March 28, 2016

[Tips] Agar Foundation Lebih Tahan Lama Untuk Kulit Berminyak


Anda mudah berkeringat?
Kulit wajah Anda sangat berminyak?
Kalau pakai foundation jadi gampang luntur?
Lebih parahnya lagi, cinta pasangan Anda jadi ikut luntur?
*malah jadi kayak iklan On Cl*nic*

Untuk permasalahan nomor 1-3, aku akan memberikan beberapa tips untuk mengatasinya. Tapi, untuk permasalahan nomor 4, hmmmmm.. pacar aja belum punya, masa iya mau ngasih tips tentang cinta pasangan yang mulai luntur. Kalau aku sibuk ngasih tips untuk kalian yang sudah berpasangan, lah terus siapa yang mau ngasih aku tips? Lelembut? Atau dukun pelet?! *mbayangin Mbah Dukun baca mantra sambil melet-melet*

Beberapa waktu lalu, di saat aku sedang menikmati keheningan malam, tangan kanan scroll timeline Instagram, sedangkan tangan kiri asyik menari-nari di salah satu lubang hidung *ooooh.. sungguh kenikmatan duniawi*, seorang teman mengirim pesan yang intinya dia minta tips agar foundation bisa lebih tahan lama dan tidak mudah luntur. Dengan berlagak misterius, aku pun menjawab bahwa aku nggak akan menjawab melalui Whatsapp, melainkan aku akan menulis tipsnya di blog. Lumayan kan disumbang ide untuk menulis blog, fufufufu..

Buat kita yang doyan dandan dan punya jenis kulit cabang Pertamina, foundation yang tahan lama tampak seperti mimpi yang mustahil. Eits, jangan sedih dulu! Mas Leonardo aja di-PHP-in Oscar selama 12 tahun akhirnya menang juga. 12 tahun, meeeeeeeeen.. Dari yang dulu ganteng aja sampai sekarang udah ganteng banget, baru menang. Dunia memang kejam, Nak. Foundation luntur bukanlah penderitaan yang tiada akhirnya. Di blogpost kali ini, aku akan memberikan beberapa tips agar foundation bisa lebih tahan lama, khususnya untuk kalian yang mempunyai kulit wajah berminyak.


1. Gunakan face primer


Face primer berbeda dengan foundation. Face primer digunakan sesudah menggunakan rangkaian skincare dan sebelum menggunakan foundation. Face primer biasanya berbentuk cream, lotion, atau gel dan mudah meresap di kulit. Biasanya, face primer berbahan dasar silicone yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori (hanya bersifat sementara), mengontrol minyak di wajah, dan membantu agar foundation lebih "menempel".
Kalau ditanya face primer apa yang bagus, maaf aku nggak bisa jawab karena tergantung kondisi kulit masing-masing. Aku sudah pernah share tentang face primer yang jadi salah satu produk makeup favorit aku di tahun 2015, mungkin bisa menjadi referensi. Oiya, aku nggak menyarankan untuk memakai face primer setiap hari terutama buat kalian yang punya kulit yang mudah berjerawat. Gunakan face primer pada saat acara-acara penting saja ya, Nak!

Baca juga: [Ngobrol Cantik] Makeup Terfavorit di Tahun 2015

2. Kompres kulit menggunakan es batu


Mengompres kulit menggunakan es batu adalah alternatif selain menggunakan face primer karena es batu dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengontrol minyak berlebih pada wajah. Caranya adalah setelah mencuci muka, usapkan satu balok es (balok kecil loh ya, bukan balok yang segedhe gaban) ke seluruh wajah dan fokuskan di daerah "T". Selanjutnya keringkan wajah dengan menepuk-nepuk menggunakan handuk atau tissue. Ingat ya, cukup ditepuk-tepuk dan jangan digosok. Selanjutnya, lakukan ritual skincare dan makeup seperti biasa.


3. Gunakan pelembab secukupnya


Banyak yang bilang meskipun tipe kulit berminyak, kulit tetap membutuhkan pelembab. Tapi, di saat cuaca benar-benar terasa gerah dan aku harus memakai makeup, aku skip pelembab dan langsung memakai BB Cream atau DD Cream. Dan sejauh ini, aku belum pernah mengalami masalah kulit karena skip pemakaian pelembab. Tapi, buat kalian yang belum afdol jika belum menggunakan pelembab, gunakan pelembab secukupnya dan gunakan pelembab khusus kulit berminyak. Pemilihan pelembab yang kurang tepat, dapat membuat wajah makin berminyak.

Baca juga: [Review] Wardah DD Cream yang Murah Meriah

4. Jangan "menggosok" foundation


Dalam mengaplikasikan foundation, minimalkan gerakan "menggosok" terlalu keras karena akan memicu kelenjar minyak di wajah untuk mengeluarkan minyak lebih banyak. Lalu gimana dong? Cukup ditepuk-tepuk saja menggunakan spons lembab dengan gerakan yang anggun sampai merata, jangan gusrah-gusruh. Memang harus sabar, tapi tidak membutuhkan kesabaran sebesar menunggu jodoh kok.

5. Pilih foundation yang tepat


Memilih foundation yang tepat memang bukan urusan yang gampang. Bagai mencari jarum di atas tumpukan jerami #tsaaaaaaah.. Cobalah membeli foundation mulai yang dari murah. Kalau cocok alhamdulillah, kalau nggak cocok kalian nggak akan terlalu sakit hati dan bisa dengan cepat berpindah ke lain hati. Aku sarankan pilih foundation dengan tekstur yang sedikit pekat karena akan lebih menempel di kulit berminyak. Jangan lupa perhatikan kemasannya, cari foundation dengan label "for oily skin".
Selain itu, gunakan foundation dengan warna yang sama atau setengah tingkat lebih terang dari kulit kita sehingga apabila daya tahan foundation tidak sesuai dengan ekspektasi, ketika foundation luntur, warna foundation tidak akan terlihat terlalu kontras dengan kulit asli kita. Kan ngeri kalau kulit jadi blontheng-blontheng.

Baca juga: [REVIEW] Revlon Colorstay Foundation si Penahan Minyak

6. Aplikasikan foundation per layer


Jangan mengaplikasikan foundation langsung dalam jumlah yang banyak karena akan jadi lebih susah menempel di kulit dan rawan menimbulkan garis di daerah garis senyum dan daerah sekitar mata. Apabila memang kalian ingin coverage/daya tutup yang lebih, aplikasikan foundation layer per layer dan tipis-tipis, kemudian tunggu beberapa saat, setelah itu timpa lagi.

7. Gunakan loose powder/setting powder

Mengaplikasikan loose powder/setting powder setelah foundation adalah hal yang wajib untuk kulit berminyak. Nggak usah sok-sokan dewy look ala artis Korea karena beberapa jam kemudian pun sudah dewy dengan sendirinya, fufufu.. Powder berfungsi untuk "mengikat" foundation agar bisa lebih tahan lama dan juga berfungsi untuk menyerap minyak berlebih. Untuk kulit berminyak, pilih powder yang memiliki tekstur tidak terlalu halus agar mampu menyerap minyak berlebih dengan lebih baik.

8. Jangan malas touch up


Sebelum kulit benar-benar berminyak, touch up-lah, Nak. Serap kelebihan minyak menggunakan kertas minyak dengan cara ditepuk-tepuk, jangan digosok ya! *kayak pakaian aja digosok* Selanjutnya, aplikasikan kembali loose powder/setting powder. Apabila ingin yang lebih ringkas, gunakan Two Way Cake untuk touch up.

Baca juga: [REVIEW] Revlon Two Way Cake New Complexion

9. Rawat kulit wajah


Mau sebagus apapun foundation atau mau seberapa sering kita touch up akan percuma apabila kita tidak merawat kulit wajah kita karena apabila kulit wajah tidak dalam kondisi baik, foundation menjadi lebih sulit untuk menempel. So, jangan malas untuk merawat kulit wajah yak! ;)

Semoga beberapa tips di atas bermanfaat bagi kalian yang memiliki kulit berminyak tapi ingin terlihat tsantik sepanjang hari ^^

Thank you for stopping by! :-*
Instagram: @monicaagustami | Email: monicaagustami@gmail.com

14 comments:

  1. Makasih kakak tips nya.. seumur2 baru ini liat blogmu.. duh kemane aje gue.. nice tips

    ReplyDelete
  2. Oia mau tny dong mon, misal utk menutupi spot2 gimaana ya? Krn kadang kl cm foundation aja kan ga cukup cyinn,, ad pengalaman ttg concelar kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari foundation yang coveragenya bagus aja Mbak :D

      Delete
  3. Aaahh tipsnya cihuy bget mbak Mon, aku baca sambil manggut" XD ternyata slama ini aku salah, aku slalu make bb cream/fondie pke tangan dg cara digosok T0T pdhal mukaku tambang minyak! Kyaknya mesti ngerubah kebiasaan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you :)
      Iyaaa.. emang susyaaaah kalo nggak ngusrek2 tu. Apalagi foundationnya susah diblend :(

      Delete
  4. Nice tips Monica!

    Emang untuk ladies yang punya oily skin yang namanya pakai foundation itu tricky banget. Untuk tips no 2 yang pakai es batu itu, aku udah ngerasain sendiri pas acara nikahan, si periasnya nempelin es batu ke muka. Kirain waktu itu mukaku mau dicemplungin bareng es dawet, taunya biar foundie tahan lama. Wkwkwkwkkw...

    Kalau permasalahan no 4, aku bisa bantu jawab.

    Jawabannya adalaaaah..... pakailah foundation dengan baik dan benar sehingga muka kece dan cinta pasangan akan tahan lama juga.

    *kabur*

    www.talkativetya.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. (((((es dawet)))))

      hahahahaha, Kak. Aku kok tetep jomblo ya?
      Sedih ah :(

      Delete
  5. masih mencari foundie yg tepat dan ramah di kantong hmmm ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, emang susah cari foundie yang kece :|

      Delete
  6. Such a nice tips! Thankyou for sharing ♡

    Ghina Aulia {www.colored-canvas.com}

    ReplyDelete
  7. Terima kasih tipsya Mba Monica, kebetulan kulit saya juga berminya,,

    ReplyDelete

Dilarang menimbulkan huru-hara dan menanyakan hal-hal yang sudah dijelaskan di post melalui comment :)))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...