October 24, 2016

Tutorial Mengedit Foto FOTD Melalui Handphone

Tutorial Mengedit Foto FOTD Menggunakan Handphone

Aku sering banget ditanyain, "Mon, kamu kalau edit foto buat Instagram pakai aplikasi apa? Photoshop ya? Atau kamu punya ring light?" Tentu saja aku menjawab, "Nggak. Aku edit foto langsung pakai handphone. Dan aku nggak punya ring light. Mahal." Kalau mengedit foto melalui handphone saja bisa, kenapa harus melalui Photoshop?

Aku adalah orang yang sangat-sangat pemalas. Bayangkan, aku harus foto pakai kameraku, lalu aku transfer ke handphone menggunakan wifi, kemudian transfer lagi ke laptop, setelah diedit aku transfer lagi ke handphone untuk diupload ke Instagram. Atau, aku harus foto pakai kameraku, aku transfer file dari memory card ke laptop, setelah diedit aku transfer lagi ke handphone.

Halah, makjaaaaaang.. Cari jodoh sudah susah, aku nggak mau lagi nyusahin hidupku dengan proses edit foto sepanjang proses persidangan Jessica. 

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah mengedit foto melalui handphone bisa mendapatkan hasil seperti menggunakan Photoshop? Oh, tentu bisa! Eh, tapi jangan dipikir kalau edit fotonya semacam manipulasi foto ya. Edit foto yang aku maksud adalah bagaimana mengedit foto menjadi lebih cerah tanpa kehilangan kamu, eh kehilangan warna aslinya.

Sering banget aku lihat foto yang sepertinya aslinya gelap, tapi setelah diedit si empunya foto, fotonya malah jadi aneh dan kehilangan warna aslinya. Misal, warna asli eyeshadow di foto aslinya adalah warna merah, tapi setelah diedit, warna merahnya berubah menjadi orange. Padahal niatnya cuma ingin foto menjadi lebih terang, tapi ternyata dunia persilatan malah jadi heboh.

Nah, di blogpost kali ini, aku mau berbagai tutorial mengedit foto melalui aplikasi edit foto di handphone. Biar nyambung dengan tema blog-ku ini, foto yang aku pakai sample adalah foto FOTD-ku. Biar kalian ada bayangan juga bagaimana hasilnya ketika diterapkan ke FOTD kalian. Suka kesel kan ya kalau aslinya sudah cantik, ternyata ketika difoto hasilnya gelap karena mendung kelabu menggelayut #uopoh.

Aplikasi yang jadi favorit aku untuk mengedit foto adalah Photo Director. Buat kalian para pengguna Android, bisa langsung mendownload melalui Play Store. FREE!

Karena aku belum punya ring light dan aku hanya bisa membuat FOTD di malam hari dengan cahaya yang terbatas dan aku dapatkan dari lampu meja belajar, maka aku perlu melakukan proses edit foto terlebih dahulu.

Photo Director

Dari sekian banyak aplikasi edit foto yang sudah aku coba, menurutku Photo Editor merupakan aplikasi edit foto yang fiturnya paling memenuhi kebutuhanku.

1. Exposure

Setelah memilih foto yang ingin diedit, langkah pertama yang biasa aku lakukan adalah mengatur exposure. Exposure dapat didefinisikan sebagai jumlah cahaya yang diterima oleh sensor kamera. Dengan kata lain, apabila foto kita terlalu gelap, kita harus menaikkan exposure-nya.

Tutorial Mengedit Foto FOTD Menggunakan Handphone

Cara untuk meningkatkan exposure melalui Photo Editor adalah pada daftar menu di bagian bawah, pilih menu Adjust, kemudian pilih sub menu Tone. Selanjutnya akan tampil beberapa sub menu lagi.

Tutorial Mengedit Foto FOTD Menggunakan Handphone

Untuk mengatur exposure, kita pilih Exposure. Untuk meningkatkan exposure, geser panel ke arah kanan. Untuk foto yang aku pakai, aku tingkatkan exposure dari 0 menjadi 0.5. Untuk menentukan terang yang pas, gunakanlah perasaan. Kalau sekiranya kurang terang, ya tingkatkan lagi. Mengedit foto juga perlu baper.

2. Contrast

Setelah meningkatkan exposure, biasanya foto menjadi kurang tajam karena bagian gelap pada foto juga ikut menjadi terang. Karena itu, untuk memberikan kesan tegas pada foto, kita harus meningkatkan contrast pada foto sehingga batas antara warna gelap dengan warna terang dapat lebih terlihat.

Tutorial Mengedit Foto FOTD Menggunakan Handphone

Pilih Contrast, kemudian geser panel ke arah kanan sampai ke tingkat contrast yang diinginkan. Untuk foto yang aku pakai, aku set contrast dari 0 menjadi 30.

3. Shadow

Setelah meningkatkan contrast, apabila masih dirasa batas antara gelap terangnya masih kurang, sedangkan apabila contrast-nya ditambah malah menyebabkan foto menjadi terkesan "kotor" atau "gosong", bisa diakali dengan mengatur shadow. Maksud dari mengatur shadow adalah mengatur bagian gelap foto tanpa ikut mengubah bagian terangnya.

Tutorial Mengedit Foto FOTD Menggunakan Handphone

Setelah memilih Shadow, karena aku ingin membuat bagian gelap foto menjadi lebih gelap, maka aku menggeser panel ke arah kiri. Untuk foto yang aku pakai, aku set shadow dari 0 menjadi -21.

4. Curve

Fungsi curve adalah untuk mengatur gelap terang foto dengan cara menggeser-geser kurva yang ada. Apabila setelah mengatur exposure aku masih merasa foto kurang terang, aku akan mengutak-atik fitur curve.

Tutorial Mengedit Foto FOTD Menggunakan Handphone

Jangan takut dulu setelah mendengar istilah "kurva". Cara mengatur curve sangat mudah, yaitu dengan memilih menu Adjust, kemudian pilih sub menu Curve. Selanjutnya tinggal geser bagian tengah kurva ke atas (searah tanda panah warna merah). Taraaaa... foto akan menjadi lebih cerah.

5. White Balance

White balance digunakan untuk mengatur warna pada foto. Biasanya digunakan untuk menetralkan warna sehingga warna obyek pada foto bisa semirip mugkin dengan aslinya.

Tutorial Mengedit Foto FOTD Menggunakan Handphone

Karena aku merasa hasil fotoku terlihat terlalu kuning, maka aku ingin mngurangi warna kuning tersebut menggunakan fitur white balance. Pilih menu Adjust, kemudian pilih sub menu White Balance. Untuk mengurangi intensitas warna kuning, aku menggeser panel ke arah kiri. Sedikit saja, aku ubah dari 0 menjadi -6 karena kalau terlalu banyak, warna pada foto bisa menjadi kebiruan.

6. HSL (Hue Saturation Lightness)

Setelah mengatur white balance, biasanya detail warna makeup pada foto menjadi tidak terlalu tajam. Karena itu, kita perlu mempertajam detail warna menggunakan fitur HSL.

Tutorial Mengedit Foto FOTD Menggunakan Handphone

Tutorial Mengedit Foto FOTD Menggunakan Handphone

Pilih menu Adjust, pilih sub menu HSL. Kemudian akan tampil deret warna. Kita bisa pilih deret warna sesuai dengan warna yang ingin kita pertajam. Misalnya, aku ingin mempertajam warna pink pada foto, maka aku pilih warna pink, kemudian pada bagian Saturation aku geser ke arah kanan. Begitu seterusnya. Pada foto yang aku gunakan, aku mempertajam warna pink, ungu, dan biru, serta mengurangi intensitas warna kuning (pada bagian Saturation aku geser ke kiri).

7. Memperhalus kulit

Menurutku, membuat kulit terlihat lebih halus adalah sesuatu yang sah asalkan nggak kebablasan sehingga kulit malah jadi terlihat nggak punya pori-pori. Ngeri banget bro kulit nggak punya pori-pori! Nah, di Photo Director ada menu Portrait Tools > Smoother yang berfungsi untuk membuat kulit terlihat lebih halus. Yang aku suka adalah kita bisa memperhalus hanya pada bagian kulit yang memang ingin kita perhalus. Di foto ini, aku hanya memperhalus bagian atas mata karena memang bagian atas mataku terdapat bintil-bintil yang mengganggu estetika foto.

8. Light Leak

Langkah yang terakhir adalah aku ingin membuat efek dreamy pada fotoku dengan menambahkan sedikit efek cahaya menggunakan menu Overlays >  Light Leak.

Tutorial Mengedit Foto FOTD Menggunakan Handphone

Fitur Light Leak memiliki beberapa pilihan efek cahaya dan kita bisa memilihnya sesuai dengan selera kita dan tentu yang nyambung dengan foto kita.

Tutorial Mengedit Foto FOTD Menggunakan Handphone

Setelah memilih efek cahaya, kita bisa mengatur letak dari cahaya tersebut dengan memilih icon bergambar pensil. Setelah menentukan letaknya, karena aku merasa efek cahayanya terlalu terang dan malah mengganggu detail dari makeup yang ingin aku tonjolkan, aku ingin mengurangi intensitas cahaya dengan memilih kembali icon bergambar pensil. Kemudian aku geser panel ke arah kiri.

Tutorial Mengedit Foto FOTD Menggunakan Handphone

And theeeeen... DONE!
Semoga tutorial ini berguna dan selamat ber-FOTD ria! :D

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

28 comments:

  1. Asek asekkkk, makasih sess infonyaa aplikasinya yahud

    ReplyDelete
  2. Nice info kak buat aku yang awam soal edit mengedit. :D

    lala-yolala.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. asik mb mon,,kebetulan punya problem yang sama,pakai lipen orange malah jadinya pink semua di hp..makasih mb mon info applikasinya

    ReplyDelete
  4. Waa aku akhirnya download hahahah maaci infonyaa ^^

    ReplyDelete
  5. Momon canggiiiih... Donlod aaah 😄

    ReplyDelete
  6. Asyiik aku selama ini cuma ngandelin snapseed. Thanks ya

    ReplyDelete
  7. Iya udah banyak aplikasi photo editor di hape sekarang, di Youtube tuh selebgram banyak yang ngedit fotonya cuma via hape aja. Berhubung aku nggak betah klik-klik pake jari, enakan pake mouse, jadi kurang gitu tertarik meski nampak legit hahaha #fansphotoshop :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat blog aku tetep pakai Photoshop juga kok, Nin :D
      Cuma kalau buat IG, emang lebih enak langsung di handphone, tinggal sat set sat set! Upload! :D

      Delete
  8. Thanks infonya ya.. Mau tak coba ah.
    Dalam kenal mba

    ReplyDelete
  9. waahh aku juga ngedit pake iniiii hahaha XD nemu temen yeesss!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iYEEESSSS!!! Emang paling memenuhi ini sih, nggak neko2 juga :))

      Delete
  10. Wah cakep mon,
    Tak download aplikasi dlu dah, demi kebahagian hidup seterusnya =}

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Bule.. Selamat menempuh hidup bahagia :D

      Delete
  11. wah, bermanfaat banget nih aplikasinya.
    Aku biasanya pakek VSCO sih, soalnya mendukung buat bikin foto nampak vintage wkwkwk

    www.deniathly.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah gak mudeng, Ni pakek VSCO. Aku ndeso :|

      Delete
  12. Itu aplikasinya apa available jga di app store ? hehe

    http://inezdivaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  13. berguna banget ini tutorialnya. aku biasanya kalo buat foto blog pakainya PhotoScape di laptop. haha ribet sih harus mindah-mindahin. cuma kalo cuma buat instagram pakainya VSCOCAM, tp pas liat ini kayaknya lebih keren dari VSCO, yah.


    www.zahratsabitah.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kok malah bingung ya pakai VSCO :|
      Lebih suka pakai ini :D

      Delete

Dilarang menimbulkan huru-hara dan menanyakan hal-hal yang sudah dijelaskan di post melalui comment :)))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...