March 14, 2012

[Tips] Etika di Dunia Blog

Di semester 6 ini, aku mengambil mata kuliah Topik Khusus Teknologi Informasi. Mata kuliah ini banyak menjelaskan tentang TI di dunia sosial. Walaupun aku anak TI, aku nggak mengerti yang namanya pemrograman, hahaha. Aku lebih suka melihat bidang ini dari sisi sosialnya :D
Pertemuan kemarin membahas sedikit tentang dunia maya khususnya social media. Karena aku sangat suka dunia perbloggingan, aku akan memberi sedikit saran agar kita dan orang lain sama-sama nyaman di dunia blog. Hitung-hitung berbagi ilmu yang aku dapatkan dari mata kuliah ini.  ^^


1. Sebaiknya buatlah blog yang memiliki purpose.
Dunia blog adalah dunia yang termasuk cukup besar di dunia maya. Jadi, ada baiknya jika kita membuat sebuah blog yang bisa mengimplementasikan tujuan kita dan tujuan itu tentunya adalah tujuan baik :D
Contoh: blog tentang review make-up, blog tentang fashion, blog tentang kuliner, atau bisa saja dimanfaatkan untuk promosi pilkada (hahahahahaha #ketawasendiri)
Menurutku, sayang sekali jika media sebesar ini tidak dimanfaatkan dengan baik bukan? ^^

2. Jaga privasi.
Walaupun tujuan kita untuk sharing, tapi privasi harus tetap dijaga dong. Saat jadi blog walking, aku pernah mendapati seorang blogger yang mencantumkan nomor handphone di profilenya. Tentu saja hal itu sangat berbahaya. Bukan maksud hati mau menuduh atau berprasangka buruk, tapi tidak semua orang yang membaca blog kita adalah orang baik. Bisa saja nomor tersebut digunakan untuk hal-hal yang buruk. Selain nomor telepon atau handphone, jangan pula cantumkan alamat lengkap kita. Kalau hanya sekedar kota asal sih aku rasa nggak masalah.

3. Jaga perkataan.
Menjaga perkataan adalah hal yang sangat penting. Karena apa? Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap perspektif orang lain kepada kita. Jangan semata-mata karena kita sedang kecewa ataupun marah, kita menghina orang lain atau mengucapkan kata-kata yang tidak pantas di blog kita. Hal ini bisa saja berakibat fatal seperti kasus salah satu artis sekaligus anggota DPR di Indonesia.
Asal tahu saja, ada beberapa perusahaan yang meluangkan waktu untuk mengecek akun FB, Twitter, ataupun blog dari calon pegawainya. Bisa terbayang kan jika HRD perusahaan tersebut membaca postingan kita yang tidak pantas?

4. Say NO for plagiarism!
Para blogger sering menampilkan gambar-gambar yang diambilnya dari Google, namun kebanyakan para blogger lupa untuk mencantumkan sumber dari gambar tersebut (alamat web). Apabila kalian memakai desain seseorang dalam banner, gambar sidebar, background, dll cantumkan nama pembuatnya dengan cara mencantumkan "thanks to". Kasian pembuat aslinya kan? Sudah susah-susah bikin, tapi ada saja orang yang tidak minta izin untuk memajang atau memakai karyanya untuk keperluan tertentu.
Untuk kepentingan review bagi beauty blogger, mungkin lebih baik (atau harus) memakai foto produk yang difoto secara pribadi. Tujuannya apa? Ya, agar blog kita lebih dipercaya oleh para pembaca. Kalau kita review produk pakai foto dari Google, pasti pembaca akan berpikir dan bertanya "apa benar ni anak udah pernah nyoba?". Nah, nggak mau kan kalau kita sampai nggak dipercaya orang lain? ^^
Kalau untuk kepentingan artikel tips, mungkin bisa pakai foto dari Google. Tapi, aku ingatkan kembali, tolong cantumkan sumbernya.

5. Jangan memaksa
Pernah nggak post kalian dicomment dengan embel-embel "folback aku ya!". Ok, dulu akupun pernah melakukannya, hahahaha. Tapi, untung sekarang sudah insaf :DD.
Kalau ingin difollow, daripada menulis embel-embel seperti itu, lebih baik mencantumkan link blog saja. Tapi, tidak mencantumkannya pun nggak masalah karena setiap kali menulis comment pada blog orang lain, orang tersebut dapat langsung menuju blog kita dengan menggunakan link yang ada pada username kita.
Intinya, kalau orang memang suka dengan blog kita, pasti tanpa diminta pun akan mem-follow kita ^^

Itulah beberapa saran dariku ketika sedang berkutat di dunia perbloggingan. Semoga bermanfaat. ^^

14 comments:

  1. Makasih buat artikelnya :D
    Jadi tambah semangat nge-blog! :)

    ReplyDelete
  2. Thanx For sharing ya monica..... sangat bermanfaat nih.. :)

    ReplyDelete
  3. bener banget nih, setuju! bahkan ada salah satu kenalanku yang memaki dan menyindir orang lewat blognya.. menurut aku itu sangat "tidak pantas". Smoga kita ga kaya gitu dan terus memberikan sesuatu yg positif..
    thanks infonya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup2, banyak yg gitu.
      krn kadang, dunia maya adl pelampiasan dunia nyata.
      krn itu kita hrs jd smart blogger ^^

      Delete
  4. Wah...jadi kepikiran bikin blog buat promosi pilkada nih >'<

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah,klo kmu mah PILKADAL mbak..
      haha..
      klo g,pilkada dg visi: membuat SA di toko kosmetik mjd ramah :-p

      Delete
  5. Thanks for sharing...
    Salam kenal ya..
    Follow me back if you don't mind :)

    ReplyDelete
  6. tambahin lagi say tentang kredit dan plagitisme .. aku soalnya baru ngerasain --" di copy walaupun cuma desain warna chat box .. cuma kesel bgt bgt !

    ReplyDelete
  7. udah aku tambahin tu vick! ^^
    semoga orang yg kamu maksud, baca post.ku ini ya..
    tp bisa saja orang yg kmu maksud itu g sengaja sama ky chat box.mu..
    Kan desain chat box itu terbatas sedangkan yg memakai ada ribuan orang. Jadi, kemungkinan utk sama itu sangat besar.
    Positive thingking aja ^^
    Tapi klo ada yg sama dg bannermu itu baru keterlaluan ^^
    Itu menurutku looooooh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete

Dilarang menimbulkan huru-hara dan menanyakan hal-hal yang sudah dijelaskan di post melalui comment :)))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...