April 19, 2015

[Tips Cantik] Beberapa Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Pertama Kali Dandan

Aku ingat, sekitar 3 tahun yang lalu, ketika aku mulai tertarik untuk berdandan, aku sempat kebingungan.

"Aku pengen dandan kayak Mbak Dian Sastro biar cantik. Tapi, tapi, apa yang harus akoh lakukan??? Apaaaaah?!"

Dandan tidak semudah yang dibayangkan. Sering kali, ekspektasi berbeda dengan realita.

Tips Dandan Bagi Pemula

Naaaaaaaah, nggak pengen kan dandananmu kayak foto di atas?! Mengerikan!!! Aku juga nggak ngerti foto siapa sih itu! Ih!

Biar dandanan kamu nggak jadi seperti foto di atas, berdasarkan pengalaman pribadiku ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat pertama kali dandan.

1. Pahami karakteristik wajah kamu

Coba sekarang kamu ambil cermin, dan amati wajah kamu. Amati baik-baik, apa ada mbak-mbak berbaju putih, berambut pajang, dan matanya merah. #eaaaaaaaaa

Oke, serius.
Ada beberapa hal yang perlu kamu pahami dari wajah kamu sendiri. Kalau karakteristik wajah sendiri saja belum paham, gimana bisa memahami calon pasangan hidup?! #okesip

Aku akan sebutkan 5 hal utama yang perlu kamu pahami dari wajah kamu.

Bentuk wajah

Dengan memahami bentuk wajah, kamu bisa mengetahui bentuk alis yang tepat untuk membingkai wajahmu, bisa mengaplikasikan blush on dengan tepat, bisa belajar teknik shading dengan tepat. Selain itu, dengan mengenali bentuk wajah kamu sendiri, kamu bisa memahami potongan rambut atau model jilbab apa yang cocok buat kamu. Nggak keren dong, kalau makeup sudah bagus, tapi tatanan rambut atau model jilbab nggak sesuai.

Coba lihat gambar berikut untuk memudahkan kamu mengetahui bentuk wajah kamu.

Sumber Gambar


Jenis kulit

Cari tahu jenis kulit wajah kamu, apakah berminyak, kering, atau bahkan kombinasi. Dengan mengetahui jenis kulit, kamu bisa memilih produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Jangan sampai, jenis kulitmu berminyak, tapi malah memakai foundation yang glowy atau memakai bedak yang mengandung glitter. Nanti wajah kamu jadi menyilaukan masyarakat sekitar loooh..

Warna dan tone kulit

Coba perhatikan baik-baik apa warna dan tone kulit kamu. Kalau nggak dipahami baik-baik, kamu bakal bingung ketika memilih warna bedak maupun foundation. Jangan sampai, tone kulit kamu kuning, malah beli warna foundation dengan tone warna pink. Nanti kulit kamu bisa jadi abu-abu, Kak. Selain memilih warna bedak dan foundation, memilih warna lipstik, eyeshadow, dan blush on juga harus memperhatikan warna dan tone kulit. Dengan kata lain, memahami warna dan tone kulit sendiri merupakan hal yang sangat penting.

Bentuk mata

Ini penting. Karena ada pepatah mengatakan "dari mata turun ke hati". #eaaaaaaaaa
Sebagai contoh, dengan memahami bentuk mata sendiri, kamu akan tahu, bentuk eyeliner seperti apa yang paling cocok dengan mata kamu. Jangan asal pakai wing eyeliner, walaupun kalau pakai wing memang nggak bakal geser-geser *apa sih, Mon?!*.
Saat orang berbicara dengan kita, tentu saja orang tersebut akan memandang mata kita. Dengan eye makeup yang tepat dan disesuaikan dengan bentuk mata, tentu saja orang tersebut akan lebih tertarik untuk berbicara dengan kita.

Kalau masih bingung dengan bentuk mata sendiri, coba deh lihat gambar berikut.

Sumber Gambar


Karakter bibir

Memahami karakter bibir sangat bermanfaat dalam memilih lipstik. Bibir kering? Pakai lipbalm dulu sebelum memakai lipstik. Bibir hitam? Pilih lipstik yang pigmented. Bibir tebal? Hindari lipgloss. Daaaaaaan.. seterusnya.

2. Trial and error

Aku ambil contoh dalam hal memasak. Dalam memasak, tentu saja membutuhkan trial and error. Contohnya, ternyata kecap A lebih enak dibandingkan dengan kecap B atau ternyata setiap jenis minyak memberikan aroma yang berbeda-beda pada setiap masakan. Sama halnya dengan memasak, berdandan membutuhkan trial and error. Contohnya saja trial and error dalam hal memilih alat makeup dan cara aplikasi makeup.

Memilih alat makeup

Untuk menemukan alat makeup yang cocok untuk kita, jelas saja membutuhkan waktu. Belum tentu produk A yang cocok di aku, cocok juga di orang lain. Oleh karena itu, jangan bosan membandingkan alat makeup yang satu dengan yang lainnya.

Cara aplikasi makeup

Setiap orang tentu memiliki caranya sendiri dalam mengaplikasikan makeup. Sebagai contoh, aku lebih suka memakai foundation langsung menggunakan jari karena menurutku hasilnya bisa lebih menyatu dengan kulit, tetapi ada juga yang lebih suka mengaplikasikan foundation menggunakan spons. Tergantung dari hasil yang ingin didapatkan dan juga kenyamanan masing-masing.

Karena fase trial and error dalam berdandan itu pasti ada, memperbanyak referensi dengan membaca review dari para beauty blogger sangatlah membantu. *UHUK!*

3. Dandan secara bertahap

Coba bayangkan, ketika kamu bercermin, dari yang dulunya kamu hanya melihat wajah polosan tanpa makeup, sekarang kamu jadi melihat wajah yang full makeup. Bibir pink, kelopak mata berwarna, alis lebih berbentuk. Pasti ada sedikit rasa aneh karena mata kita sendiri pun perlu terbiasa melihat wajah kita yang terlihat berbeda. Nah, rasa aneh tersebut bisa-bisa malah membuat kita jadi nggak percaya diri.

Selain rasa aneh secara visual, saat pertama kali berdandan, wajah kita juga akan merasa sedikit tidak nyaman. Misal, dari yang dulunya tidak memakai apa-apa di bibir, tiba-tiba ditemplokin lipstik, pasti kita akan merasa ada yang mengganjal di bibir kita. Bibir menjadi terasi jontor.

Daripada jadi merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri, lebih baik berdandanlah secara bertahap. Misal, ketika pertama kali berdandan, sebulan pertama pakai saja bedak dan lipstik. Kemudian jika sudah mulai terbiasa memakai bedak dan lipstik, bermainlah dengan alat makeup yang lainnya, misal eyeliner dan pensil alis. Dan begitu seterusnya.

4. Lebih rajin merawat kulit wajah

Ketika sudah memutuskan untuk mulai bermain dengan makeup, jangan lupa bahwa kita juga harus lebih rajin dalam merawat kulit wajah karena saat memakai makeup, tentu saja akan lebih banyak zat kimia yang akan masuk ke dalam pori-pori kulit. Saat tidak memakai makeup, membersihkan wajah menggunakan facial foam memang sudah cukup. Tapi, ketika sudah memakai bedak atau bahkan foundation, membersihkan wajah hanya menggunakan facial foam tidak lah cukup. Bisa-bisa malah jadi jerawatan karena masih ada foundation yang mengendap di pori-pori. Oleh karena itu, perawatan wajah rutin seperti peeling dan maskeran menjadi hal yang penting.

5. Siap menerima kritikan

Semua perempuan, terutama yang tomboy dan baru pertama kali berdandan pasti akan menjadi bahan tertawaan orang-orang di sekitarnya. Hayo, ngakuuuuuu.. Aku pun dulu begitu, bihihihihihik. Aku yang selalu pakai jins, polo shirt, rambut pendek, pegang bedak pun ogah. Tiba-tiba dandan?! Sudah pasti teman-temanku, "Mon, kamu kenapa e?? Pakai lipstik pula! Buahahahahahahahahak.." Bleh! Disenyumin aja, bro! :)

Ketika ada yang berkomentar dengan penampilan baru kita, selain "disenyumin aja", coba perhatikan lagi penampilan baru kita di cermin. Siapa tahu memang aneh, berrrooooooh! Hahahahahaha.. Kalau ternyata memang penampilan kita yang aneh, eits! Jangan putus asa dulu! Kembali ke nomor 3, trial and error. Anggaplah kita belum menemukan style makeup yang cocok untuk diri kita.

Sekian saran atau tips dariku buat kamu yang mau mencoba untuk berdandan. Wajar kok kalau awal-awal berdandan kamu membuat banyak kesalahan karena semua perempuan pasti mengalami fase salah dandan. Aku pun pernah. Bisa dibaca di tulisanku yang ini.

Semoga dapat bermanfaat! ;)

7 comments:

  1. Bingung .. Bentuk mukaku yang mana yaa .. Round apa square yaa .. Atau apaa .. Hmm ^^
    #berpikirkeras

    New post sayy ^^
    http://www.misskarlina.com/2015/04/wardah-exclusive-lipstick-in-golden.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. Jangan berpikir keras2. Capek. :D

      Delete
  2. Hahaa jadi inget dulu pas pertama kali pake eyeshadow, belum bisa blending. Yang ada mata bukannya tambah cantik, tapi malah kayak abis ditonjokin satpam :D :D
    Mampir-mampir ke blognya yaa.. :))

    http://my-makeupdiary.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, iyaaaaa.. Aku dulu juga gitu.
      Eyeshadow kemana2, haduuuuh..

      Delete
  3. Suka skaliiiiiiiiiii sama postingan2nya kk *seriusssss
    gak ngebosenin,lucuuuu*sempat ketwa tadi,bermanfaat pula.
    Kerenlah pokonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buihihihihihik, thank you, Ifrillah :)

      Delete
  4. monic, wajahku tone nya gak jauh beda sama kamu, cocok nya kalo pake fondation pake warna apa ya?

    ReplyDelete

Dilarang menimbulkan huru-hara dan menanyakan hal-hal yang sudah dijelaskan di post melalui comment :)))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...