January 3, 2015

[Review] Natur si Penyelamat Rambut Rontok

Perempuan mana yang nggak mau rambut yang sehat? Nggak hanya perempuan, para lelaki pun pastinya ingin mempunyai rambut yang sehat. Dulu, aku paling sebal kalau rambutku mulai panjang karena pasti selalu rontok dengan suksesnya. Maksudnya, sukses membuat saluran air di kamar mandi mampet! :D

Sudah berbagai macam sampo aku coba. Dari merk A sampai Z, belum juga ada yang cocok dengan rambutku. Sampai suatu hari (ceileh!), aku baca-baca mengenai kandungan yang ada di sampo. Salah satunya adalah sodium lauryl sulfate (SLS), yaitu salah satu macam sulfate. Nah, ada beberapa studi yang mengatakan bahwa SLS ini adalah salah satu pemicu kerontokan rambut karena dapat merusak akar rambut. Padahal, tahu sendiri kalau hampir semua sampo yang beredar mengandung SLS. Tapi, syukurlah tidak semua sampo memiliki kandungan SLS, salah satunya adalah Natur. Ada sih, dari The Body Shop. Tapi, ya gitu deeeeeh.. Harganya nggak masuk kantong #uhuk

Tadinya, aku agak ragu-ragu untuk mencoba Natur karena kemasannya kurang meyakinkan sebagai sesosok sampo #halah. Mungkin karena kemasannya termasuk sangat sederhana dibandingkan dengan kemasan sampo merk lainnya. Tapi, demi rambut yang sehat, nggak ada salahnya dicoba karena harganya pun sangat bersahabat di kantong, sekitar Rp 24.000,00/140 ml.

Natur untuk Mengatasi Rambut Rontok


Natur memiliki beberapa varian dan yang kupilih adalah varian yang mengandung ekstrak ginseng dan berfungsi untuk mencegah kerontokan dan menguatkan akar rambut. Ukuran 140 ml merupakan ukuran yang paling besar. Sayang sekali karena aku termasuk orang yang boros dalam memakai sampo. Tapi, dengan ukuran 140 ml, ukuran tersebut sangat menguntungkan bagi yang suka bepergian.

Natur untuk mengatasi rambut rontok

Botolnya terbuat dari plastik dan terlihat murah. Ya, memang murah sih! :D
Bahan plastiknya termasuk plastik yang ringkih karena pernah sekali terjatuh dan tutupnya langsung patah, rrrrrrrrrrr..

Natur untuk mengatasi rambut rontok

Dilihat dari komposisi yang tercantum di kemasan, Natur tidak mengandung SLS #horaaaaay.
Ada yang bilang, apabila sampo tidak mengandung SLS, maka busa yang dihasilkan pun sedikit, bahkan seringkali tidak menghasilkan busa. Pengalamanku memakai Natur selama kurang lebih 1 tahun ini memang Natur tidak menghasilkan busa yang banyak seperti sampo lainnya. Tapi, bagiku nggak terlalu masalah karena busanya masih cukup untuk digunakan mencuci rambut.

Bagaimana hasilnya?

Awal-awal pemakaian, rambutku terasa sangat kaku, mengembang, berketombe, dan sulit diatur. Konon katanya, hal itu normal terjadi karena sebelumnya, rambut sudah terbiasa di-PHP-in #hmmmm. Seperti, rambut terlihat berkilau, padahal itu karena kandungan silikon yang ada di sampo, bukan karena rambut benar-benar sehat. Dan konon katanya pula, ketombe yang muncul di awal pemakaian merupakan hasil pembersihan dari silikon yang mengendap di kulit kepala. Aku kurang tahu benar tidaknya, tapi mengerikan juga ada kandungan yang bisa mengendap di kulit kepala.

Rasa kaku, mengembang, dan sulit diatur hilang setelah aku juga memakai kondisioner dari Natur. Sedangkan ketombe baru hilang setelah kurang lebih 1 bulan pemakaian.

Apakah benar dapat mengurangi kerontokan? Yap! Sejak memakai sampo Natur, rambut rontokku sangat sangat berkurang, bahkan aku sudah berani memanjangkan rambut kembali #merdeka!

Bagaimana untuk rambut yang diwarnai? Sejauh aku mewarnai rambut dan tetap menggunakan Natur, rambutku nggak mengalami hal yang aneh-aneh. Warna cat rambut tetap tahan lama. Ya, walaupun mungkin warna cat rambut akan lebih tahan lama ketika memakai sampo khusus rambut yang diwarnai.

Ini foto yang menggambarkan rambutku saat ini. Aku yang sebelah kiri, ya! :D

Aku yang sebelah kiri, ya! :D
Warna cat rambutku masih tetap eksis dan rambutku bisa sepanjang ini dengan tingkat kerontokan yang jauh sangat berkurang dibandingkan dulu.

Karena Natur memiliki banyak varian, maka belum tentu semua varian dapat cocok dengan rambut kita. Karena aku pernah memakai varian yang Moringa Oleifora, rambutku malah jadi tambah rontok. Jadi, kalau ingin mencoba Natur, harus sabar dalam menentukan varian mana yang cocok di rambut kamu. Jadi, ada peribahasa baru, yaitu "sabar pangkal rambut sehat"! :D

38 comments:

  1. iyah aku juga jadi gak rontok banyak gara2 pake natur.. baru sadar pas kemarin potong rambut hair stylistnya bilang rambutku kering tapi gak banyak rontoknya.. horeee :D
    ngomong2 coba beli naturnya di carrefour deh mon.. kemarin aku beli harganya cuma 18ribu ukuran 140ml..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pas aku krimbat juga rontoknya nggak banyak2 amat. Horay! \^^/

      Waduh, kemarin habis ngeborong >.<

      Delete
  2. Sekarang aku suka yang olive oil, mon... gak sekesat yang gingseng, :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, bagus ya yg olive oil?
      Tapi, kalau pakai olive oil, aku malah takut kulit kepalaku berminyak >.<

      Delete
  3. sepertinya gak berpengaruh buat ku mba :(


    Main ke blog daku yooOoo :D

    by BULEIPOTAN BLOG ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, cocok2an kok emang. Untungnya aku cocok sama yang murah :D

      Delete
  4. Aku pernah coba natur, lupa varian apa, itu ngga ngefek, rambut tetep rontok :(
    Kayaknya harus sabar memang ya :)

    www.misskarlina.com

    ReplyDelete
  5. Dear Mbak Monica Agustami ,

    salam juga buat semua teman" pengunjung blog ini...

    Sebelumnya terima kasih atas testimoni dan review produk natur…

    Pada tahun 2015 , inovasi terbaru ragam produk natur telah tersedia loh dan
    NEW produk "NATUR HAIR NUTRITION Damage & BREAKAGE" yang baru saja launching tepatnya ketika event " Back To Natur Roadshow 2015 di ASIA Plaza Kota Tasikmalaya, yang dimeriahkan oleh artis Indonesia Fathin Shidqia...udah pada datang mampir blom nih?

    Oiya udah ada yang coba " Natur Hair Nutrition Damage and Breakage " ?

    Sedikit review tentang produk Natur Hair Nutrition :

    Natur Hair Nutrition Damage and Breakage merupakan produk perawatan rambut alami bersifat leave on dengan kandungan five natural active oil sekaligus juga sebagai inovasi terbaru dari PT. Gondowangi Tradisional Kosmetika selaku produsen Natur.

    Berdasarkan pada survey independen yang dilakukan terhadap 431 responden usia 25-35 tahun, sekitar 20% dari permasalahan rambut yang dialami wanita adalah rambut yang kering dan sulit diatur. Kesalahan dalam pemilihan kosmetik rambut, efek buruk dari sinar UV, dan perlakuan dekoratif yang berlebih pada rambut bisa menyebabkan rambut rusak, kering, bercabang, rapuh, dan kusam.

    Natur Hair Nutrition Damage and Breakage mengandung Aloe vera, olive oil, kukui nut oil (kemiri), jojoba oil dan soja oil didalamnya akan bekerja secara sinergis pada rambut dengan fungsi utama untuk merawat dan menutrisi rambut secara alami, menjaga kelembaban alami rambut, merawat kemilau rambut, dan melembutkannya sehingga mudah diatur.

    Saat ini Natur Hair Nutrition Damage and Breakage dapat dibeli di toko- toko kosmetik di seluruh Pulau Jawa dan akan segera menyusul di kota- kota lainnya diseluruh Indonesia.

    INFO detail, silahkan mampir di website kami di :
    http://www.gondowangi.com

    Kunjungi NATUR on Youtube
    https://www.youtube.com/channel/UCmswLHTcFbwypfiNLpwCJbw

    info terbaru lainnya, Kunjungi jejaring sosial natur :
    https://www.facebook.com/BackToNatur
    https://twitter.com/backtonatur
    https://plus.google.com/u/0/b/106004048854936409430/+NaturCoId-Natur/posts

    Kami yakin bahwa dengan ada inovasi terbaru #NATUR dapat menjadi pilihan terbaik bagi sahabat" natur...

    Ditunggu reviewnya yah...

    terima kasih.

    Tim NATUR INDONESIA

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry for asking this, it is true that natur begins to add Sodium laureth sulfate as the ingredients? ;(

      Delete
  6. Halo mbakk! Salam kenal.

    Betul dan tepat sekali, sekitar sebulan yll saya beli Natur yang tonik. Saya juga awalnya ragu, udah harganya termasuk yang paling murah dibanding pesaing, kemasannya juga murahan. Tapi karena kesan "alaminya" kuat banget, akhirnya jadi beli. So far so good, tapi tidak bisa bicara banyak karena baru pakai sebulan.

    Thanks banget reviewnya, setidaknya saya lebih yakin,hehe.

    ReplyDelete
  7. Berapa kali sih menggunakannya..apa tiap kita mandi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, ketika kamu pengen keramas aja sih.. :)

      Delete
  8. Mba..rambut saya kering, ngembang kaya singa, terus rontok..sy tertarik dgn natur olive oil dan kondisioner nya yang moustur&nourish..kira2 gmn mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba aja, dear.. Siapa tau cocok. Soalnya olive oil cocok untuk rambut kering :)

      Delete
  9. Halo, saya mau jadih sedikit tambahan aja :
    1. Kemasan lama Natur (yang ada di foto) memang tidak menyebutkan ingredients secara keseluruhan (hanya kandungan bahan aktif) karena produk masih termasuk kategori obat tradisional (No. POM : POM TR.).
    2. Setahu saya, saat ini Natur sudah "pindah' ke dalam kategori Kosmetika (No. POM : NAxxx), sehingga semua komposisi/kandungan harus dicantumkan di kemasan. Coba dicek lagi ya Mba, apakah ada SLS dan Silicone nya atau tidak.
    Thx

    ReplyDelete
  10. aku cek di composisinya ada SLS-nya. tapi, mungkin ngga sebanyak sampo yang lain (?)

    ReplyDelete
  11. Iya sih aku juga udah cek komposisinya, tapi aku sempat tanya - tanya ke spg natur...untuk SLS nya turunan dari kelapa sawit dan bukan deterjen minyak bumi yang selama banyak dipake shampoo biasa.
    Kalau untuk silikon masih dalam konsentrasi rendah karena untuk sebagai pelembut rambutnya berasal dari Olive Oil (Minyak Zaitun)bukan siliconnya..

    ReplyDelete
  12. Rambut ku rontok banget ni baru ku coba pakek natur semoga rambut ku sembuh dr kerontokan ...
    Harus berapa lm ya au memakai natur ?
    Dan apa rambut ku akan kembali seperti dl ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung rambut masing2, dear..
      Reaksi di setiap orang kan berbeda :)

      Delete
    2. yup, saya setuju dengan monica, sebaiknya di bawa ke dokter dulu, soalnya takut ada alergi, sehingga kulit rambut bukannya malah baik, tapi malah tidak baik, : )

      Asmaul Husna dan artinya

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Minta sarannya donk... rambut ak sblm smoothing udh rontok tapi kategori ringan, stelah d smoothing rambutku rontok makin banyak.. skrg rambut aku udh kering (katnya emg dari kulit kepala aku yang kering kurang lembab), rontok pula...
    Mau coba natur ginseng apa ccok buat aku?? Biar rontok ak berkurang sama sehat kaya dlu lg.. tapi untuk hair tonicnya bisakah pakai merk dari mustika ratu??please sarannya biar gk galau terus 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang sudah terkena bahan kimia sebenarnya nggak cukup cuma dengan shampoo atau conditioner, dear.. Contohnya, harus ada perawatan rutin setiap minggunya seperti hair mask.

      Nah, cocok nggaknya Natur Ginseng, aku kurang tahu, tapi patut dicoba karena ginseng memang fungsinya memperkuat akar rambut.
      Untuk hair tonic, aku malah belum pernah coba dari Mustika Ratu :D

      Delete
  15. Batas usianya dari umur berapa sampe umur berapa kak soalnya aku rontokk bangett sampe" Katong plastik penuh:D....Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setauku nggak ada batasan umur sih kalau pemakaian sampo :)

      Delete
  16. Kalo cwok gmna bs ga pake nature ya rmbt ku rontok prah mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak masalah sih kalau cowok mau pakai :D

      Delete
  17. Hi kak.. Aku baru coba natur yg gingseng ini karena sebelumnya rambut ku rontok para . Apa memang seharusnya pakai shampo ini harus ditambah pakai conditioner nya juga???

    Terimakasih sebelumnyaa.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sebaiknya pakai conditioner juga.
      Tapi, varian condi-nya bisa disesuaikan dengan jenis rambut kamu.

      Delete
  18. wah saya harus nyoba nih biar bisa punya rambut bagus kayak Mbak Monica, hehehe


    Cara membuat empek empek

    ReplyDelete
  19. pada saat awal pakai ngerasain gatal gak dikulit kepala? kok aku gatal banget ya makanya berhenti pakai.. kalo memang sama merasakan gatal pada saat awal saja saya mau terusin lagi, minta infonya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga gatel. Gimana ya kak apa tetep lanjut pake atau berhenti aja?

      Delete
    2. Saya juga pemakaian -+ sebulan gatal bgt mbk,tpi rambut udh g serontok.sblm pake rangkaian natur ,kalo aq pake lengkap dri shampoo ,condi ,tonic,hair mask juga

      Delete
    3. Aku nggak ngerasa gatal sih..
      Udah coba varian lain?
      Bisa jadi emang nggak cocok :)

      Delete
  20. Saya cowok, bertahun2 senang dengan rambut gondrong, sekarang baru potong pendek model bule2 gitu, biar praktis. Ternyata rambut saya terlihat tipis apalagi di sekitar pusaran, waktu ada lampu terlihat seperti agak botak gitu. hahaha

    Waktu di salon sampai shock, kata hair stylist-nya pakai tonic aja, cuma memang prosesnya lama dan harus rutin. Ada 2 option, tonic import harga hampir 1jt per botol dan Natur yang ngga sampai 50rb. Tentu saya ambil yang murah, hahaha.

    Nah saya beli juga shamponya, kalau awal2 ketombean kan katanya wajar ya? ketombean itu berapa lama sampai hilang? ngga lucu juga sih ketombean sampe berbulan2, malu... hahaha

    10th lalu pernah pakai natur juga dan males karena baunya ngga enak, ternyata sekarang baunya jadi lebih enak... hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata setelah coba tidak ada ketombe, dan karena rambut jadi kering mengembang, bagian atas kepala jadi terlihat seperti lebih lebat gitu karena kulit kepala tidak terlihat. nah cuma di pusaran belakang kepala masih terlihat tipis hahaha.

      Tapi saya suka kering begini, soalnya tidak usah pakai gel rambut sudah naik bervolume gitu. hahaha

      Btw cara pakai toniknya bagaimana ya? apa dituang banyak di atas kepala dan dipijat merata ke kepala? atau dituang ke tangan dan diusap ke kepala?

      Delete
    2. Ketombeannya lama atau nggak itu tergantung kondisi kulit kepala juga sih, temenku ada yang 2-3 bulanan. Kalau lebih dari itu masih ketombean mungkin perlu stop aja :)

      Pakai tonicnya aku biasa tak tuangin ke kapas terus aku usapin ke kulit kepala.
      Begitu.

      Delete

Dilarang menimbulkan huru-hara dan menanyakan hal-hal yang sudah dijelaskan di post melalui comment :)))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...