June 29, 2012

[Tips] Take Picture for Blogging

Heloooooooo.. mumpung #selo (emang tugasmu dah kelar, Mon? #dyar), aku mau memberi beberapa tips tentang gimana sih cara ambil gambar atau foto untuk keperluan ngeblog walaupun tanpa menggunakan kamera yang mahal.

Untuk beauty blogger, tentunya foto adalah faktor yang sangat penting dalam melakukan review maupun FOTD dan OTD OTD yang lain. Eh, tapi kan nggak semua beauty blogger punya kamera bagus dan mahal kan ya? Eitz, jangan syediiiiiiiih.. Saya, Monica Agustami Kristy di sini akan memberikan tips mengambil gambar atau foto tanpa harus memakai kamera digital yang mahal! (wis mulai koyo sales MLM :D)
Dengan memakai kamera digital biasa maupun kamera handphone, kita masih bisa menghasilkan post yang berkualitas dan tidak mengurangi kualitas dari informasi yang akan kita sampaikan.

Kalau mau review produk, apa saja sih yang harus kita foto?
Ya, semua informasi yang ingin disampaikan pada pembaca blog kita. Foto saja kemasan, tulisan ingridients, tutupnya, teksturnya, warnanya, semualah. Foto dulu saja sebanyak-banyaknya, nanti kalau ngga diperlukan tinggal kita hapus. Lebih baik kelebihan daripada kekurangan kan? :D
Contohnya saja kalau kita mau review foundation, yang mungkin perlu difoto adalah:
  1. Kemasan
  2. Mulut kemasan/botol
  3. Ingridients
  4. Shade/texture/swatch
  5. Kalau bisa, ditambahkan foto bagaimana foundation tersebut kalau diaplikasikan pada wajah
Kapan waktu yang tepat untuk mengambil gambar atau foto?
Menurutku, waktu yang paling tepat adalah pada jam 8 pagi - 12 siang karena pada jam itu, sinar mataharinya "pas" untuk mengambil gambar atau foto. Di atas jam itu, biasanya sinar matahari sudah berlebih. Tapi ini bukan standar mutlak loh. Kan kamera digital masih bisa disetting-setting agar bisa sesuai keinginan kita. Untuk amannya, lebih baik setting kamera ke mode "Auto".

Lah, kalau bisa foto-foto cuma malam gimana?
Ooooh, jangan khawatir! Kan ada teknologi yang namanya Flash :D
Flash tidak saja berfungsi untuk pencahayaan, tapi juga berfungsi untuk mengurangi terjadinya blur pada foto.
Tapi penggunaan flash kadang juga menyusahkan karena kalau nggak pakai flash, fotonya ngeblur, kalau pakai, kadang fotonya jadi kelewat terang apalagi kalau fotonya dari jarak yang dekat (untuk pengambilan foto dari jarak dekat, lebih baik gunakan fitur "Macro" yang biasanya disimbolkan dengan gambar bunga pada kamera).
Untuk pengambilan gambar atau foto dari jarak yang sangat dekat, kita bisa menggunakan flash, namun flash tersebut kita tutupi dengan menggunakan tisu sehingga cahaya flash yang dihasilkan tidak terlalu over, tapi juga tidak terlalu gelap. Kita sebut saja teknik ini dengan "teknik tutup tisu" :D


Yang atas adalah hasil foto tanpa menggunakan "teknik tutup tisu", yang bawah adalah hasil foto yang menggunakan "teknik tutup tisu". Dapat dilihat bahwa foto yang menggunakan "teknik tutup tisu" hasilnya lebih terlihat real. Teknik ini sangat berguna untuk mengambil gambar atau foto dari dekat.


(lalalalala, fotoku tanpa memakai makeup apapun :D)
Dapat dilihat kan kalau untuk foto dari jarak jauh, tidak terlihat perbedaan antara foto mana yang tidak menggunakan "teknik tutup tisu" dengan foto yang menggunakan "teknik tutup tisu".

Kalau foto untuk FOTD, hasilnya suka miring-miring, Mon! Capek ngulangnya..
Selain flash, di dunia ini ada teknologi namanya cermin loh! :D
Jadi, satu tangan pegang kamera, yang satu lagi pegang cermin. Rempong yak! Maka, ada baiknya kalau ingin foto-foto untuk FOTD, ada baiknya sambil duduk saja. Kalau aku suka duduk di tangga teras, terus siku tangan kiri yang pegang cermin aku letakkan di lutut, jadi nggak akan terasa capek.

Cara mudah ambil foto untuk FOTD
Dengan memakai kaca atau cermin kecil (sebenarnya kaca dan cermin itu berbeda, tapi aku malas ngedit gambar, jadi mohon dimaafkan :D), kita dapat melihat posisi wajah kita melalui pantulan dari layar kamera. Jadi, kemungkinan hasil fotonya miring atau nggak pas itu bisa diminimalkan dan tidak perlu diulang berkali-kali.

Lah, nek nggak punya kamera digital gimana?
Kan bisa pakai kamera handphone :D

Tapi kamera handphoneku jelek, Mon..
Memang kamera handphone tidak bisa menghasilkan gambar atau foto setaraf dengan kualitas kamera digital, tapi masih ada cara kok bagaimana dengan foto yang tidak terlalu bagus, tetap menghasilkan blog yang informatif. Caranya adalah dengan membandingkan foto yang kita ambil dengan foto yang kita dapat di Google. Dengan begitu, paling tidak pembaca masih bisa membayangkan bentuk asli dari produk tersebut.

Foto pojok kanan atas diambil dari web Caring Colours

Memang sih cara ini hanya bisa dilakukan kalau foto yang dimaksud dapat dicari di mbah Google dan mungkin hanya bisa untuk foto kemasan.
Tapi masih ada alternatif terakhir loh! Yaitu dengan MEMINJAM KAMERA TEMAN!!! #bunyiterompet :D
Jangan malu kalau mau pinjam kamera pada teman, bilang saja secara jujur kepentingan kita. Dan kalau pinjam jangan lama-lama.
Aku suka banget sama fotografi, tapi sayangnya nggak punya kamera DSLR dan nggak mampu beli. Jadi, setiap kali ingin belajar fotografi, aku pasti pinjam kamera DSLR temanku. Setelah selesai, aku langsung store file ke laptop dan buru-buru mengembalikannya. :D
(sekarang kelihatan  banget kan kalau aku orang yang nggak modal :D)

Terlepas dari semua tips yang sudah aku berikan, karena itu blog milik teman-teman, jadi hak kalian mau diapakan blog kalian, tapi tetap harus di jalan yang lurus ya, teman! :D

Nggak ada standar kok blog mana yang berkualitas dan mana yang tidak karena pandangan dan tujuan orang membuat blog itu berbeda-beda.
Tapi, sebagai anak TI aku berpendapat, walaupun blog memang milik pribadi, tapi ketika sudah dipublish ke masyarakat luar, blog sama saja sudah jadi milik bersama. Jadi, ada baiknya blog dibuat seinformatif mungkin kalau memang tujuannya memberi informasi, tapi kalau ada tujuan lain, ya sesuaikan saja :D
Contohnya saja, aku tujuannya memberikan informasi dan juga menghibur, jadi aku buat konsep blog yang seinformatif mungkin dengan foto-foto yang aku anggap cukup baik untuk dipublih kepada masyarakat luar :D

Blog itu milik pribadi, tapi tetap saja pada akhirnya akan dipublish ke masyarakat luar. Jadi, tetapkan saja standar pribadi yang kalian anggap baik sehingga Anda senang dan anggap saja yang membaca pun ikut senang :D

Nah, mungkin ini saja tips yang bisa aku berikan dan sedikit pendapat dariku. Nah, semoga tips ini berguna ya! Jadi, jangan sedih atau malah rendah diri karena nggak punya kamera bagus dan mahal. Masih banyak jalan menuju Roma kan?! :D

26 comments:

  1. passs ni...aku ga punya kamera digital :P wkwkwkk...biasane pake kamera bb aja.
    tingkyu ya buat tipsnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 ^^
      sebenere msh mau tak tambahin lg tipsnya..
      tp bsok aja deh :D

      Delete
    2. Tambahi, mbak ses. Tambahi..
      *kecanduan*

      Delete
  2. nice tips :)

    purplelyhazelly.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Tips yang berguna sekali kakaaak...
    Aku selama ini malah cuma pake hape 5MP + Photoscape... Hihi

    beautyunder100ribu.blogspot.com.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi kakaaaaaak..

      5MP udh cukup tu..
      itu hapeku cm 2MP :D

      Delete
  4. wahh nice tips nih,meminim blitz pake tisu hahayy,mantab :)

    leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. setuju banget, aku punya kamera digital tapi bukan khusus punya aku, jadi dipake nya sekeluarga. repot bgt pas lg mau ngepost eh.. kamera nya lagi di bawa jalan jalan. nice tips (Y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kameraku jg kamera bersama kok, cuma ortuku jarang pergi2 :D

      Delete
  6. Mon, bisa ajarin ngatur fokus gak? Aku biasanya kalo posting kan pake bb fotonya, tapi pgn nyoba pake handycamku, tapi aku nggak bisa ngatur fokusnya. Jadi kalo ada 2 benda yang dipotret bersamaan (posisinya yang satu di belakang, yang lainnya agak di depan), itu yang keliatan malah yang belakang, padahal yang mau di tonjolin itu yang depan. piye ya Mon natasin problem kek gitu? thankyouuuu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di handycam ada mode kameranya kan?
      ada setting menu "macro"? (yang simbol bunga)
      klo nggak, di handycam kan biasanya ada pengatur fokus gambar, mungkin utk kameranya jg bs pake itu.. :D

      Delete
    2. bentar Mon tak cek nya dulu :3
      nek aku nggak bisa/gak mudeng nyettingnya, besok pas kumpul2 settingke yak? :P

      Delete
    3. ra ono Mon :( apa aku yang gak mudeng =,="

      Delete
    4. hahahaha, y besok nek ketemu, tak liat handycam mu :D

      Delete
  7. Aku juga suka tuh pake teknik tutup tisu! Hahahaha.. ternyata aku tidak sendiri.. :p




    makeuprelated.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. nice post! sip banget teknik tutup tissue nyaa. tp koreksi dikit klo mode fokus buat foto jarak dekat itu "macro" bukan "micro"

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, aku nulisnya micro ya? hahaha
      thank you atas koreksiny ^^

      Delete
  9. wah, teknik tutup tisu? boleh nih dicoba. XD

    ReplyDelete
  10. wah tipsnya berguna banget buat aku yg masih baru di dunia per-blog-an :D makasih ya tipsnya patut dicoba

    dien-chan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you, sama2 ^^
      senang kalau bisa membantu :D

      Delete
  11. makasih tipsnya, blog q jg masi pake kamera hp xD biasax aq praktekin teknik cerminmu, hihi
    http://hatta-shani.blogspot.com/

    ReplyDelete
  12. wihh, thanks banget infonya, bagus buat pemula.. apalagi yang teknik tutup tisu, sangat membantu :3

    ReplyDelete
  13. Tipsnya yang tutup tisu jenius banget Mbak Mon XD
    Makasih Mba udah share ^^

    Fairuz Inas
    http://fairinas.blogspot.com

    ReplyDelete

Dilarang menimbulkan huru-hara dan menanyakan hal-hal yang sudah dijelaskan di post melalui comment :)))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...