December 10, 2013

[Ngobrol Cantik] Dosa Saat Kulit Wajah Berjerawat

Siapa yang seumur hidup belum pernah jerawatan sekalipun? Ngacuuuuuung!!

Aduh, pengen deh kayak gitu. Tapi, entah kenapa, para jerawat pada ngefans dengan wajahku. Kulit wajahku adalah tipe yang berminyak, mudah berjerawat, dan sensitif. Ha! Lengkap kan? Hahahaha.

Dua bulan yang lalu, aku sempat merasakan kulit wajah yang mulus. Eeeeeeh, tapi kok setelah itu malah breakout karena iseng mencoba untuk ganti krim malam. Breakoutnya parah dan sekarang aku pusing dengan bekas jerawat yang bertebaran. Eh, lah, kok malah curhat. Yang mau aku bahas, bukan masalah aku breakout kok.

Saat kulit berjerawat, tentu saja kulit wajah kita sedang tidak dalam kondisi normal. Itu berarti, kulit wajah perlu mendapat perhatian lebih dan ada beberapa pantangan agar jerawat tidak semakin membabi (haram?) buta. Tapi, ya dasarnya manusia, ada saja khilafnya sehingga melanggar pantangan dan nggak jarang malah membuat kondisi kulit wajah jadi semakin parah atau lama sembuh dari jerawat.

Kali ini, aku mau bercerita tentang beberapa dosa yang kadang atau bahkan sering aku lakukan saat sedang berjerawat.

1. Mengganti produk perawatan wajah.

(via www.vemale.com)
Seringkali aku merasa nggak sabar melihat jerawat-jerawat pada kering dan kulit wajahku menjadi mulus kembali. Karena itu, saat beberapa minggu jerawat tidak kunjung sembuh, rasanya pengen banget ganti produk yang lebih nampol dalam menghilangkan jerawat. Padahal, saat kulit sedang berjerawat, dalam arti kulit wajah sedang tidak dalam keadaan normal itu berarti kulit wajah belum siap untuk "dimacem-macemin". PR banget buat aku agar lebih sabar saat kulit sedang berjerawat. Bukankah produk yang memberikan hasil instan itu kadang malah mengerikan? :D

2. Memegang dan memencet jerawat menggunakan kuku

(via www.fhm.co.id)
Kita nggak pernah tahu ada berapa banyak kotoran dan bakteri yang nyempil di kuku kita. Jadi, sebenarnya, memencet jerawat itu big no no! Tapi, dasar aku suka "gatel" melihat jerawat, begitu jerawat sudah mulai kering, aku seringkali memencetnya. Belum lagi kalau melihat komedo putih yang menyempil di pori-pori kulit, bawaannya pengen mencet teruuuus..

3. Peeling

(via www.wikihow.com)
Fungsi peeling adalah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Kebanyakan produk peeling memiliki tekstur yang kasar. Saat kulit wajah sedang berjerawat, tentunya kulit wajah menjadi lebih sensitif. Pada kondisi tersebut, saat kulit wajah bersentuhan dengan peeling yang bertekstur kasar, bisa mengakibatkan kulit wajah yang berjerawat menjadi iritasi.

Ada keadaan dimana jerawatku sudah mengering, tapi masih ada beberapa jerawat yang belum mengering. Jerawat yang kering tersebut seringkali membuat tekstur kulit wajah menjadi kasar. Nah, itu yang membuatku sering tidak sabar untuk melakukan peeling. Ha!

4. Terlalu berlebihan dalam membersihkan wajah

(via jelajah-tata-surya.blogspot.com)
Ketika wajah sudah mulai berminyak dan kucel, kadang aku pengen segera membersihkannya sehingga aku membersihkan wajah bisa lebih dari 3 kali dalam sehari. Takutnya, wajah yang kotor bisa memicu timbulnya jerawat baru.

Sebenarnya, membersihkan wajah itu secukupnya saja. Saat membersihkan wajah, tentu saja ujung jari akan bersentuhan dan bergesekan dengan kulit wajah. Apabila intensitasnya berlebihan, gesekan tersebut malah bisa membuat jerawat menjadi iritasi. Tapi, dasarnya aku suka risih kalau kulit wajah kotor, jadi malah kadang membersihkan wajah terlalu berlebihan.

Dalam menghilangkan jerawat, kuncinya adalah sabar. Lebih baik jangan lakukan dosa-dosa seperti yang aku lakukan deh! :D

Kalau kamu, apa nih dosa kamu di saat kulit wajah sedang berjerawat?

4 comments:

  1. Yaaap peeling atau scrubbing itu salah satu yang paling gak bisa aku tahan pas jerawatan.. rasanya muka udah kucel dan gatel pengen digosok, tapi nanti malah iritasi >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuuuuuuuuuuul.. udah berasa kusm aja ni muka >.<

      Delete
  2. sabar ya ses..dirawat baik-baik mukanya..
    dosaku kalo lagi jerawatan adalah...memencet jerawat yang udah mateng.. >.< bener banget,seringkali tangan jd gatel pengen mencetin jerawat, tapi ngga bisa mengerem keinginan itu..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih seeees.. kemaren hbs facial sih jrawat n komedo ilang,tp bekasnya itu loh, aaaaaak >.<

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...