin klebet Superman* (((klebet)))

Bibir yang hitam memang jadi permasalahan banyak perempuan karena tidak semua perempuan memiliki bibir pink merekah dan menggoda untuk dicium. Ada beberapa faktor penyebab bibir hitam dan salah duanya adalah karena faktor keturunan dan karena merokok.

Kalau masalah faktor keturunan, ya mau bagaimana lagi? Terima nasib saja. Ya, masak mau heboh sendiri, lalu bilang ke orang tua, "Bibirku hitam! Semua karena Papa dan Mama! Aku benci! Papa Mama suci ku penuh dosa!" Oh, oke. Aku berlebihan. Maklum, aku penggemar Awkarin. Eh, btw Takis bubar #malahnggosip

Tapi, terima nasib bukan berarti nggak berbuat apa-apa. Ada beberapa tips untuk kalian yang memiliki bibir hitam, tapi ingin bibir terlihat berwarna pink merekah renyah #wuopooooooh #padakkekerupuk.

Btw, bibir saya juga hitam ya. Jadi, tips ini memang sudah saya praktekkan dan bukan omong kosong, walaupun hidupku penuh dengan omong kosong #halah.

Pilih lipstick yang pigmented


Warna bibir hitam punya sifat yang susah menyatu dengan warna lipstick. Ternyata bukan hanya cinta kita, Mas yang susah menyatu! HA! Karena itu, sebagai pemilik bibir hitam, kita wajib memilih lipstick yang pigmented atau yang warnanya benar-benar mampu menutup warna bibir kita yang hitam.

Cara memilih dan memakai lipstick untuk bibir hitam


Biasanya, lipstick yang pigmented adalah lipstick yang hasil akhirnya matte atau semi matte karena teksturnya yang lebih pekat dibandingkan dengan lipstick glossy. Ada sih, lipstick glossy yang pigmented, tapi biasanya harus dioles berkali-kali. Akibatnya, bibir jadi terlihat seperti habis makan gorengan segerobak. NYAM!

Untuk tahu pigmented tidaknya sebuah lipstick, memang harus dicoba sendiri. Jadi, ketika pilih-pilih lipstick di konter kosmetik, lebih baik langsung dicoba di bibir.

Buat yang sedikit ngeri mencoba lipstick tester langsung di bibir karena bekas bibir orang banyak, sebelum mencoba ada baiknya mengelap lipstick tester tersebut menggunakan tissue. Tapi, buat yang beneran ogah, bisa dicoba dengan terlebih dahulu mencoret-coret punggung tangan menggunakan pensil alis. Nah, kalau lipstick-nya bisa menutup coretan pensil alis tersebut, berarti pigmented. Gampang tah?


Pilih warna lipstick yang tepat


Warna lipstick yang tepat dan aman bagi si bibir hitam adalah warna orange kecoklatan karena bisa menetralkan warna bibir kita yang hitam. Dan sebaiknya hindari lipstick warna bright pink atau yang pure pink karena di bibir kita yang hitam, warnanya akan berubah keunguan seperti orang keracunan........ Nggak ding! Hahahahaha.. Memang jadi berwarna keunguan, tapi nggak seperti orang keracunan juga. Kalaupun ingin memakai lipstick berwarna pink, bisa pilih warna pink yang kecoklatan.

Dan yang paling penting adalah jangan lupa untuk tetap menyesuaikan warna lipstick dengan warna kulit kita. Nggak lucu kan kalau bibir kita sudah berwarna pink nacural, ternyata di kulit kita bikin kita terlihat seperti mendez atau menthel ndezo. Kalian nggak tahu apa artinya mendez? Akh, kalian kurang gaul! Kurang gaul sama mendez! Sini saya gauli.

Memakai lip liner


Bibir yang hitam memiliki batas yang tegas antara warna kulit wajah dengan warna bibir. Karena itu, sebelum memakai lipstick, ada baiknya kita memakai lip liner untuk menyamarkan batas yang tegas tersebut sehingga lipstick bisa terlihat lebih natural.

Walaupun namanya "lip liner", kita boleh kok memakainya sampai ke tengah bibir, terutama bagi kita para pemilik bibir hitam. Fungsinya adalah agar warna hitam pada bibir benar-benar bisa tersamarkan.

Punya lipstick yang warnanya kamu suka banget banget banget, tapi ternyata kurang pigmented? Pakai saja lip liner! Masalah hidupmu yang pelique terselesaikan! Tapi....... dengan catatan, warna lip liner senada dengan warna lipstick kamu. Kalau lip liner kamu warna merah, sedangkan warna lipstick kesayangan kamu warna coklat nude, jelas saja nanti hasilnya sudah bukan lagi coklat nude.


Memakai foundation atau concealer


Memakai foundation sampai ke bibir adalah solusi bagi yang malas atau belum punya uang untuk membeli lip liner. Dek Mon memang orangnya solutif kok. *ditimpukin lipstick* *ambil* *jual*

Cara memilih dan memakai lipstick untuk bibir hitam

Apabila lipstick kita dirasa kurang pigmented, tapi ternyata kita  nggak punya lip liner, kita bisa menggunakan foundation atau BB Cream atau antek-anteknya yang lain. Fungsinya adalah menetralkan warna hitam pada bibir sehingga bisa sewarna dengan kulit. Dengan begitu, warna lipstick akan menjadi lebih mudah "masuk" ke warna bibir kita.

Yang perlu diingat adalah gunakan foundation atau concealer secukupnya di bibir karena kalau kebanyakan, nantinya lipstick bisa terlihat retak. Nggak hanya hati  Dek Mon yang bisa retak, tapi lipstick pun bisa. Hhhhhhh...

Untuk acara-acara khusus, saya lebih suka menggunakan metode sebagai berikut:

1. Oleskan lip balm tipis-tipis.
2. Oleskan foundation atau concealer pada bibir.
3. Pakai lip liner untuk membingkai bibir.
4. Pakai lipstick kesayangan.

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

4 comments:

  1. Ses Mon memang selalu informatif. Tapi paling ngakak sih tetep bagian mendez. Rasane pengen ngakak. Sejak balik hidup di Purwokerto nggak pernah denger orang bilang mendez 😂

    Aku kan nggak modalan jadi pakenya tips yang terakhir. Lip liner lagi nggak ndue. Duh kere banget... 😳

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahahahak, eh bikin kumpulan blogger mendez yuk! 😄

      Sama.
      Aku lip liner juga buat makeupin orang aja kok. Sayang kalau dipakek sendiri 🐒

      Delete
  2. tips lipstik buat bibir kecil dan kering dong kakak hahahaha

    www.deniathly.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh eh, bibirku juga kecil. Kecupable gitu 😘

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...