March 10, 2012

[Tips] Merawat Rambut Kombinasi

Rambut adalah anugerah dari Tuhan yang harus kita jaga dan syukuri.
Ada 3 macam jenis rambut, yaitu:
a. Rambut kering
b. Rambut berminyak
c. Rambut kombinasi
Kali ini, aku akan membahas tentang cara merawat rambut kombinasi. Kenapa rambut kombinasi? Karena tipe rambutku adalah kombinasi, jadi aku ingin berbagi tips yang pernah aku lakukan ^^
Rambut kombinasi adalah rambut yang bagian pangkal rambutnya berminyak, namun bagian ujungnya kering dan cenderung mudah bercabang.

Berikut ini adalah beberapa cara yang sudah aku lakukan:

1. Gunakan shampoo khusus rambut berminyak atau rambut normal
Karena di Indonesia masih susah untuk mencari shampoo khusus untuk rambut berminyak, akhirnya aku lebih memilih memakai shampoo untuk rambut normal. Shampoo untuk rambut normal memiliki kandungan pelembab yang cukup sehingga tidak membuat rambut tambah berminyak ataupun menjadi kering.
Shampoo yang aku gunakan saat ini adalah  Dove Daily Shine (warna hijau).

2. Jangan keramas terlalu sering
Keramas terlalu sering malah akan memicu aktifnya sebum di kulit kepala karena pada saat keramas otomatis kita akan melakukan pemijatan kepala. Keramas yang ideal adalah 2 hari sekali. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa keramas yang baik adalah di saat rambut kita kotor.

From: http://www.healthyhairbeauty.com/?p=280

3. Gunakan conditioner pada ujung rambut
Karena rambut kombinasi memiliki ujung rambut yang cenderung kering dan mudah pecah-pecah, gunakan conditioner dari tengah sampai ujung rambut. Jangan memakai conditioner sampai ke pangkal rambut karena ini akan menyebabkan rambut tambah berminyak.
Conditioner yang aku gunakan adalah Dove Daily Shine.

From: http://ciricara.com/?p=3745

4. Creambath sebulan sekali
Pangkal rambut yang berminyak akan menyebabkan kulit kepala mudah berketombe. Karena itu, setiap sebulan sekali, aku creambath khusus untuk rambut berketombe atau creambath jeruk yang dapat mengurangi sebum di kulit kepala.

From: http://sumosave.com/

5. Gunakan vitamin pada ujung rambut
Karena ujung rambut kering sehingga menyebabkan rambut mudah mengembang, aku memakai vitamin rambut pada ujung rambut. Pakai sedikit saja, jika kebanyakan bisa membuat rambut lepek.
Vitamin rambut yang aku pakai adalah Elips Shiny Black. Aku pakai setengah butir sekali pakai.

From: http://www.denthan.com/


6. Gunakan bedak tabur
Bad hair day karena belum keramas dan rambut terlihat lepek? Jangan khawatir. Tuangkan bedak tabur pada bagian rambut yang berminyak sambil diacak-acak sampai rambut tidak terlihat lepek lagi. Hal ini dikarenakan bedak memiliki sifat dapat menyerap minyak. Kemudian sisir rambut dengan lembut agar kelebihan bedak dapat hilang. Dalam hal ini, aku memakai bedak tabur bayi Cussons. Tenang saja, warna putih pada rambut tidak akan terlihat asal memakainya tidak kebanyakan ^^

Bedak yang Aku Gunakan

Sekian, sedikit tips dariku. Jika ada yang mau menambahkan atau membetulkan, feel free for comment. Nanti akan aku update post.nya ^^.
Thank you for reading ^^

4 comments:

  1. Jangan-jangan rambut ku masuk kategori kombinasi nih, agak rancu sih rambutku nih antara berminyak sama kombinasi hehehe

    Thanks for sharing the tips!


    YURI
    http://twothousandthings.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. rambutku jg rancu >.<
      kadang lepek, kadang ngembang, hahahaha

      Delete
  2. itu ya yang bedak bener2 membantu ahhaha.. dulu jaman2 masih skul kalo lepek langsung taburin bedak baby....

    ReplyDelete
  3. Rambut aku diwarnai, Mon. Jadi gag bisa pake sampo biasa, harus sampo khusus diwarnai. Tapi iya sih, rasanya gampang berminyak tapi ujungnya superb kering kerontang --"

    BTW, eyeshadow inez mana nih? :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...